Sukses

Beragamnya Profil 16 Top Miss Universe Indonesia 2024, Ada yang Berhijab hingga Sudah Punya 2 Anak

Sesuai panduan global, panitia Miss Universe Indonesia 2024 tidak lagi membatasi kepesertaan berdasarkan usia, bentuk fisik, dan status pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta - Miss Universe Indonesia 2024 akhirnya mengumumkan 16 besar finalis yang berasal dari berbagai latar belakang. Sesuai dengan panduan organisasi global, para finalis yang terpilih tidak lagi terbatas usia, bentuk fisik tubuh, dan status pernikahan.

Salah satu finalis Miss Universe Indonesia 2024 bahkan berhijab. Ravena Wulandari menjadi satu-satunya perempuan berhijab di ajang itu. Saat mengenalkan diri, ia mengaku sata ini bekerja sebagai duta wisata, model, dan artis asal Aceh.

Finalis Miss Universe Indonesia 2024 juga ada yang sudah menjadi ibu. Salah satunya adalah Maria Ardelia Purwaningrum. Dokter spesialis syaraf itu yang juga sebagai penulis naskah itu mengaku sebagai ibu dari dua anak.

Miss Universe Indonesia 2024 juga memilih seorang orangtua tunggal untuk lolos ke tahap 16 besar. Dia adalah Moriska, seorang model. Bahkan, salah seorang finalis adalah Juara II Miss Universe 2023 Vina Anggi Sitorus. 

"Tahun ini betul-betul diversity... Ada beberapa yang menggunakan hijab mendaftar, tapi yang masuk adalah Ravena," kata National Director Miss Universe Indonesia 2024 Teuku Jordan Zacky ditemui di sela acara di Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Ke-16 besar terpilih dari proses seleksi langsung tahap pertama yang memilih 30 kontestan dari banyak peserta yang mendaftar. Namun, Jordan mengaku perlu mengecek ulang jumlah pasti pendaftar tahun ini yang diminta mengirimkan foto, video, dan biodata mereka secara online.

Finalis yang terpilih adalah mereka yang dianggap memiliki paket lengkap untuk bisa mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2024 di Meksiko pada November 2024. "Ini bukan modelling competition. Pemenanngnya harus bisa speak mewakili negaranya dan bertanggung jawab pada masyarakat," ujar Jordan lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dewan Juri Miss Universe 2024

Dalam kesempatan itu, diperkenalkan pula anggota dewan juri yang terlibat dalam Miss Universe Indonesia 2024. Mereka adalah casting director Sanjay Mulani, Soraya Haque yang mewakili akademisi dan public figure, Ria Juwita yang merupakan seorang model senior dan konsultan fesyen, serta Naomi Julia Soegianto, CEO NJS Gold yang menjadi salah satu sponsor acara tersebut dan berfokus pada pemberdayaan perempuan. 

Masing-masing juri meyakini bahwa menyeleksi pemenang Miss Universe Indonesia 2024 harus mempertimbangkan banyak hal. Tidak hanya cantik, tetapi juga cerdas dan memiliki kepribadian yang baik. Soraya Haque menambahkan bahwa kualitas yang dicari dari pemenang ajang kecantikan kali ini juga harus berani.

"Kami butuh perempuan yang berani untuk bicara mengenai Indonesia, mewakili figur perempuan Indonesia. Kalau mau cari perempuan cantik banyak, jago ngomong juga banyak, tapi kalau berani bicara, perlu mental dan harus dilatih dengan baik," katanya.

Pendapat serupa dilontarkan Sanjay. Ia mengatakan, "Kita harus cari quality. Kharisma dan aura one of the most yang harus dilihat. Cantik doang enggak cukup, we need the whole package."

 

 

3 dari 4 halaman

Tahap Selanjutnya di Ajang Miss Universe Indonesia 2024

Hal senada disampaikan Ria. Ia menyatakan semua juri harus menilai dengan cermat karena ajang itu adalah hal yang besar. Selain kualitas 3B, pemenang nantinya harus tahu visi, misi, dan bagaimana cara mengadvokasi publik terkait hal itu.

"Kalau saya melihat dari sisi pandang perempuan yang tanggungh, yang punya nilai, value-nya apa. Itu harus kita keluarkan saat kita maju ke kancah internasional... Harus kuat visi misinya dan dihubungkan dengan culture Indonesia," Naomi menambahkan.

Setelah 16 besar terpilih, Miss Universe Indonesia 2024 akan melanjutkan seleksi dengan menggelar bootcamp. Jordan menjelaskan bahwa itu adalah semacam karantina dengan banyak kelas yang akan diikuti oleh para finalis, seperti catwalk, public speaking, dan kepribadian. Kelas-kelas itu diperlukan untuk membekali para kontestan sebelum mewakili Indonesia di ajang internasional.

"Bootcamp ini enggak bisa terlalu lama, tapi kita akan exercise lagi waktunya," kata Jordan.

Salah satu pertimbangannya karena tahap persiapan yang terbatas untuk menuju ajang Miss Universe 2024 pada November 2024. Panitia harus sudah memiliki pemenang pada September 2024 untuk disiapkan agar bisa tampil maksimal di ajang tersebut.

4 dari 4 halaman

Voting dan Penilaian Dewan Juri

Sementara, Jordan mengakui bukan hal mudah menyelenggarakan Miss Universe Indonesia 2024. Utamanya terkait waktu persiapan yang sangat singkat.

"Yang bikin sulit itu dari persiapan waktu yang sangat singkat, itu salah satu tantangan. Tapi mau nggak mau kita harus jalankan dengan profesional, baik dan benar," ujarnya di La Moda, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. "Jadi, kita harus tetap memilih yang terbaik dengan benar, dan melibatkan semua orang menilai, seperti lewat cara vote," imbuhnya.

Voting juga akan diberlakukan dalam penentuan pemenang Miss Universe Indonesia 2024. Meski begitu, ia menyatakan bahwa keberadaan dewan juri tak bisa diremehkan dalam memberi pandangan perihal sosok yang layak mewakili Indonesia nantinya yang dipilih dari 16 besar.

Top 16 Finalis Miss Universe tersebut adalah Nadia Ingrida Tjuatja, Maria Ardelia Purwaningrum, Stella VidyasaRI, Viori Dhea Vanessa, Putri Sulistiawati, Karen Afralia, Beivy Marselo Mega Sumampouw, Cinta Iole Amidjaja, Moriska, Clara Shafira Krebs, Fiza Javaid Khan, Khamelia Chalid, Vina Anggi Sitorus, Ester Liana, Meylan Vega, dan Ravena Wulandari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini