Sukses

Terobosan Minyak Rambut Berkemasan Isi Ulang, Bisa Lebih Hemat Sekaligus Dukung Praktik Ramah Lingkungan

Minyak rambut Kerastase Elixir Ultime diperkenalkan melalui kemasan isi ulang yang terdiri dari 30 persen kaca daur ulang dan 95 persen plastik daur ulang.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya baik untuk rambut, namun juga lingkungan. Begitulah ide besar yang digagas Kerastase saat memperkenalkan formula baru produk minyak rambut ikonis mereka: New Elixir Ultime.

Brand General Manager Kerastase Indonesia Ivonne Vania menjelaskan bahwa setidaknya ada tiga poin dalam transformasi produk perawatan rambut tersebut. Pertama, secara bahan, yang masih menggunakan French Camellia, namun dalam ekstrasi dingin.

"Fungsi (ekstrasi dingin) supaya hasilnya kelihatan secara instan. Jadi ketika dipakai, rambut langsung berkilau," katanya di acara peluncuran produk tersebut di bilangan Jakarta Selatan, Selasa, 20 Agustus 2024. "Sudah pasti Kerastase itu bicaranya tentang rambut sehat."

Lebih lanjut dikatakan bahwa bahan minyak rambut itu bisa menutrisi, melembutkan, dan memberi kilau alami pada rambut. Formulasi baru Elixir Ultime diklaim memberi sensorial experience ringan, dengan tekstur lebih cepat menyerap. 

Kedua, minyak rambut ini menandai langkah pertama merek perawatan rambut tersebut dalam mengurangi volume sampah kemasan. Pihaknya memperkenalkan kemasan isi ulang yang dijanjikan tidak hanya ramah lingkungan, namun lebih hemat bagi pelanggan.

"Outer (kemasan botol dari 30 persen kaca daur ulang) Elixir Ultime itu untuk disimpan selama-lamanya," kata Ivonne. "Yang akan diganti adalah botol bagian tengahnya. Maka itu, kami mendorong pelanggan, setelah beli full pack, setelahnya silakan beli refill saja."

Ia mengatakan bahwa harga minyak rambut dalam versi isi ulang akan 25 persen lebih murah. Di kanal penjualan online-nya, produk ini dibanderol Rp840 ribu untuk full pack, sementara refill Rp630 ribu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Material Daur Ulang untuk Produk Minyak Rambut

Ivonne mengatakan, pihaknya belum membuat target angka pengurangan sampah kemasan melalui inisiasi refill packaging. "Tapi karena ini inisiasi global, kami jadinya tidak menciptakan limbah (kemasan kaca) setara (ukuran Museum) Louvre," kata dia. "Kemasan refill-nya itu bermaterial (95 persen) plastik daur ulang."

Ia menjanjikan inisiasi-inisiasi serupa ke depan, menyebut, "Masih ada banyak gagasan lain. Nantinya ada juga serum berbeda dengan kemasan isi ulang. Terdapat pula beberapa langkah Kerastase yang merupakan gebrakan-gebrakan, tapi masih akan kami simpan untuk sekarang."

Ketiga, Ivonne melanjutkan, wajah baru Elixir Ultime merupakan bentuk komitmen pihaknya menjadikan produk tersebut sebagai minyak rambut paling ikonis dari Kerastase. Ia menyebut, "(Minyak rambut tersebut) bisa menjangkau paling banyak kepala, karena ini adalah serum paling universal, paling gampang dipakai, cocok untuk siapa pun."

"Biasanya, Kerastase akan bilang, 'Kamu diagnosis dulu rambutmu untuk bisa menentukan rangkaian (perawatan rambut paling tepat). Tapi kalau Elixir Ultime, semua di antara kita bisa pakai," ia mengklaim.

3 dari 4 halaman

Ragam Trik Memakai Minyak Rambut

Ivonne menjelaskan bahwa dengan 1--2 pumps New Elixir Ultime Hair Oil, rambut jadi lebih berkilau, anti-frizz hingga empat hari, serta melindungi rambut dari panas styling hingga 230 derajat Celcius. "Selain sebelum styling, ini juga bisa dipakai setelahnya supaya rambut terasa lebih terkunci," ia menambahkan.

Ia merekomendasikan memakai produk hair oil ini saat rambut dalam kondisi kering handuk, dengan cara diaplikasikan dari tengah ke bawah. "Tidak perlu dari kulit kepala, karena ini produk perawatan rambut, bukan kulit kepala, jadi concern-nya lebih ke rambut tengah ke bawah yang tidak mendapat nutrisi sebagus rambut yang berada dekat dengan kulit kepala."

Tidak sampai di situ saja, karena Ivonne mengatakan bahwa produk ini bisa digunakan sebagai pelengkap masker rambut. "Bila merasa rambut butuh kontrol lebih, hacks lainnya adalah mencampur Elixir Ultime dengan hair mask," kata dia, seraya merekomendasikan hanya beberapa tetes dari produk minyak rambut tersebut untuk penggunaan ini.

4 dari 4 halaman

Siapa Saja yang Bisa Pakai Minyak Rambut Kerastase?

Disebutkan bahwa Elixir Ultime hadir dengan pengalaman sensorial yang mewah dan aroma nan memikat, karya dari Nicolas Beaulieu, perfumer asal Prancis. Aromanya merupakan perpaduan top notes Mandarin, Freesia, dan Violet Leaves, middle notes Cedarwood, Helitrope, dan Violet Flower, serta base notes Sandalwood musk dan Courmarine.

Jadi, siapa yang bisa menggunakan produk tersebut? Ivonne mengatakan bahwa ini harus mengarah pada kondisi rambut masing-masing. "Di usia lebih dewasa, rambut rusak biasanya karena exposure dari luar, entah penataan, chemical process, maupun proses penyisiran," ujar dia.

Selain, bisa dipengaruhi diet dan hormon. "Anak-anak lebih kecil, pre-teen misalnya, rambutnya juga bisa rusak. Biasanya lebih karena paparan matahari. Saat rambut sudah terasa ada kerusakan, biasanya kami rekomendasikan menggunakan Elixir Ultime."

Demi hasil perawatan sempurna, direkomendasikan untuk menjalankan Kerastase Ritual dilengkapi konsultasi dan diagnosis scalp-hair di Kerastase Official Salon Partners. Ini kemudian dikombinasikan dengan perawatan di rumah secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini