Sukses

Erina Gudono Diduga Bakal Melahirkan di AS, Kewarganegaraan Anak Kaesang Pangarep Jadi Sorotan

Didampingi Kaesang Pangarep, Erina Gudono sedang orientasi program S2 di Amerika Serikat saat kehamilannya memasuki trimester ketiga.

Liputan6.com, Jakarta - Publik masih terus menyoroti gerak-gerik Erina Gudono dan Kaesang Pangarep di tengah riuh demo RUU Pilkada. Diketahui bahwa pasangan yang menikah pada Desember 2022 tersebut sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), karena Erina mengikuti orientasi S2 Master of Science di Fakultas Social Policy and Practice (SP2) di University of Pennsylvania (UPenn).

Di antara seruan #KawalPutusanMK, beberapa warganet membahas kemungkinan Puteri Indonesia DIY 2022 tersebut melahirkan di Negeri Paman Sam, mengingat kehamilan istri Kaesang Pangarep sudah memasuki trimester ketiga. "Eh, bentar. Pertanyaan serius," kata salah satu pengguna X, dulunya Twitter.

"US tu negara jus soli kan, ya? Hamil besar terus menetap di US buat sekolah (minimal durasi satu tahun), lalu melahirkan di sana, status kewarganegaraan anaknya gimana? Apakah otomatis bisa jadi warga US?" ia mempertanyakan. Memangnya apa itu jus soli?

Melansir Britannica, Jumat (23/8/2024), dalam teori hukum, jus soli merupakan aturan yang menyatakan bahwa kewarganegaraan diperoleh sejak kelahiran di wilayah negara tertentu, terlepas dari kewarganegaraan orangtua. Berasal dari hukum umum Inggris, jus soli berfungsi sebagai dasar kewarganegaraan di hampir setiap negara Barat dan sebagai dasar Amandemen Keempat Belas Konstitusi Amerika Serikat.

Jus soli berbeda dari jus sanguinis yang memberi kewarganegaraan atas dasar kewarganegaraan yang dimiliki orangtua seseorang. Layanan Pendapatan Internal AS (IRS) menjelaskan di situs webnya bahwa Amandemen XIV, Bagian 1, Klausul 1 Konstitusi AS mengamanatkan bahwa semua orang yang lahir di AS adalah warga negara AS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Ketentuan Hukum di Indonesia?

Badan itu mengatakan, kewarganegaraan ini berlaku tanpa memandang status pajak atau imigrasi orangtua anak yang lahir di AS. Lebih lanjut, seseorang yang lahir di luar AS juga dapat jadi warga negara itu saat lahir jika setidaknya salah satu orangtuanya adalah warga negara AS dan telah tinggal di sana selama jangka waktu tertentu.

Maka itu, anak Kaesang dan Erina kemungkinan akan jadi anak berkewarganegaraan ganda: warga negara AS dan Warga Negara Indonesia (WNI) karena ia lahir dari orangtua WNI. Menurut Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, anak dalam kategori berkewarganegaraan ganda diberikan ruang hukum atau kesempatan memiliki dua kewarganegaraan hingga usia 18 tahun atau sebelum itu, namun sudah menikah.

Pihaknya menulis, "Pembatasan ini diatur dalam Pasal 6 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 yang mengamanatkan Anak Berkewarganegaraan Ganda setelah berusia 18 tahun atau sudah kawin untuk memilih salah satu kewarganegaraannya." Batas waktu untuk menyampaikan pernyataan memilih kewarganegaraan, yakni paling lambat tiga tahun setelah anak berusia 18 tahun atau sudah menikah.

"Hal ini merupakan implementasi penerapan asas kewarganegaraan ganda (bipatride) sebagai pengecualian dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 yang bersifat terbatas," kata Kemenkumham.

3 dari 4 halaman

Erina dan Kaesang Belanja Kebutuhan Bayi

Tidak hanya kemungkinan kewarganegaraan anak Erina dan Kaesang, momen keduanya belanja kebutuhan si jabang bayi, seperti stroller, pun jadi perhatian. Kereta bayi yang sempat muncul di Instagram Story Erina, Rabu, 21 Agustus 2024, disebut sama dengan milik bayi Syahrini.

Stroller didominasi warna cokelat itu merupakan rilisan Mima seri Xari. Melansir situs web merek AS tersebut, Kamis, 22 Agustus 2024, produk ini dijelaskan sebagai kereta dorong yang unik, elegan, dan ringkas yang menawarkan pengendaraan yang nyaman dan akomodatif bagi orangtua dan bayi.

"Berkat sistem 'carrycot inside' yang dipatenkan, unit kursi berubah jadi carrycot dan sebaliknya hanya dalam 15 detik, sebuah bukti desain inovatifnya," sebut brand tersebut. Barang ini dibanderol 1.349 dolar AS (sekitar Rp21 juta).

Selain itu, Erina Gudono tampak menggoda Kaesang terkait keluhan harga makanan di Los Angeles, AS. Salah satunya saat putra bungsu Presiden Jokowi itu tampak memakan hot dog di Grand Central Market. "Mas Kaesang, 'Mahal banget roti Rp400 ribu,'" tulis Erina mengutip ucapan suaminya.

4 dari 4 halaman

Kaesang Digoda Ngeluh Harga Makanan di AS

Konten serupa kembali dibagikan saat Erina dan Kaesang makan di kawasan elit Beverly Hills. Kali ini, putra bungsu Presiden Jokowi itu digoda karena berkomentar soal telur dadar dibanderol Rp500 ribu. "Telurnya dari ayam royal blood mungkin," ungkap Erina meniru perkataan suaminya.

Potret-potret tersebut memperlihatkan Erina tampil anggun dengan gaun nude dan flat shoes simpel berwarna senada. Sementara itu, Kaesang berbusana kasual dengan kemeja navy dan celana chino krem.

Di foto lain, pasangan ini terlihat duduk di bangku di depan sebuah restoran dan toko pakaian. Di unggahan itu, Erina berbagi bahwa ia seperti mendapat kekuatan ekstra meski harus pergi jauh ke Amerika dalam keadaan hamil tua.

Menurut Erina, dukungan penuh dari sang suami adalah faktor utama ia bisa kuat menjalani hal tersebut. "Karena di balik istri yang enggak bisa diem ini ada suami protektif yang effort prepare makan minum obat, ngingetin A-Z, nemenin di manapun, siaga kapan pun dll dsb. Thank you so much! @kaesangp," tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.