Sukses

JF3 Food Festival 2024, Jelajah Rasa Lebih dari 1.000 Kuliner Indonesia di Kampoeng Tempo Doeloe

JF3 Food Festival 2024 Kampoeng Tempo Doeloe akan berlangsung selama 45 hari, yakni 16 Agustus sampai 29 September 2024, di La Piazza Summarecon Mall Kelapa Gading.

Liputan6.com, Jakarta - Bertajuk "Selera Nusantara," JF3 Food Festival 2024 menghadirkan lebih dari seribu kuliner Indonesia yang dijajakan 102 pedagang dari seluruh wilayah Indonesia di Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) dan Wonderful Culinary Expo (WCE). Saat terik matahari mulai tidak begitu menyengat pada Rabu sore, 21 Agustus 2024, meja-meja di area festival kuliner ini satu per satu terisi.

Jalur antrean di depan booth partisipan yang memenuhi La Piazza Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, mulai dipadati pelanggan yang tampak melihat-lihat menu sambil menunggu giliran mereka dilayani. Antrean jelas terlihat mengular di stand kuliner-kuliner legendaris yang telah termahsyur.

Beberapa di antaranya, yakni Bebek Sinjay Bangkalan Madura, Soto Kadipiro & Ingkung Pengasih Asli Jogja, Tahu Kupat Legend Asli Kota Solo, Gudeg Mercon Bu Prih, dan Srabi Notosuman Ny, Handayani. Tidak ketinggalan, ada pula Pukis Telur Ayam Kampung Sumber Rezaki, Kupat Tahu Gempol, Ronde Alkateri Asli Bandung, Kueh Moaci Gemini Kentangan, Java Loenpia 1870, serta Pisang Goreng Madu Bu Nanik.

Kendati demikian, masih banyak hidangan menarik lain untuk dicicip di festival kuliner yang berlangsung pada 16 Agustus sampai 29 September 2024 tersebut. Ini termasuk ragam es yang bercita rasa manis maupun menyegarkan, kerak telur, jajanan serba aci khas Bandung, serta berbagai penganan tradisional yang rasanya sudah familiar.

"Kami sangat bangga bisa kembali menghadirkan JF3 Food Festival tahun ini untuk merayakan, sekaligus melestarikan warisan kuliner Nusantara," sebut Charmain JF3 Soegianto Nagaria. "Tema 'Selera Nusantara' yang kami angkat tahun ini tidak hanya mengajak pengunjung menikmati beragam hidangan, tapi juga merayakan kekayaan budaya yang melekat di setiap sajian."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kurasi Tenant yang Cermat

Disebutkan bahwa kurasi cermat nan ketat telah dilalui partisipan KTD tahun ini. Tidak hanya soal merek, namun juga menu yang diboyong ke JF3 Food Festival 2024. Setiap tenant punya cukup ragam menu sebagai pilihan, namun tidak sampai membingungkan saking banyak.

Ada juga yang menyediakan satu menu utama, seperti Gudeg Mercon Bu Prih, dengan tambahan ragam topping yang bisa dipilih sesuai selera. Sementara itu, WCE menghadirkan berbagai tenant bercita rasa global, seperti 7hundred ML, Asian Cigar Company, YFJ Juice, dan Healthy Choice.

Salah satu pengunjung bernama Joceline mengaku sudah jadi pengunjung tetap festival kuliner ini dari tahun ke tahun. "Tenant-nya selalu menarik," kata dia saat dijumpai Lifestyle Liputan6.com di area KTD, Rabu, 21 Agustus 2024. "Beberapa ada yang ikut terus kayak Pisang Goreng Bu Nanik, jadi itu sudah jadi incaran, tapi kita bisa coba makanan-makanan baru juga."

"Karena renovasi (di area La Piazza dan Gafoy) sudah selesai, jadi lebih enak, lebih rapi, nyaman buat saya yang bawa mami dengan kursi roda," ujar dia, seraya menambahkan bahwa selama festival berlangsung, ia biasanya akan datang beberapa kali, entah sendiri maupun bersama teman dan keluarga.

3 dari 4 halaman

Ragam Pertunjukan di Panggung JF3 Food Festival 2024

Pengunjung lain, Henry, bercerita bahwa ia biasanya memboyong keluarganya ke JF3 Food Festival. "Mejanya proper untuk makan bersama. Masing-masing bisa pilih menu yang dimau, karena pilihannya banyak. Harganya juga masih masuk akal," kata dia mengungkap alasan mengunjungi festival kuliner tersebut.

Kendati demikian, JF3 Food Festival 2024 tidak hanya soal memanjakan lidah. Pihaknya menghadirkan hiburan berupa pertunjukan musik dan tarian tradisional yang digelar setiap hari selama 45 hari berturut-turut.

Setiap hari Sabtu pukul 19.00 WIB, panggung festival kuliner itu akan dimeriahkan penampilan para penyanyi papan atas. Mereka adalah Lyodra pada 17 Agustus, Yovie & Nuno pada 24 Agustus, Fabio Asher pada 31 Agustus, Rony Parulian pada 7 September, Tiara Andini pada 14 September, Keisya Levronka pada 21 September, dan Nadhif Basalamah pada 28 September.

Dekorasi dan instalasi seni khas Indonesia juga menghiasi area festival kuliner, mencipatakan suasana nostalgia sekaligus semarak. Di momen HUT ke-79 RI, JF3 Food Festival menyelenggarakan berbagai lomba, seperti bakiak, balap karung, dan balap kelereng yang telah berlangsung pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

4 dari 4 halaman

Berbagai Program Belanja

Tidak berhenti di situ saja, karena JF3 Food Festival 2024 punya program belanja. Ini terselenggara melalui dua program, yakni Jajan Segunung Biar Untung dan Jajan Yuu ... Biar Maju.

Dalam program Jajan Segunung Biar Untung, pengunjung yang belanja di KTD dengan total pembelian Rp300 ribu atau lebih dalam satu hari bisa memenangkan hadiah emas batangan. Caranya, kumpulkan struk belanja dari maksimal tiga transaksi di hari yang sama, lalu serahkan ke Customer Care MKG 1 untuk mendapat kupon undian.

Pengundian akan dilakukan pada 29 September 2024 di La Piazza, dan tiga pemenang masing-masing akan membawa pulang dua gram emas. Sementara itu, program Jajan Yuu ... Biar Maju memberi penawaran pada pengunjung yang belanja di MKG, La Piazza, maupun Gafoy.

Dengan pembelanjaan Rp300 ribu sampai Rp500 ribu, mereka bisa mendapat tempat VIP secara terbatas setiap harinya, dengan kuota 100 slot, untuk menyaksikan setiap pertunjukan di panggung JF3 Food Festival. Juga, setiap pembelanjaan minimal Rp50 ribu di KTD berhak mendapat voucer belanja Rp100 ribu di Rambla Departement Store.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini