Sukses

Warung Si Doel Milik Rano Karno Jadi Tempat Reuni Pemain Film Galih dan Ratna

Rano Karno memanfaatkan halaman rumahnya untuk membuka tempat makan yang diberi nama Warung Si Doel. Warung itu menjadi tempat kegiatan berbagai acara, termasuk yang terbaru Meet and Greet film Galih dan Ratna.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Rano Karno sangat melekat dengan karakter Si Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tayang di era 1990-an. Begitu erat dengan toko Doel, anggota DPR yang merupakan kader PDI Perjuangan ini bahkan membuat bisnis kuliner Warung Si Doel yang berlokasi di rumahnya di kawasan Lebak Bulius, Jakarta Selatan.

Rano memanfaatkan halaman rumahnya untuk membuka tempat makan tersebut. Meski bukan warung mewah, tapi bisnisnya itu hampir tak pernah sepi pengunjung dan bahkan dipakai untuk banyak kegiatan.

Belum lama ini, Warung Si Doel juga dijadikan tempat untuk Meet & Greet  film lawas "Galih dan Ratna". Hal itu diketahui dari unggahan Rano di akun Instagram miliknya @si.rano pada 24 Agustus 2024. Galih dan Ratna sebenarnya adalah karakter utama di film Gita Cinta dari SMA pada 1979 yang diperankan Rano Karno dan Yessy Gusman. Saking ikoniknya, karakter tersebut jadi lebih terkenal dibandingkan judul filmnya.

"Lanjut gaa yee? Nonton di YouTube aje yee...," tulis Rano di keterangan video dalam logat Betawi.

Melihat langsung acara temu penggemar film Galih dan Ratna yang sempat populer di era 1970-an akhir, Rano Karno dan Yessy Gusman pun memakai baju seragam SMA. Dikatakan bahwa peserta yang ingin ikut acara tersebut membludak dan Warung Si Doel sampai dipasangi tenda agar peserta tidak kehujanan atau terkena panas matahari.

Lalu tak hanya Rano dan Yessy, ada bintang film senior lainnya yang turut meramaikan. Mereka adalah Lydia Kandou, Dewi Irawan, Iis Sugiarto dan masih banyak lagi. Meski terbilang sudah lama, film Galih dan Ratna yang pertama kali dirilis pada tahun 1979 masih terkenang sebagai film Indonesia terlaris dan di remake beberapa tahun lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Pertama Kalinya

Dalam 'Meet and Greet Galih dan Ratna', peserta yang ikut tampak antusias. Aara ini seperti momen nostalgia para penggemar dengan pemain filmnya. 

Terlebih hubungan persahabatan antara pemeran Ratna dan Galih yang masih kokoh menjadi sorotan utama. Diketahui sebelumnya para pemain film Galih dan Ratna bersama sutradara Arizal juga sempat menggelar acara buka bersama.

Mengutip dari kanal Citizen6 Liputan6.com, 25 Maret 2024, bukan hanya dihadiri oleh para pemain Gita Cinta dari SMA, tetapi juga dihadiri oleh sejumlah artis senior yang tetap aktif di dunia hiburan hingga saat ini. Karakter Galih dan Ratna, yang dimainkan oleh Rano Karno dan Yessy Gusman, menjadi ikon romansa pada era akhir 1970an dan awal 1980an .

Cerita cinta dua insan itu begitu terkenal pada masanya. Pada 23 Maret 2024, Yessy mengunggah momen bersama mereka di akun Instagram miliknya. Foto Galih dan Ratna yang masih akrab saat ini langsung dibanjiri komentar dari warganet. Banyak yang mengungkapkan kenangan nostalgia mereka tentang film tersebut.

“Jadi ingat dulu saat SMA kalau pulang sekolah, di jalan suka dipanggil cowok-cowok iseng, Yessy Gusman.. Yessy Gusman.. Antara kesal diisengin tapi bangga dimiripin artis top,” ungkap salah satu warganet. 

3 dari 4 halaman

Film Galih dan Ratna Dibuat Ulang

Film Galih dan Ratna memang rilis pada 1979, kemudian dibuat ulang dalam versi milenial ini. Versi ini dimainkan oleh Sheryl Shenafia dan aktor pendatang baru, Refal Hady yang tayang pada 9 Maret 2017. 

Galih dan Ratna sendiri memang dibuat berdasarkan novel Gita Cinta dari SMA, tetapi jalan cerita dan latar filmnya disesuaikan dengan generasi saat ini. Film ini menceritakan tentang Galih (Refal Hady), seorang siswa SMA yang pendiam dan tertutup yang memiliki minat besar dalam bidang musik.

Galih diceritakan tinggal bersama ibunya, Mirna (Dian Sastrowardoyo), yang merupakan seorang single mother yang bekerja keras untuk menghidupi Galih dan adiknya, Beni (Shandy Prakarsa). Mirna ingin Galih fokus pada pendidikannya dan mendapatkan beasiswa untuk masuk ke universitas yang bagus.

Suatu hari, Ratna (Sheryl Sheinafia), seorang siswi pindahan dari Jakarta, datang ke sekolah Galih. Ratna adalah gadis yang ceria dan ekspresif yang memiliki hobi menulis lagu. Galih dan Ratna pun mulai dekat dan saling jatuh cinta.

Namun, hubungan mereka diwarnai dengan berbagai rintangan, termasuk perbedaan latar belakang dan ekspektasi orang tua mereka terhadap masa depan mereka. 

4 dari 4 halaman

Kepopuleran Lagu Galih dan Ratna

Tak hanya filmnya saja, lagu Galih dan Ratna juga begitu populer dan sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia sejak dulu. "Galih & Ratna" adalah sebuah lagu yang diciptakan dan ditulis liriknya oleh Guruh Soekarnoputra.

Lagu ini pertama kali dinyanyikan oleh Iromy Nursaid dari The Kid Brothers dan muncul dalam film Gita Cinta dari SMA yang dirilis pada 1979. Kemudian pada 1980, Chrisye membawakan ulang lagu "Galih & Ratna" yang menjadi tema lagu untuk film Puspa Indah Taman Hati (sekuel dari film Gita Cinta dari SMA).

Lagu ini dirilis sebagai single oleh Chrisye bersama dengan Gita Cinta. Kemudian lagu ini dimasukkan juga ke dalam album musik tema untuk film tersebut yang dirilis di tahun yang sama.

Pada 2006, Chrisye kembali membawakan lagu "Galih & Ratna" secara live dengan diiringi gitar akustik oleh Tohpati dalam konser HUT DKI Jakarta yang ke-479. Konser ini menjadikan salah satu penampilan terakhir Chrisye sebelum Ia wafat pada 2007

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini