Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Saran di Kalimantan yang Rutenya Melewati Perkebunan Kelapa Sawit

Setidaknya ada satu jalur menuju puncak Gunung Saran, tetapi di beberapa tempat jalurnya tidak jelas dan Anda pasti membutuhkan bantuan penduduk setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Saran atau yang dikenal dengan sebutan Bukit Saran adalah gunung salah satu gunung yang berlokasi di Kalimantan Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 1.741 mdpl, tergolong kategori sedang dibanding gunung lainnya yang ada di Indonesia.

Mengutip dari laman Gunung Bagging, Selasa, 27 Agustus 2024, Gunung Saran terlihat sangat menarik bentuknya jika dilihat dari bawah. Gunung ini memiliki tebing-tebing curam yang hampir vertikal di dekat puncaknya.

Namun, lantaran tanah yang sangat datar di sekitarnya, yang sebagian besar digunakan untuk perkebunan kelapa sawit oleh penduduknya. Bukit Saran dan juga puncak yang lebih rendah di utara yang dikenal sebagai Bukit Kujau (ketinggian 1.308 mdpl), jarang terlihat dari jalan utama di dekat Nanga Pinoh dan Sintang.

Setidaknya ada satu jalur menuju puncak, tetapi di beberapa tempat jalurnya tidak jelas dan Anda pasti membutuhkan bantuan penduduk setempat. Masih banyak hal mengenai Gunung Saran selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Saran yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Titik Awal Pendakian

Meskipun tampak dekat di peta, titik awal yang biasa di Lebuk Lantang, Riam Batu. Setidaknya membutuhkan waktu lebih dari tiga  jam untuk dicapai dengan sepeda motor atau mungkin kendaraan roda empat jika Anda mengetahui rutenya. Dari persimpangan perkebunan kelapa sawit yang disebut Simpang Pandan, dekat dengan bandara baru Sintang. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Melewati Perkebunan Kelapa Sawit

Bagian pertama perjalanan ini menyusuri jalur perkebunan yang berdebu (di musim kemarau) dan ini bisa sangat lambat di musim hujan jadi sebaiknya jangan dicoba. Ada beberapa rambu, tetapi banyak persimpangan, jadi Anda memerlukan bantuan penduduk setempat untuk menemukan titik awal jalur pendakian.

Setelah melewati perkebunan, Anda akan tiba di Desa Ansok. Dari titik ini, penduduk desa sangat anti-sawit dan mencoba membangun pariwisata seperti pendakian ke Gunung Saran sebagai cara yang lebih bertanggung jawab untuk mendapatkan uang dari daerah setempat.

3. Jalur Pendakian Melewati Sungai

Jalur dari titik ini sangat bergelombang karena mengikuti sungai Tempunak menuju Riam Batu, yang merupakan pintu gerbang ke Gunung Saran. Namun, Anda akan mendapatkan beberapa pemandangan gunung itu sendiri yang menyenangkan. Setelah melewati penanda pintu masuk Riam Batu di sisi jalur, masih ada jarak yang cukup jauh ke Lebuk Lantang di ujung jalur (Ulu Tempunak) dan karenanya setidaknya 30 menit lagi.

3 dari 4 halaman

4. Air Terjun di Gunung Saran

Lebuk Lantang (156 mdpl) yang merupakan salah satu titik perhentian memiliki lapangan besar atau 'alun-alun' di tengahnya. Di sini Anda dapat melihat ke atas ke arah tebing puncak.

Ada juga toko desa yang menjual barang-barang yang sangat mendasar, tetapi Anda perlu membawa perlengkapan utama dari tempat lain. Sangat penting untuk memulai lebih awal karena ini adalah pendakian yang sangat panas, dimulai dari ketinggian yang sangat rendah. Hati-hati karena ada lintah, meskipun di musim kemarau jumlahnya lebih sedikit atau berperilaku agresif.

Jalan setapak ini menyusuri jalan setapak semen di tepi sungai dan melewati dua bangunan besar baru yang digunakan sebagai akomodasi bagi para pendaki dan pengunjung air terjun setempat. Anda akan dikenai tarif sekitar Rp 50.000 per orang per malam, berdasarkan beberapa orang yang berbagi kamar bersama ditambah biaya makanan tambahan.

Hanya beberapa menit setelah ini, terdapat persimpangan penting menuju hutan di sebelah kiri yang tidak memiliki rambu jalan tetapi semua pemandu lokal akan mengetahuinya. Untuk itu memang pendakian ke Gunung Saran perlu pemandu gunung.

4 dari 4 halaman

5. Area Berkemah di Gunung Saran

Setelah melewati jalan setapak Anda akan mencapai lahan terbuka dengan pemandangan puncak yang indah sebelum memasuki kembali hutan yang curam. Anda juga akan menyeberangi Sungai Batulicin (238 mdpl).

Di sini Anda akan mendengar kepakan sayap burung enggang di atas. Area berkemah atau tidur yang biasa, karena Anda tidak perlu tenda karena terlindungi oleh batu dan memerlukan waktu sekitar enam jam untuk mencapainya dari titik awal pendakian.

Tempat ini berada pada ketinggian sekitar 1.320 mdpl. Di sini terdapat beberapa tanaman cabai yang cukup tua yang tumbuh di sana, sehingga jelas tempat kemah ini telah digunakan selama bertahun-tahun.

6. Ada Ritual Sebelum Mendaki Gunung

Dari tempat perkemahan ke puncak dibutuhkan waktu 90 menit lagi untuk mencapai puncak Gunung Saran. Seperti kebiasaan di banyak gunung di Kalimantan, pemandu Dayak Anda akan ingin melakukan ritual keberuntungan untuk pendakian.

Tradisi ini terdiri dari penyembelihan ayam sebagai makanan untuk semua orang, ditambah daun siri dan pinang, yang harus Anda bayar. Mereka juga akan membuat cangkir persembahan dari pangkal batang bambu dan mengisinya dengan ayam, beras, dan satu atau dua batang rokok. Ini mungkin akan digantung di cabang pohon di perkemahan, dan mereka mungkin juga akan membawanya ke puncak. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.