Sukses

Sepupu Pangeran William Bakal Jadi Anggota Kerajaan Inggris Perempuan Pertama Masuk Militer Setelah Ratu Elizabeth II

Sepupu Pangeran William, Lady Louise Windsor dengan jelas menunjukkan ketertarikannya bergabung dengan militer lewat keterangan di LinkedIn.

Liputan6.com, Jakarta - Sepupu Pangeran William, Lady Louise Windsor bakal mencetak sejarah sebagai anggota Kerajaan Inggris perempuan pertama yang akan bergabung dengan militer sejak Ratu Elizabeth II. Putri sulung Duke dan Duchess of Edinburgh itu tertarik untuk mengabdi pada Raja dan negaranya.

Mengutip Hello Magazine, Senin, 26 Agustus 2024, ia disebut 'jatuh cinta' dengan Kadet Angkatan Darat, yang dia lakukan selama studinya di Universitas St Andrews, menurut The Sun. Bangsawan berusia 20 tahun itu bergabung sebagai anggota Korps Pelatihan Perwira Universitas (UOTC) St Andrews, yang menyediakan pelatihan militer berbayar untuk mahasiswa.

Sebagai bagian dari pelatihannya, ia akan mengikuti modul pelatihan Petugas Cadangan yang dirancang sesuai dengan gelarnya, mempelajari keterampilan yang akan menyiapkannya untuk berkarir di militer setelah ia lulus. Menurut UOTC, taruna mempelajari segalanya mulai dari cara mengenakan seragam dengan benar hingga kemampuan memimpin orang lain dalam situasi stres.

Louise, yang berada di urutan kedelapan pewaris takhta, menuliskankan di halaman LinkedIn-nya bahwa dia "tertarik mengejar karir di bidang militer, diplomasi, atau hukum." Meskipun bangsawan wanita lainnya, seperti Putri Anne dan Putri Wales, memiliki gelar militer, namun gelar tersebut bersifat kehormatan dan tidak ada yang pernah bertugas di militer.

Bangsawan Inggris perempuan terakhir yang bergabung di kemiliteran secara aktif adalah mendiang Ratu Elizabeth II saat masih bergelar putri. Ia bergabung dengan Auxiliary Territorial Service (ATS) pada 1945, menjadi anggota wanita pertama Keluarga Kerajaan yang bergabung dengan Angkatan Bersenjata sebagai tentara aktif penuh waktu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Muncul Terakhir di Parade Trooping the Colour

Sementara, Louise dikenal dekat dengan sang nenek. Karena itu, tak ada keraguan bila niatnya bergabung dengan militer adalah terinspirasi dari mendiang neneknya.

Lady Louise adalah anak dari Pangeran Edward dan Duchess Sophie. Ia tak memakai gelar putri seperti sepupunya karena keputusan orangtuanya untuk tak melibatkannya sebagai anggota kerajaan aktif. Meski begitu, ia beberapa kali terlibat dalam acara resmi kerajaan dengan penampilan terakhirnya pada parade Trooping the Colour.

Kehadirannya saat itu juga mencuri perhatian meski yang jadi bintang utama dalam acara penting kerajaan saat itu tetap Kate Middleton. Ia muncul pertama kalinya di publik setelah mengumumkan soal diagnosis kankernya pada Maret 2024. Pada Sabtu, 15 Juni 2024, Louise bergabung dengan orangtuanya di dalam mobil yang sama. 

Mengutip Britain’s Election Channel, wanita berusia 20 tahun itu mengambil cuti dari studinya di Universitas St Andrews untuk bergabung dengan raja dalam Trooping the Colour di luar Istana Buckingham. Cucu kesayangan Ratu Elizabeth II itu mengenakan kembali gaun cantik dengan yang dikenakannya saat Upacara Penobatan Raja Charles pada Mei 2023.

3 dari 4 halaman

Fokus Kuliah

Sejak Lady Louise bersekolah di St Andrews pada 2022, dia telah mengambil langkah mundur dari sorotan kerajaan untuk berkonsentrasi pada studinya. Kampus yang juga menjadi tempat Pangeran William menempuh studi sarjananya itu selalu menjaga privasi siswanya dengan sangat serius. Kepala Sekolah dan Wakil Rektor Pangeran William, Dr. Brian Lang, secara eksklusif memberi tahu HELLO! bagaimana dia mengatur William di bawah asuhannya ketika dia kuliah.

Dia mengatakan kepada HELLO!, "Satu hal yang saya lakukan segera setelah kami mengetahui William akan menjadi mahasiswa adalah memperingatkan badan mahasiswa bahwa kami mengharapkan mereka menghormati privasi informasi."

"Jadi, saya menjelaskannya dengan jelas kepada para mahasiswa dengan melakukan wawancara dengan surat kabar mahasiswa, di mana saya menekankan bahwa kita akan mengambil pandangan yang sangat-sangat tidak jelas terhadap informasi tidak pantas apa pun yang disebarkan, bukan hanya tentang William, tapi tentang mahasiswa lainnya."

4 dari 4 halaman

Lady Louise Windsor dan 7 Cucu Ratu Elizabeth II

Dilansir dari Standar, 19 September 2022, Ratu Elizabeth II memiliki empat anak dengan mendiang Pangeran Philip, Raja Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward. Ratu memiliki anak pertamanya, Charles, ketika dia berusia 22 tahun.

Pangeran Charles lahir pada 1948, dan Putri Anne, Putri Kerajaan, lahir pada 1950. Sepuluh tahun kemudian lahirlah anak ketiga, Pangeran Andrew, Duke of York, pada 1960, sedangkan Pangeran Edward, Earl of Wessex, lahir pada 1964.

Ratu memiliki delapan cucu, yaitu Peter Phillips (46), Zara Tindall (42), Pangeran William (41), Pangeran Harry (39), Putri Beatrice (35), Putri Eugenie (34), Lady Louise Windsor (20), dan James, Viscount Severn (16).

Raja Charles menikah dengan Putri Diana, dan mereka memiliki dua putra yaitu Pangeran William, Duke of Cambridge, dan Pangeran Harry, Duke of Sussex. Putri Anne memiliki Zara Tindall dan Peter Phillips dengan suami pertamanya, Mark Phillips, seorang penunggang kuda pemenang medali emas Olimpiade.

Sementara itu Putri Beatrice dan Putri Eugenie adalah putri Pangeran Andrew dan Sarah, Duchess of York. Pangeran Edward dengan anak-anaknya, Louise dan James, dengan istrinya Sophie, Countess of Wessex. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini