Sukses

Kembali Dihelat Usai 4 Tahun Absen, Plaza Indonesia Men's Fashion Week Bakal Gelar Lintasan Runway Sepanjang 18 Meter

Plaza Indonesia Men's Fashion Week 2024 (PIMFW) kali ini mengusung tema "Modern Gentleman". Lewat ajang ini, Plaza Indonesia ingin menjelaskan bahwa fesyen pria bisa terekspos dengan berbagai macam gaya.

Liputan6.com, Jakarta - Plaza Indonesia Men's Fashion Week (PIMFW) 2024 kembali dihelat, setelah empat tahun absen karena pandemi Covid-19. Sejumlah brand ternama dan desainer lokal akan mengisi perhelatan yang berlangsung pada 2--7 September 2024.

Diselenggarakan sejak 2009, PIMFW 2024 merupakan gelaran ke-11 yang kali ini mengusung tema "Modern Gentleman". Lewat ajang ini, Plaza Indonesia ingin menerangkan bahwa fesyen pria bisa terekspos dengan berbagai macam cara.

Deputy CMO Plaza Indonesia, Zamri Mamat mengatakan PIMFW 2024 terasa spesial karena beberapa tahun vakum. "Untuk kurasi sebenarnya telah berjalan dari tahun ke tahun, kita pilih yang sesuai dengan DNA Plaza Indonesia," kata Zamri dalam konferensi pers di Lamoda Cafe, Jakarta Pusat, Rabu, 21 Agustus 2024. 

Berbagai brand dan desainer akan menampilkan koleksinya. Hal yang juga menarik, panggung PIMFW 2024 terbilang spektakuler karena untuk pertama kalinya memakai jasa desain interior untuk menciptakan panggung catwalk sepanjang 18 meter. Dengan runway yang cukup besar, perhelatan itu juga akan mampu menampung hingga hampir 500 orang tamu. 

"Men's di Jakarta dengan tema modern gentleman, akhirnya lari ke tema laki-laki dalam konteks urban," sebut Co-Principal of FFFAAARRR, Fauzia Evanindya saat ditanya tentang inspirasi konsep runway PIMFW 2024 di kesempatan yang sama. 

Pihaknya nanti akan membawa suasana outdoor dengan material menarik untuk runway PIMFW 2024. Membuat panggung fashion week tersebut merupakan sebuah tantangan, karena meski temanya laki-laki, desainnya harus netral dan multifungsi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Inspirasi Koleksi Desainer

Para desainer dan perwakilan dari brand yang akan tampil di PIMFW 2024 ikut mengungkap bocoran inspirasi koleksi mereka. IKAT Indonesia By Didiet Maulana misalnya, nanti akan membawa tema "Love Letter from Wamena".

Perwakilan Ikat Indonesia By Didiet Maulana, Zahra Damayanti mengatakan koleksi yang dibawakan di PIMFW 2024 adalah ready to wear dengan kejutan koleksi wanita juga. "Konsepnya leisure dan modern dan kita tetap dengan konsistensi pemakaian bahan kain nusantara tapi menjadi modern," ucapnya.

Koleksi itu juga akan memakai nuansa warna alam sebagai inspirasi. Akan banyak tampilan warna hangat membumi dengan sentuhan segar. "Kejutannya kita membawa budaya Wamena di Papua, terinspirasi perjalanan Didiet Maulana dan kerja sama dengan warga lokalnya," terang Zahra.

Sementara, Artkea Stripes untuk pertama kalinya mengikuti ajang PIMFW 2024. Bertajuk "Elevation", koleksinya terinspirasi dari arsitektur dalam representasi berupa grafis. Tema elevasi memiliki makna meningkatkan, sehingga akan banyak motif garis-garis.

3 dari 4 halaman

Tampilan Kain hingga Batik untuk Pria

Esensi gaya untuk pria juga ditampilkan dalam kain hingga batik. Label seperti Parang Kencana dan Batik Keris akan mengakomodir koleksi batik pria yang sarat dengan makna tradisi serta warisan kekayaan Indonesia.

Perwakilan dari brand Parang Kencana, Mety Sutanti mengatakan, Parang Kencana sudah beberapa kali ikut berpartisipasi dalam ajang PIMFW. Kali ini, pihaknya mengambil tema "Samalinage", yang artinya persamaan garis keturunan atau warisan dengan harmoni keselarasan.

"Parang Kencana tradisional batik cap dan tulis, tetap ada motif tradisional dengan yang kontemporer dengan earth tone," jelas Mety.

Sementara, Batik Keris kali ini mendesain busana batik pria jadi lebih kasual, bahkan bisa dikenakan saat liburan. Batik Keris mengembangkan batik motif baru yang memberi kesan modern, tapi tak melupakan motif lama karena justru menjadi inspirasinya.

Beragam warna earth tone akan menghiasi sebagian besar koleksi yang akan dipersembahkan di PIMFW 2024. Batik Keris kali ini juga berkolaborasi dengan Spous By Priyo Oktaviano.

4 dari 4 halaman

Desainer dan Brand yang Berpartisipasi

Berlangsung selama enam hari, PIMFW 2024 akan berlokasi di The Warehouse, Plaza Indonesia, Level 5. Gelaran ini akan menghadirkan sebanyak 22 show bersama desainer dan brand lokal dan internasional. 

Menghadirkan 22 show dan enam fashion presentation bersama 40 desainer dan brand ternama, rangkaian koleksi terbaru akan ditampilkan secara khusus dalam PIMFW 2024, yang menghadirkan karya-karya mengagumkan. PIMFW 2024 akan menampilkan tren mode dan koleksi terbaru dari berbagai brand lokal dan global serta kolaborasi desainer ternama.

Berikut adalah desainer yang akan berpartisipasi di PIMFW 2024: Adrie Basuki x Evan Hartono, AMOTSYAMSURIMUDA, Artkea Stripes, Batik Keris x Spous By Priyo Oktaviano, BINhouse, BIASA x Studio Sejauh; Danjyo Hiyoji, Gant Hartono Gan, IKAT Indonesia By Didiet Maulana, KRATON Auguste Soesastro, Luxina Presents The Sartorial 2.0, Atham & Rekhas, Marks & Spencer, MICHAEL ONG.

Selain itu ada Pattern Designed by MGKYM Ft. Barsena Bestandhi, Massimo Dutti, MONEY MAN WORKS. Gelaran kali ini juga menghadirkan kolaborasi antara Passion Prive yang merupakan brand perhiasan bersamaIvan Gunawan. Kemudian ada brand Parang Kencana, Puma, Rama Dauhan together with Tanah Le Saé, Sean Sheila for PILLAR, STUDIOMORAL, Super Sentimental Secret Theory, TEMMA PRASETIO Ready To Wear, TS THE LABEL by Tities Sapoetra, Wilsen Willim, ZARA, 3MONGKIS, dan 3.4.7.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini