Sukses

Video Pembeli Lepas Alas Kaki Diduga di Minimarket IKN Bikin Warganet Heran

Lucunya, salah seorang pembeli mengaku salah memakai alas kaki ketika meninggalkan minimarket di IKN tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi video diduga dari Ibu Kota Nusantara (IKN) yang jadi sorotan warga dunia maya. Kali ini karena ada sebuah minimarket yang membuat para pelanggan melepas alas kaki sebelum memasuki tempat tersebut.

Setidaknya itulah yang terlihat di video TikTok @ammoeyy, Sabtu, 17 Agustus 2024. "Belanja di Indomaret satu-satunya di IKN," begitu keterangan awal di klip yang dimaksud. "Wajib lepas alas kaki dulu gaes."

Karena tidak ada konsumen memakai alas kaki, lantai minimarket itu disebut "selalu bersih." Lucunya, alas kaki teman dari pengunggah video dikatakan tertukar. Ia datang memakai sepatu, namun malah beralas sandal saat keluar. "Udah agak jauh tapi akhirnya balik lagi ke Indomaret buat balikin sendal orang."

Hingga Selasa malam, 20 Agustus 2024, rekaman tersebut telah ditonton hampir 700 ribu kali dan menuai beragam komentar, yang mana kebanyakan mereka heran mengapa harus demikian. "Wajar sih harus lepas sepatu. Rata-rata yang beli pekerja proyek dengan sepatu penuh lumpur. Meski ga dari proyek, daerah IKN masih penuh lumpur dan pasir daripada rusak AC dan kotor makanan di dalam (minimarket)," menurut seorang warganet.

"Karena banyak bangunan yang belum selesai, jadi kotor. Belum semua di aspal, jelaslah lepas sandal biar petugas yang kerja ga capek bersihin 😁," timpal yang lain. Ada juga yang berkelakar, "Selain jumatan suka kehilangan sandal, keknya indomet ikn bakal penerus 😭😭😭." Sementara warganet berbeda bercanda, "Dikasih tulisan batas suci ka 😭."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konten Lain Seputar IKN Jadi Sorotan

Bulan lalu, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Raja Juli Antoni mengulas apartemen Aparatur Sipil Negara (ASN) di IKN. Konten itu dibagikan di akun Instagram-nya, Minggu, 21 Juli 2024.

Ia menulis, "Siang tadi, saya mendampingi Pak Bas (Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) meninjau tower hunian ASN. Seperti inilah kira-kira interior hunian yang akan ditempati ASN nanti di IKN. Selain kantor, pemerintah memastikan hunian yang nyaman bagi ASN."

Di video apartemen ASN di IKN, ruang keluarga yang cukup lapang itu terlihat ditata tanpa sekat dengan dapur dan meja makan. Raja kemudian berjalan memperlihatkan satu dari tiga kamar tidur. "Master bedroom," sebut dia. "Cukup besar dan ada kamar mandi." Di rekaman, terlihat pula bahwa ruangan ini berbalkon.

"Kemudian, ada dua kamar untuk family," ia menambahkan. Dua ruangan itu berdesain serupa, berisi perabot esensial, yakni kasur, lemari, serta meja dan kursi, dilengkapi jendela cukup besar dan pendingin ruangan. Raja juga memperlihatkan kamar mandi untuk keluarga.

3 dari 4 halaman

Mengundang Ragam Komentar

Terakhir, ada pula balkon di ruang keluarga dan ruang serbaguna, yang menurut Raja, bisa jadi ruang jemur maupun gudang. "Insya Allah ASN akan betah," ia berharap.

Konten apartmen ASN di IKN mengundang beragam komentar. Salah satunya menulis, "Ini apartemen ASN eselon berapa pak? 😅🙏🏻" "Berikutnya mohon room tournya untuk ASN golongan terendah Pak Wamen," sambung warganet lain.

Tidak sedikit pula pengguna Instagram yang menganggap bahwa unit apartemen itu cukup luas. "Lega juga ya," kata salah satunya. "Berikutnya coba dites ya pak, airnya udah nyala atau belum," timpal yang lain.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyebut bahwa setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pindah ke IKN akan mendapat hunian berupa satu unit rumah susun, lapor kanal Bisnis Liputan6.com, 17 April 2024. Kendati begitu, pada tahap awal, ASN yang pindah ke IKN masih harus berbagi satu hunian dengan ASN lain.

4 dari 4 halaman

Pakaian Adat Jokowi Saat Perayaan HUT ke-79 RI di IKN

Akhir pekan kemarin, upacara peringatan HUT RI perdana digelar di IKN. Di momen itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan dua pakaian adat dari dua provinsi berbeda, catat kanal News Liputan6.com, Minggu, 18 Agustus 2024.

Saat memimpin upacara pengibaran bendera pusaka, Jokowi memakai baju adat yang terinspirasi dari Kesultanan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Sementara saat memimpin pacara penurunan bendera, sang kepala negara menggunakan baju adat Banjar dari Kalimantan Selatan.

Dua baju adat ini memiliki makna yang berbeda. Baju adat saat pengibaran bendera bernama baju adat Kustim yang erat kaitannya dengan sejarah Kesultanan Kutai Kartanegara.

Kesultanan ini dikenal sebagai salah satu kerajaan tertua di Indonesia dan dianggap sebagai cikal bakal Nusantara. Istilah "Kustim" berasal dari kata "Kustin," yang berarti "kebesaran," menandakan bahwa pakaian ini memiliki kasta tertinggi dalam hierarki kerajaan.

Sedangkan saat penurunan bendera, pakaian adat Jokowi terinspirasi Baju Adat Banjar, Baamar Galung Pancar Matahari. Ia tampil dengan pakaian adat bermaterial beludru yang mencerminkan kemewahan. Dari kepala hingga ujung kaki, semua elemen pakaian ini berlapis manik-manik dan dihiasi simbol naga, yang dalam budaya Banjar melambangkan kekuasaan, kebaikan, dan keberuntungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.