Sukses

Video Viral Mahasiswi Minta Tanda Tangan Dosen yang Ikut Demo Menolak Revisi UU Pilkada

Mahasiswi itu terlihat membawa berjilid-jilid dokumen yang harus diperiksa sang dosen di tengah aksi demo menolak revisi UU Pilkada.

Liputan6.com, Jakarta - Cerita dari demo menolak revisi UU Pilkada masih terus membanjiri media sosaial. Salah satunya datang dari seorang mahasiswi yang turun ke jalan demi menemui dosennya yang mengambil bagian di barisan demonstran.

Momen ini jadi viral setelah diunggah akun TikTok @ichajupliadi_, Kamis, 22 Agustus 2024. "Izin pak🙏 beruntungko bisa dpat dospem pak rahim😭🥹," begitu bunyi keterangan unggahan video berdurasi 17 detik tersebut.

Di klip, mahasiswi berhijab merah muda itu tampak menggendong tas ransel dan membawa sejumlah dokumen untuk diperiksa sang dosen. "Di tengah demonstrasi, hanya beliau yang menjalankan tugas akademi," kata perekam gambar tersebut.

Keduanya terekam tersenyum malu, karena momen itu mendapat perhatian demonstran, yang menurut lokasi video, bertempat di Makassar, Sulawesi Selatan. Tidak butuh waktu lama bagi rekaman itu menarik banyak komentar warganet.

Salah satunya menulis, "Biasanya kalau sudah dijilid begini, selesai revisi. Tinggal tanda tangan, Sekalian ikut demo 🥰." "Pinter.. dosennya terpaksa tanda tangan," sahut yang lain di kolom komentar video yang sudah mencatat lebih dari satu juta penayangan pada Sabtu malam, 24 Agustus 2024.

"Dosenku buat acc sampe ku kejar di bandara, krn mau jd pendamping haji, 🤣 ini mending ngejarnya pas demo 😅," curhat pengguna berbeda. "Kapan lagi dapat kesempatan kayak gini kan? 🤣," timpal pengguna berbeda. "Ini yang ngevideoin dosenku. Kayaknya ini emang rombongan dosen ikut demo," aku seorang warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Temui Dosen di Momen Tidak Biasa

Serupa, tapi tidak sama. Tahun lalu, rekaman sekelompok mahasiswa kondangan ke pernikahan dosennya sukses mencuri perhatian warganet.

Alih-alih membawa hadiah sebagaimana tamu undangan, mereka malah meminta tanda tangan acc makalah. Momen ini dibagikan akun TikTok @benyariandi, menulis, "Happy wedding dosen terfavorit," sebagai keterangan video berdurasi 25 detik tersebut.

Di rekaman, dosen pria itu terlihat sibuk membolak-balik kertas, sementara sang istri tersenyum di sisinya. Di dekatnya juga ada sekelompok muda-mudi, yang sepertinya mahasiswa, menunggu makalah laporan mereka selesai diperiksa sang dosen.

Sebagian warganet menganggap perlakuan mahasiswa-mahasiswa ini "tidak sopan" dan "tidak tahu tempat." "Ya masa orang lagi nikah, duduk di pelaminan, diminta acc makalah," kata salah satu pengguna X, dulunya Twitter, setelah video tersebut juga tersebar di platform itu.

Namun demikian, kebanyakan menanggapinya dengan tidak terlalu serius. "Ini mah trik mahasiswanya biar enggak dikoreksi dosennya. Langsung acc semua 😂," kata seorang pengguna, sementara yang lain menimpali, "Mau ditolak enggak enak sama tamu undangan wkwkwk."

3 dari 4 halaman

Dukungan bagi Aksi Demo Menolak RUU Pilkada

Sementara di kabar terbaru, masyarakat telah memperlihatkan banyak cara dalam mendukung aksi demo tolak Revisi UU Pilkada di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 22 Agustus 2024. Salah satunya dilakukan perempuan bernama Ayas.

Ia tidak berorasi atau menenteng poster, tapi justru membawa beberapa boks besar berisi sejumlah makanan ke lokasi demo. Ayas bersama beberapa teman sengaja membawa cukup banyak makanan untuk para pendemo.

Lapak makanan itu digelar tidak jauh dari lokasi demo di area Gedung DPR, yang dinamai sebagai "Pos Humanies Project." Ia membagikan beberapa potret penampakan pos makanan gratis tersebut di akun X-nya, @aromapetrikorr.

Salah satunya memperlihatkan Ayas berfoto di depan spanduk besar berwarna biru bertuliskan, "Minuman & Makanan Gratis." Gadis berkacamata itu bahkan menyediakan berbagai jenis obat-obatan jika ada pendemo yang sakit. "Teman-teman yang haus, yang lapar, yang butuh tolak angin, butuh oksigen, mampir ke pos Humanies Project aja!" tulis Ayas dalam keterangan unggahannya, Kamis.

4 dari 4 halaman

Makanan Gratis untuk Demonstran

Menariknya, mereka tampak tidak tanggung-tanggung menyediakan makanan gratis untuk demonstran. Tidak hanya makanan pengganjal perut berupa tahu goreng dan roti dalam beberapa boks berukuran besar, namun juga sejumlah kantong plastik berisi puluhan bungkus nasi padang.

"Nambah tahu gratis gais. Ambil aja buat ganjel perut!!!!!" katanya. "SIKAT NASI PADANGNYAAAA GAIS BIAR ADA TENAGA!!!" tulis Ayas dalam unggahan selanjutnya. Aksi mulia mereka sontak banjir pujian warganet.

Tidak sedikit yang mengapresiasi dan mendoakan Ayas dan teman-temannya agar diberikan imbalan rezeki yang melimpah atas kebaikan mereka. Sampai berita awalan ditulis, cuitan tersebut sudah dilihat lebih dari 2,4 juta kali dan disukai lebih dari 10 ribu kali.

"Wah ini keren bangettt," komentar seorang warganet. "Sehat-sehat orang baik hati," sahut yang lain. "Ealaah tadi sempet ketemu, tengkyu yaa kak! kami temen2 PNJ tadi sempet dikasih minum disini," tulis warganet lain.

"Hai, kak! aku kebetulan volunteeran aja buat hari ini. bukan team inti yaa," jawab Ayas. "Kerennn, kakaknya tolong stay safe jg yaaa! terimakasih orang² baikk, smoga rezeki kakaknya selalu dilancarkan," ujar warganet lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini