Sukses

Tarif Endorse Raffi Ahmad yang Mendadak Kehilangan Puluhan Ribu Pengikut di Instagram Bikin Elus Dada

Ketika rekan-rekannya sesama artis banyak yang mendukung keputusan MK soal Pilkada lewat media sosial maupun ikut demo langsug ke gedung DPR, Raffi Ahmad justru terlihat menunjukkan kedekatan dengan penguasa.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Raffi Ahmad kembali jadi sorotan karena gerakan unfollow akun Instagram pribadinya di tengah ramainya masalah revisi UU Pilkada yang pada akhirnya batal disahkan oleh DPR RI pada Kamis, 22 Agustus 2024. Gerakan ini muncul karena Raffi dinilai tutup mata terhadap kondisi demokrasi di Tanah Air.

Padahal sejumlah selebriti ikut dalam aksi demo di Gedung DPR/MPR di antaranya, Reza Rahadian, Ibnu Jamil, Ananda Badudu, Kunto Aji, Abdel Achrian, Abdur Arsyad, Arie Kriting, Andovi da lopez, Bintang Emon, hingga sutradara Joko Anwar.  Mereka semua sepertinya kompak memakai outfit atau baju hitam dan sebagian besar mengenakan kaus, termasuk Reza Rahadian.

Mereka pun berbaur dengan massa lainnya sebagai bentuk solidaritas terhadap gerakan yang menuntut DPR untuk tidak mengubah Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No. 60/PUU-XXII/2024. Tak hanya turun langsung ke jalan, sejumlah artis juga memberi dukungan lewat media sosial. Salah satunya adalah Duta Sheila on 7. Ia mengunggah potret Garuda Pancasila membiru disertai tajuk: Peringatan Darurat.

Ketika rekan-rekannya sesama artis banyak yang mendukung putusan MK soal Pilkada lewat media sosial maupun ikut demo langsug ke gedung DPR, Raffi justru terlihat menujukkan kedekatan dengan penguasa, ketimbang ikut bersuara. Dilansir dari akun Instagram @raffinagita 1717, Raffi terlihat bersama Gibran Rakabuming Raka dan Zulkifli Hasan hendak menuju Bandung Barat untuk melakukan beberapa agenda.

"Kumaha damang barudak well? Sebagai yang paling senior, hari ini saya akan mengawal mas @gibran_rakabuming dan @raffinagita1717 menuju Bandung Barat untuk berdialog dengan pelaku UMKM dan mengunjungi pasar tradisional," tulisnya dalam keterangan unggahannya pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Unggahan ini langsung dibanjiri banyak komentar pedas warganet. Mereka menyerukan gerakan unfollow presenter kelahiran 37 tahun lalu itu. Gerakan unfollow ini muncul ditengarai karena suami Nagita Slavina ini dinilai tutup mata terhadap demokrasi di Indonesia yang kini begitu mengkhawatirkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Raffi Ahmad Disebut Bermain Aman

"Gerakan unfollow raffi dan pendukungnya. I already unfollow them," komentar seorang warganet.

"Sorry Raffi gw unfollow. RIP demokrasi," sahut warganet lain.

"RAFFI SEHARUSNYA KAMU PUNYA SUARA UNTUK MASYARAKAT! TAPI KAMU MEMILIH UNTUK BERMAIN AMAN !!!!!” ujar warganet yang lain.

Perkataan warganet ini sepertinya nyata adanya. Terbukti, kini Raffi terpantau kehilangan puluhan ribu pengikut di akun Instagramnya. Dilansir dari situs Social Blade pada Jumat, 23 Agustus 2024, akun Instagram @raffinagita1717 disebut kehilangan 38.713 pengikut pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Satu hari sebelumnya, pengikut akun Instagram Raffi berjumlah 76.233.782. Lalu, pada Kamis pengikut akun Instagram-nya turun menjadi 76.195.069. Menjelang HUT ke-79 RI, Raffi juga terpantau kehilangan cukup banyak pengikut di akun Instagram. Pada Rabu, 15 Agustus 2024, ia kehilangan 4.450 pengikut.

Meski kini kehilangan puluhan ribu pengikut, ayah dua anak ini ternyata punya penghasilan yang begitu fantastis dari Instagram yang bisa bikin banyak orang mengelus dada. Saat menjadi bintang tamu di konten YouTube Boy William, Raffi pernah membocorkan jika tarif sekali endorse di Instagramnya tembus ratusan juta rupiah.

 

3 dari 4 halaman

Boy William Kaget Dengar Jawaban Raffi

"Berapa (tarif) sekali endorse Raffi Ahmad di Instagram? Satu posting," tanya Boy dalam unggahannya yang potongannya dibagikan ualng akun Youtube Ruang Tumbuh, Kamis.  "Tergantung kontennya juga sih, ada foto, ada video, dan lain-lain, ya pokoknya ratusan (juta) lah," jawab Raffi.

Boy William  sontak kaget mendengar tarif endorse Raffi Ahmad. Namun ia pun sepertinya tidak herank karena Raffi menjadi kaya raya.

"Pantasan lo kaya, ya," celetuk Boy William. "Ya, lumayan," respons Raffi seraya tertawa.

Kabar terbaarunya, Raffi akhirnya memberi pernyataan setelah dikecam publik. Ia menyadari aksinya membuat publik tak nyaman, Raffi pun mengunggah gambar Garuda Pancasila. Bukan garuda membiru bertajuk “Peringatan Darurat” tentunya. Ia mengklaim, secara personal mendukung putusan MK.

Gambar Garuda Pancasila berlatar Sang Merah Putih diunggah Raffi Ahmad di akun Instagram terverifikasi, Jumat, 23 Agustus 2024. Setelah mengucap salam, suami Nagita Slavina merespons kontroversi DPR dan Pemerintah yang bermufakat mengabaikan putusan MK.

"Dengan Segala Hormat Untuk Seluruh Masyarakat Indonesia. Terhadap problematika yg sedang berjalan, saya secara personal mendukung dan mengawal bagaimana keputusan MK,” ungkap Raffi Ahmad sembari menyematkan emotikon Merah Putih.

4 dari 4 halaman

Klarifikasi Raffi Ahmad

Dalam kesempatan itu, ia menghargai rakyat Indonesia dan rekan artis yang turun ke jalan mengawal penegakan demokrasi di Indonesia. Raffi menyebut mereka luar biasa lalu menyinggung cara mengawal demokrasi tiap orang beda-beda.

"Saya sangat menghargai kepada teman2 yg sudah bersuara turun ke jalan. Temen2 semua luar biasa atas Support dan kepedulian terhadap Bangsa yang kita cintai ini. Mari kita terus menyuarakan dan kawal ini dengan cara kita masing-masing,” tuturnya.

Raffi menyatakan, mereka yang turun ke jalan, menyuarakan kegelisahan di medsos, atau berjuang dengan cara lain sejatinya punya tujuan yang sama yakni: menjaga martabat demokrasi Indonesia dan keutuhan NKRI.

"Baik menyuarakan langsung, turun ke jalan Ataupun dari lewat media sosial, dan cara cara lainnya yang baik dan bijaksana tanpa anarkis dan provokatif. Saya yakin apapun yang kita lakukan memiliki tujuan yang sama yaitu demi keutuhan NKRI dan martabat demokrasi," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini