Sukses

Deretan Pesohor Dunia yang Miliki Pesawat Jet Pribadi Gulfstream, Elon Musk sampai Taylor Swift

Gulfstream dikenal menyediakan jet pribadi mewah dan harga jual maupun sewanya pun terbilang sangat mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para pesohor maupun selebriti dunia, mendapatkan kenyamanan adalah yang utama termasuk dalam hal penerbangan. Tak heran, kalangan berduit lebih memilih naik pesawat jet pribadi atau private jet ke tempat tujuan mereka.

Kaum kelas atas tersebut ada yang memang memiliki jet pribadi, tapi tidak sedikit yang menyewa. Karena harga sewanya yang jauh lebih mahal dibanding pesawat maskapai komersial biasa, fasilitas yang diperoleh pun berbeda.

Ada jet pribadi yang bahkan tersedia kamar tidur khusus. Untuk urusan waktu juga lebih efisien. Soal waktu tentunya sangat penting bagi orang kaya yang super sibuk seperti Elon Musk, karena harus banyak pergi ke berbagai tempat.

Salah satu perusahaan penerbangan terkenal yang menyediakan jet pribadi adalah Gulfstream Aerospace. Perusahaan penerbangan asal Amerika Serikat (AS) yang berdiri sejak 1958 ini melayani jual-beli jet pribadi, serta melayani sewa pesawat.

Gulfstream dikenal menyediakan jet pribadi mewah, dan harga jual maupun sewanya pun terbilang sangat mahal. Biaya sewa pesawat jet pribadinya pun mencapai puluhan sampai ratusan juta rupiah per jamnya.

Rata-rata biaya sewa jet pribadi Gulfstream sekitar Rp140 juta sampai Rp150 juta per jam. Sedangkan harga satu unit pesawat Gulfstream ditengarai sekitar 75 juta dolar AS atau setara Rp1,2 triliun!

Dilansir dari Simple Flying dan Forbes, Senin (26/8/2024), banyak orang lebih suka menyewa jet pribadi daripada memilikinya secara langsung. Tapi masih ada orang yang lebih suka memiliki jet pribadi daripada menyewanya.

Memiliki jet pribadi memungkinkan orang untuk bepergian ke beberapa tujuan selama seharian sejak pagi dan tetap berada di rumah saat jam makan malam. Berikut beberapa pesohor dunia yang memilik pesawat jet pribadi Gulfstream, lengkap dengan tipenya dan destinasi favorit atau yang sering mereka kunjungi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Elon Musk

Gulfstream G650: Roma, Venesia, Austin, Hailey-Idaho, Mykonos, Bodrum-Turkey, Westhampton, Norway, Berlin.

2. Mark Wahlberg

Bombardier BD-700: London, Coeur d’Alene, Idaho, Las Vegas, TorontoBlake SheltonGulfstream 4: Dallas, Calgary, Oklahoma, Iowa

3. Tom Cruise

Gulfstream IV dan Bombardier Challenger 300: Irlandia, Aspen, Maryland, Bangor-Maine, Las Vegas, Napa, Miami, Ft. Lauderdale, Denver, Tennessee.Harrison FordCessna 680 Citation: Idaho Falls, Jackson-Wyoming, Montana, Tennessee

4. Kylie Jenner

Bombardier BD-700: Turks & Caicos, Palm Springs, Milan, London, Big Whale Cay-Bahamas, Berry Islands-Bahamas, Miami, Westhampton

5. Kim Kardashian

Gulfstream 5: Turks & Caicos, Westhampton, Paris, Australia, Nice, Naples, Big Whale Cay-Bahamas.

6. Kenny Chesney

Dassault Falcon 900: Nashville, Montana, Idaho, Oregon, Monterey, Rhode Island, Key West, Utah, Virgin Islands.

7. Jay Z

Gulfstream 5: Puerto Vallarta, New Jersey, Colorado, Seattle, Dusseldorf, Bavaria, Hawaii, Islandia, Medellin-Kolombia.

8. Travis Scott

Embraer ERJ 170-100: Miami, London, Westhampton, Oregon, Napa, Bangor-Maine, Copenhagen, Denver, Salt Lake City.

9. Steven Spielberg

Gulfstream G-650: Irlandia, London, Martha’s Vineyard, London, Rotterdam, Westhampton.

10. Tiger Woods

Gulfstream 5: West Palm Beach, Stockholm, Ireland, Scotland, Barcelona, Mallorca.

3 dari 4 halaman

11 Oprah Winfrey

Gulfstream G650: Hawaii, Santa Barbara

12. Drake

Boeing 767-200: Stockholm, Ibiza, Nice, Barcelona, Turks & Caicos, Toronto

13. Jeff Bezos

Gulfstream G650: Tanzania, Paris, Switzerland, London, Seattle

14. Bill Gates

Gulfstream G65: Johannesburg, Nairobi, Canouan-Grenadines, Washington, Idaho, London, Marseilles, Provence, Seattle, Montana, St George-Utah, Seoul-Korea, Tokyo

15. Mark Zuckerberg

Gulfstream G650 and Airbus Helicopter EC-145: Lake Tahoe, Idaho, Seattle, Wyoming, Austin

16. Harrison Ford

Cessna 680 Citation: Idaho Falls, Jackson-Wyoming, Montana, Tennessee

17. Taylor Swift

Dassault Falcon: London, Nashville, Missouri, Connecticut, Florida, Denver, Toronto.

Salah satu tipe pesawat Gulfstream yang jadi favorit adalah G550. Mengutip laman indojetcharter.com, pesawat tipe itu mampu terbang nonstop hingga 12--13 jam. Pesawat itu memiliki 14 jendela oval yang berfungsi untuk memberikan cahaya alami pada kabin.

Pesawat itu menggunakan 100 persen udara segar dan kabin bertekanan pada ketinggian yang sangat rendah. Cahaya alami yang berlimpah dan udara segar itu membantu penumpang tetap waspada dan fokus.

"Tekanan udara di ketinggian rendah memerlukan lebih sedikit tenaga dari tubuh dan memastikan penumpang tiba di tujuan dengan segar dan waspada," demikian keterangan pada laman tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Fasilitas Lengkap dan Mewah Jet Gulfstream

Interior pesawat dilengkapi dengan peredam suara yang canggih agar di dalam pesawat tetap hening. Pesawat itu sebenarnya bisa mengangkut sampai 16 penumpang atau delapan penumpang tidur sekaligus. Untuk itu pengaturan kabin bisa disesuaikan kebutuhan, seperti kursi, sofa, kabin pribadi, area konferensi, dan ruang hiburan.

G550 juga menyediakan opsi untuk menempatkan dapur berukuran penuh di depan atau belakang pesawat. Mengutip laman aircharterservices.com, konfigurasi 'Elite' bahkan memasukkan dapur depan dengan dua alat pembuat kopi, microwave, dan sistem sterilisasi air (beberapa memiliki dapur belakang).

Model yang lebih baru telah meningkatkan kursi dengan fungsi pijat berpemanas serta sandaran punggung dan kaki bertenaga. Pesawat itu juga dilengkapi dengan wi-fi yang menyala sepanjang perjalanan. Tersedia pula area hiburan yang ideal untuk menontong film, presentasi kantor, dan live streaming.

Menurut laman aviationweek.com, pesawat Gulfstream G550 adalah pesawat jet bisnis kategori jarak sangat jauh yang mewakili salah satu dari dua sebutan komersial untuk tipe GV-SP dari pabrikan yang berbasis di Savannah, Georgia. Perusahaan merilis G550 pada 2000, dengan tipe GV-SP menerima persetujuan FAA pada 14 Agustus 2003, dan badan pesawat mulai beroperasi pada tahun yang sama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini