Sukses

Rekomendasi Makanan yang Menggunakan Kecap Manis, Pasti Nagih dan Pengin Nambah Terus

Apabila kamu juga penikmat hidangan seperti ini, ada baiknya mencari tahu dulu apa saja rekomendasi makanan yang menggunakan kecap manis.

Liputan6.com, Jakarta Nggak bisa dipungkiri bahwa aneka makanan dari kecap manis memang memiliki cita rasa yang enak dan mampu bikin ketagihan apabila dimasak dengan benar. Untungnya, di Indonesia sendiri, makanan dengan bumbu masak kecap manis bukanlah sesuatu yang sulit ditemukan. Sebab, masyarakatnya memang sangat menyukai aneka menu kecap manis dan bahkan ada puluhan atau mungkin ratusan rekomendasi makanan yang menggunakan kecap manis yang dapat dicicipi di negara ini.

Akan tetapi kecap manis terbuat dari apa sih? Perlu diketahui bahwa kecap manis sendiri terbuat dari kedelai yang dicampurkan dengan gula untuk menambah rasa dan aromanya. Dengan kombinasi dari kedua bahan inilah, aneka ide makanan kecap manis bisa terasa maknyus dan sungguh menggoda di setiap suapannya. Bahkan, makanan berkuah kecap manis pun kerap kali membuat dapur rumah beraroma sedap yang bikin satu keluarga auto lapar dan ingin segera bersantap. 

Apabila kamu juga penikmat hidangan seperti ini, ada baiknya mencari tahu dulu apa saja rekomendasi makanan yang menggunakan kecap manis. Sebab, siapa tahu saja berbagai menu yang direkomendasikan ini bisa kamu pilih dan masak sendiri untuk disajikan di atas meja makan. Penasaran? 

1. Ayam Kecap Manis

Salah satu rekomendasi makanan yang menggunakan kecap manis adalah ayam kecap manis. Dengan cita rasa yang nikmat dan aroma yang menggiurkan, siapa yang nggak akan tertarik sama hidangan yang satu ini? Yup, menu kecap manis yang dibuat dari potongan ayam, kecap manis, serta aneka bumbu rempah ini memang jadi makanan favorit banyak rumah di Indonesia.

Selain karena kebanyakan resep ayam kecap manis mudah, cita rasa yang ditawarkan pun juga sangat cocok bagi lidah banyak orang, termasuk anak-anak maupun orang dewasa. Bukan cuma itu saja, kombinasi antara tekstur daging ayam yang empuk dengan bumbu yang asin, gurih, dan manis juga membuat makanan dengan kecap manis ini auto bikin nambah lagi dan lagi.

Menariknya, jika kamu mengikuti resep ayam kecap manis yang benar, hasilnya pasti bisa sangat memuaskan dan bikin diri sendiri serta keluarga kalap saat melahapnya. Maka dari itu, jangan ragu ya untuk mengeksplorasi aneka resep masak kecap kuah yang enak dan mengenyangkan.

2. Tumis Tempe dan Tahu Kecap Manis

Rekomendasi makanan yang menggunakan kecap manis selanjutnya yaitu tumis tempe dan tahu kecap manis. Ya, baik tempe maupun tahu sendiri memang sama-sama makanan yang merakyat. Bahkan, harganya yang murah dan banyak dijual di mana-mana membuat kedua bahan ini sangat umum diolah kembali untuk dihidangkan di atas meja makan.

Meski begitu, terlepas dari harganya yang murah meriah, siapa sangka jika tempe dan tahu bisa menjadi menu kecap manis dengan cita rasa yang kaya dan super enak. Perpaduan antara tempe dan tahu yang digoreng, bersama dengan bumbu masak kecap, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, serta kecap membuat hidangan klasik satu ini layak untuk dijadikan teman bersantap yang begitu memanjakan lidah. Lebih nikmat lagi apabila makanan dari kecap manis ini disajikan bersama dengan seporsi nasi hangat dan kerupuk yang kriuk abis. 

3. Tahu dan Tempe Bacem

Rekomendasi makanan yang menggunakan kecap manis berikutnya adalah tahu dan tempe bacem. Masih seperti makanan dengan kecap manis sebelumnya, hidangan ini juga menggunakan tahu dan tempe sebagai bahan utamanya. Hanya saja, ada perbedaan dalam proses pembuatannya. 

Jika tumis tempe dan tahu cenderung lebih kering dan dimasak dalam waktu yang relatif lebih cepat, namun menu kecap manis yang satu ini justru lebih berkuah dan melalui proses perebusan yang agak lama agar bumbu masak kecap bisa meresap dengan sempurna. Perpaduan rempah-rempah yang bikin aroma bacem makin sedap dan ditambah dengan manis gurihnya kecap manis semakin membuat masakan satu ini auto mencuri hati siapa saja. 

Menariknya lagi, tahu dan tempe bacem ini bukan hanya bisa dinikmati dalam versi kuahnya saja, melainkan juga versi gorengnya. Yup, apabila kamu lebih menyukai tekstur lebih krispi dan kering, maka nggak ada salahnya untuk menggoreng tahu dan tempe bacem yang telah direbus bersama aneka bumbu rempah dan kecap manis tadi. Kedua versi bacem ini sama-sama mampu menawarkan cita rasa yang kaya dan bikin lidah bergoyang.

4. Semur Telur dan Tahu

Rekomendasi makanan yang menggunakan kecap manis selanjutnya yakni semur telur dan tahu. Semur sendiri merupakan makanan dari kecap manis yang kaya akan rempah dan biasanya dimasak dalam waktu lama hingga bumbunya bisa meresap dengan sempurna ke dalam bahan masakan. 

Untuk menu kecap manis seperti semur telur dan tahu biasanya menggunakan bahan-bahan tambahan seperti bawang putih, bawang merah, cengkih, pala, hingga kecap manis untuk memperkaya cita rasanya. Selain itu, makanan berkuah kecap manis yang satu ini pun juga bisa dijadikan sebagai comfort food, karena memang sefleksibel itu untuk lidah banyak orang. Yuk, coba masak hidangan ini dengan mengintip resep masak kecap kuah yang benar. 

5. Semur Daging Sapi

Rekomendasi makanan yang menggunakan kecap manis satu ini tentunya nggak kalah enak dari hidangan-hidangan yang lainnya. Ya, semur daging sapi namanya. Makanan dengan kecap manis ini sebenarnya masih menggunakan bumbu yang sama seperti dengan semur telur dan tahu. Hanya saja, terdapat perbedaan di dalam penggunaan bahan utamanya.

Sesuai namanya, menu kecap manis ini menggunakan potongan daging sapi yang dimasak dengan aneka bumbu rempah yang harum dan kecap manis yang kaya rasa. Dengan penggunaan berbagai bahan tersebut, dihasilkan makanan berkuah kecap manis dengan cita rasa yang bikin candu dan bikin selera makan jadi meningkat. Selain itu, resep masak kecap kuah pun juga praktis dan mudah. Selama dimasak dengan teknik yang tepat, pastinya semur daging sapi ini akan mampu menawarkan rasa yang memuaskan.

6. Krengsengan Daging

Salah satu ide makanan kecap manis yang bisa kamu cicipi yaitu krengsengan daging. Menu kecap manis yang berasal dari Jawa Timur ini memiliki rasa gurih, manis, dan pedas khas yang sangat menggugah selera. Belum lagi dengan potongan daging sapi yang empuk dengan sentuhan bumbu masak kecap yang meresap di dalamnya, semakin membuat para penikmat kuliner nggak sabar untuk mencobanya.

Biasanya, krengsengan daging disajikan dengan nasi putih hangat, dan terkadang dilengkapi dengan taburan bawang goreng atau lalapan seperti timun dan tomat untuk menambah kesegaran. Selain itu, makanan dari kecap manis ini juga sering kali disajikan dalam acara-acara spesial seperti lebaran atau pesta keluarga. 

7. Nasi Goreng

Makanan dengan kecap manis berikutnya ini sudah pasti nggak asing di telinga kamu. Ya, apa lagi kalau bukan nasi goreng. Seperti yang diketahui bahwa nasi goreng sendiri adalah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Campuran nasi yang digoreng dengan telur, sayuran, dan daging atau seafood, ditambah kecap manis memberikan rasa manis dan gurih yang menyempurnakan menu kecap manis ini.

Untuk cara memasaknya pun terbilang cukup sederhana. Pertama, panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, dan tambahkan cabai jika suka pedas. Masukkan nasi dingin, aduk rata bersama aneka bumbu masak kecap. Untuk telur bisa digoreng terpisah atau diaduk langsung bersama nasi. 

Setelah itu, tambahkan daging dan sayuran sesuai selera. Selesai, nasi goreng bisa disajikan dengan pelengkap seperti acar, kerupuk, dan telur mata sapi. Nah, untuk kamu yang bingung mau memasak hidangan yang sederhana tapi tetap enak, mungkin ide makanan kecap manis satu ini bisa banget untuk dipertimbangkan. 

8. Mie Goreng

Sama seperti nasi goreng, makanan dari kecap manis ini juga sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dan mancanegara. Betul sekali, nama hidangan ini adalah mie goreng, yang terbuat dari mie dengan campuran telur, sayuran, daging, serta kecap manis yang mampu memberikan rasa manis yang seimbang dengan rasa gurih. 

Ide makanan kecap manis seperti mie goreng memang menjadi hidangan yang mudah dibuat dan selalu disukai. Apalagi, bumbu masak kecap yang digunakan nggak banyak dan bahkan hanya butuh beberapa menit saja untuk memasak mie goreng hingga matang. Jika kamu menyukai hidangan seperti nasi goreng, pastinya ide makanan kecap manis seperti mie goreng pun akan kamu sukai juga. 

9. Telur Mata Sapi Bumbu Kecap

Makanan dengan kecap manis selanjutnya yaitu telur mata sapi bumbu kecap. Buat kamu si kaum mager, menu yang satu ini pasti akan menjadi penyelamat di saat sedang lapar. Sebab, proses membuatnya nggak sampai 5 menit dan hanya butuh bumbu masak kecap yang sederhana, seperti bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kecap manis, lada bubuk, dan sedikit penyedap rasa. 

Untuk resep masak kecap kuah, kamu bisa mulai dengan menggoreng beberapa telur mata sapi hingga tingkat kematangannya sudah sesuai dengan selera kamu. Setelah itu, panaskan sedikit minyak, masukkan cincangan bawang putih, bawang merah, serta cabai rawit ke dalamnya. Tumis hingga aromanya keluar dan lalu tambahkan kecap manis, sedikit air, lada bubuk dan penyedap rasa secukupnya. Jika kuahnya sudah sedikit mendidih, masukkan telur mata sapi ke dalamnya dan masak hingga bumbu meresap dengan baik.

10. Kupat Tahu Magelang

Makanan dengan kecap manis yang terakhir adalah kupat tahu magelang. Makanan berkuah kecap manis ini memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera, membuatnya populer nggak hanya di kalangan masyarakat lokal, tetapi juga di luar kota. Selain itu, kupat tahu Magelang sendiri juga memiliki beberapa komponen selain dari ketupat. Di antaranya adalah tahu goreng, bumbu kacang, sayuran segar, kerupuk dan bawang goreng, serta siraman bumbu masak kecap yang semakin membuat rasanya semakin kaya.

Beruntungnya kamu, karena aneka resep masak kecap kuah seperti kupat tahu Magelang sudah banyak berseliweran di media sosial maupun mesin pencaharian. Akan tetapi, kalau nggak mau ribet masak sendiri, kamu juga bisa lho membelinya di pedagang kaki lima atau restoran favoritmu.

Itulah tadi sejumlah ide makanan kecap manis yang lezat dan menggiurkan. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.