Sukses

Viral Lomba Panjat Pinang Berhadiah Janda di Cianjur, Warganet Sebut Tidak Etis

Lomba panjat pinang di Cianjur membuat geger publik karena bukan memberikan hadiah barang, tapi janda muda.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan HUT RI 17 Agustus biasa dirayakan dengan berbagai lomba yang diikuti warga. Panjat pinang merupakan salah satu lomba yang kerap mengundang antusias warga, karena peserta perlombaan harus atur strategi untuk mengambil hadiah yang digantung.

Namun lomba panjat pinang di Cianjur membuat geger publik karena bukan memberikan hadiah barang, tapi janda muda. Hal itu terungkap dalam video yang diunggah akun @unikinfold di Instagram.

Tampak warga di Kampung Lembur Tengah, Kelurahan Solokpandan, Cianjur, Jawa Barat tersebut sedang bersorak menggelar lomba panjat pinang. Beberapa peserta dengan kaos seragam biru memanjat yang posisinya miring, tidak tegak.

Yang mengbohkan, di ujungnya wanita dengan jilbab dan pakaian merah duduk di atas tiang sambil memegangi payung. Terdengar panitia yang coba mengarahkan peserta lomba dengan pengeras suara.

"Walah-walah coba tag teman kamu yang harusnya ikutan gaes," tulis akun tersebut pada 18 Agustus 2024, tanpa menyertakan sumber video aslinya.

Tampak pula peserta lomba yang kewalahan karena ternyata tak semudah yang dikira. Meski kemiringannya rendah, tapi pohon pinang yang mereka naiki licin dan berada di tengah kali. Jika mereka terjatuh, tentu langsung kalah dan tercebur ke dalam kali yang kotor. 

Tak diketahui bagaimana hasil akhir dari lomba 17 Agustus viral terseut. Bahkan pengunggah tayangan tidak menyertakan video sumber aslinya, tapi video ini telah viral di berbagai platform. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Sebut Tidak Etis

Unggahan viral yang ditonton oleh lebih dari 330 ribu kali itu pun menuai beragam reaksi warganet. Di antara warganet ada yang menyebut lomba tersebut tidak etis karena memberikan hadiah seorang wanita.

"Nggak etis," tulis seorang warganet.

"Nggak etis, saya nggak mau kalo jadi janda buat hariah. Kalo yang naik banyak uangnya, kalo nggak nambah masalah," balas warganet.

"Ibu-ibu tolong dicek sapa tau itu suaminya ngantre mau panjat pinang, mau minang janda muda soalnya," kata yang lain.

"Terpantau tidak ada bapak-bapak yang berani manjat," sambung warganet. 

"Trus kalo menang dpt jandanya apa harus bagi sama tim nya," kata warganet.

"Bapak2 banyak yang sengaja kalah itu😂," sambung warganet.

"Trus kalo menang dpt jandanya apa harus bagi sama tim nya 😅," yang lain menanggapi.

"Aduh telat daftar,, masih ada gak sih lombanya 😂😂😂," warganet menimpali.

"Mari ibu", di pantau laki nya 🤣," sambung warganet lagi. 

3 dari 4 halaman

Momen Artis Ikut 17 Agustusan

Mengutip dari kanal Hot Liputan6.com, 19 Agustus 2024, tak hanya warga biasa yang mengikuti lomba. Sejumlah artis pun tak mau ketinggalan dengan momen keseruan Agustusan. Ada yang membuat lomba di lingkungan rumah dan diikuti keluarga saja. Namun, ada juga yang ikut berbaur dengan masyarakat.

Contohnya seperti Ayu Ting Ting dan keluarga yang ikut lomba bersama warga kampung sekitar rumahnya. Lain halnya dengan Cindy Fatikasari yang merayakan HUT ke-79 RI pertama di Kanada. Bersama Tengku Firmansyah dan anak, artis cantik itu ikut seru-seruan bareng WNI yang tinggal di sana.

Sementara Jennifer Coppen memilih menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas di luar rumah, seperti mengantar anak sekolah, hingga membantu ibu mertuanya di restoran. Ini dilakukan demi mengurangi rasa duka setelah suaminya, Dali Wassink, meninggal dunia.

Di momen 17 Agustus-an kali ini, ibunda Kamari Sky Wassink itu juga ikut bersenang-senang bersama teman-temannya merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya adalah ikut beragam perlombaan di dekat tempat tinggalnya di Bali.

4 dari 4 halaman

Jennifer Coppen Ikut Lomba Balap Karung

Mengintip akun Instagram-nya, aktris berusia 23 tahun ini ikut lomba memasukkan kawat bakul ke dalam lubang kecil. Lomba ini terbilang sulit dan membutuhkan fokus tingkat tinggi. Setelah berulang kali mencoba, dia akhirnya berhasil.

Jennifer tak bisa menahan diri untuk bersorak kegirangan. Meski tak keluar sebagai juara pertama, namun ibu satu anak tersebut tetap puas dengan pencapaiannya.   

Lomba berikutnya adalah balap karung. Lain dari biasanya, lomba yang diikuti Jennifer Coppen kali ini harus memasukkan seluruh badan ke dalam karung, menyisakan kepala yang dipakaikan helm. Dia susah payah berjalan cepat dengan langkat terbatas untuk mencapai garis finis.

“Dahlah gue udah ibu-ibu disuruh begini,” kata bintang sinetron Mermaid In Love tersebut sebagai keterangan videonya.

Berikutnya adalah lomba tarik tambang. Dalam regunya, Jennifer Coppen diposisikan di depan. Meski badannya kecil, namun dia memiliki tenaga yang sangat besar. Dia mengerahkan seluruh kekuatannya agar timnya bisa menang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini