Sukses

Cara Klaim Perlindungan Gratis Produk Apple, Rusak Kena Cairan sampai Dicopet

Blibli Hello Store memastikan perlindungan gratis selama 12 bulan untuk setiap produk Apple yang dibeli dengan stiker Blibli.

Liputan6.com, Jakarta - Saat menggunakan gawai, kita tentu tak ingin mengalami berbagai situasi tidak diinginkan, seperti rusak karena terkena cairan. Namun bila itu terjadi pada produk Apple berstiker Blibli, Anda bisa mendapatkam gantinya atau diperbaiki secara gratis dengan persyaratan tertentu.

Blibli Hello Store mengklaim memastikan perlindungan gratis selama 12 bulan untuk setiap produk Apple yang dibeli dengan stiker Blibli. Ini termasuk iPhone, iPad, MacBook, Watch, serta AirPods.

Perlindungan ekstra tanpa biaya tambahan ini mencakup berbagai situasi tidak terduga, seperti kerusakan akibat terkena atau masuknya cairan, serta kehilangan atau kerusakan akibat kebakaran, ledakan, kerusuhan, hingga huru-hara. Perlindungan bahkan mencakup perampokan, dengan syarat disertai surat keterangan hilang dari polisi dan bukti tindak kekerasan.

"Demi ketenangan dan kenyamanan setiap pelanggan, Blibli berkomitmen memberi lebih banyak nilai tambah bagi pecinta produk Apple. Salah satunya melalui perlindungan ekstra dan lengkap gratis selama 12 bulan yang mudah didapat hanya dengan membeli produk-produk resmi Apple terkini dengan stiker Blibli,” terang Alvin Harirahardjo, Director of Retail Operations Global Teknologi Niaga (GTNi), di Hello Store FX Sudirman, Jakarta, Selasa, 27 Agustus 2024.

Alvin menambahkan, Indonesia dikenal sebagai negara dengan pengguna ponsel paling aktif di dunia, dengan rata-rata penggunaan lebih dari enam jam per hari pada 2023. Tak heran, semakin canggih dan multifungsi suatu smartphone, semakin menarik produk itu bagi konsumen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengaktifkan Perlindungan

Mengingat gawai dan perangkat elektronik dianggap berharga, perlindungan produk semestinya jadi pertimbangan penting sebelum membeli. Maka itu, Blibli menghadirkan gratis 12 bulan perlindungan lengkap bagi pelanggan mereka.

Untuk mengaktifkan perlindungan lengkap ini cukup mudah, yakni:

  1. Pelanggan bisa memulainya dengan mengaktivasi layanan Asuransi Peralatan Elektronik dengan scan barcode di samping atau sisi kemasan, maksimal 30 hari sejak pembelian.
  2. Dalam proses ini, pelanggan hanya perlu memasukkan nomor IMEI, kemudian secara otomatis nama atau jenis barang akan muncul.
  3. Masukkan nama sesuai KTP, email, tanggal transaksi, dan bukti pembayaran untuk memastikan validitas. Pastikan memasukkan informasi untuk menghindari salah pengiriman data konfirmasi, bahkan tidak terkirim.

Mengenai garansi yang selama ini sudah diberikan Apple, menurut Alvin, hal itu adalah garansi pabrik pada perangkat yang dijualnya selama satu tahun. Sementara garansi diberikan Blibli merupakan proteksi tambahan.

"Garansi Apple bersifat manufakturing. Jadi misalnya baterai iPhone baru beberapa bulan drop banget, itu masuk dalam Apple punya garansi," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Perbedaan dengan Garansi Apple

Alvin menyambung, "Tapi (garansi) yang kami tawarkan di atas itu adalah yang tidak di-cover Apple. Kami tambahin lagi untuk memastikan perangkat iPhone, iPad, dan Mac Anda aman. Konsumen bisa memulai aktivasi asuransi maksimal 30 hari sejak pembelian."

"Bisa dilakukan saat membeli karena cuma perlu waktu beberapa menit saja, atau bisa juga di rumah setelah dibuka dan digunakan produknya," terang Alvin.

"Kalau saran kami sebaiknya saat sudah membeli langsung saja mendaftar karena biasanya kita sering mengulur-ulur karena caranya gampang jadi nanti-nanti aja deh, terus enggak terasa waktunya sudah lewat 30 hari dari pembelian, jadi enggak bisa berlaku kan sayang banget," sambungnya.

"Proses klaim bisa dilakukan lewat situs Blibli maupun gerai online dan offline Hello. Jika sudah 12 bulan habis, konsumen bisa perpanjang proteksi asuransi dengan biaya tertentu sesuai paket perlindungan yang dipilih," jelas Alvin.

4 dari 4 halaman

17 Gerai Hello Store di Indonesia

Alvin menjelaskan, "Untuk data mereka yang sudah klaim perlindungan, kita belum bisa ungkapkan data yang pasti (berapa pelanggan). Yang jelas, tidak bisa dibilang banyak, tapi ada beberapa yang klaim dan tentunya konsumen juga tidak ingin gawai mereka rusak atau hilang meski ada perlindungan. Ini hanya sebagai bentuk antisipasi saja."

Ia menambahkan, bagi yang ingin membeli produk Apple tanpa khawatir bisa berkunjung ke Hello Store yang saat ini sudah ada 17 gerai di seluruh Indonesia, mulai dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Serang, Bandung, hingga Semarang. Anda juga bisa membeli gawai tersebut di official store Apple di aplikasi Blibli dan datang ke Blibli Store terdekat maupun ritel-ritel lain untuk pilih produk Apple berstiker Blibli. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.