Sukses

Wury Ma’ruf Amin Buka Pameran Kriyanusa 2024, Pakai Baju Adat Kalimantan Timur dan Beli Jajanan Jadul

Dekranas menggelar pameran Kriyanusa 2024 dengan tema 'Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya' yang berlangsung 28 Agustus-1 September 2024 di JCC Jakarta. Pameran dibuka istri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin sekaligus Ketua Dekranas Wury Ma’ruf Amin

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menggelar pameran Kriyanusa 2024 dengan tema 'Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya' yang berlangsung 28 Agustus--1 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta. Pameran resmi dibuka istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin sekaligus Ketua Dekranas Wury Ma’ruf Amin.

Wury mengatakan tema pameran mencerminkan komitmen untuk meneruskan tradisi dan warisan leluhur kepada generasi muda. "Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan tradisi. Seni kerajinan berbagai daerah yang diwariskan tidak hanya mencerminkan keindahan dan keterampilan, tetapi juga nilai-nilai identitas bangsa," ucapnya saat membuka Kriyanusa 2024.

Ia menambahkan, Kriyanusa menjadi panggung bagi para perajin muda Indonesia untuk mempersembahkan karya-karya yang menghidupkan kembali kekayaan budaya Nusantara. "Generasi muda adalah harapan kita untuk memastikan bahwa kekayaan budaya kita tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang seiring perkembangan zaman, Dengan pembinaan yang dilakukan Dekranas pusat dan Dekranasda, kami melihat dampak positif yang signifikan bagi para perajin di seluruh Indonesia," terang Wury.

"Program kerja yang berkualitas mendorong mutu dan produk kerajinan sehingga diharapkan pameran ini memberikan peluang bagi produk-produk industri kreatif Indonesia untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional," lanjutnya.

Sementara Ketua Pameran Kriyanusa 2024 Yanti Isfandiary Airlangga atau Yanti Airlangga menyampaikan bahwa penutup kepala 'Seraung' dipilih sebagai ikon pameran yang melambangkan keindahan dan kekayaan budaya Kalimantan Timur. "Ikon Kriyanusa 2024 yaitu Seraung, dipilih sebagai simbol keindahan dan kekayaan budaya dari Kalimantan Timur," kata Yanti dalam kesempatan yang sama.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wury Kunjungi Berbagai Booth Kriyanusa 2024

Ia mengatakan, Seraung merupakan salah satu elemen budaya khas suku Dayak berwujud topi atau penutup kepala, yang memiliki arti penting dan nilai simbolis dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Dayak. Menurut dia, Seraung bukan sekadar aksesori, tetapi juga memiliki makna mendalam dan fungsi sosial yang penting bagi suku Dayak. Topi ini kerap dipakai dalam berbagai acara adat, ritual, serta perayaan keagamaan.

Usai resmi membuka pameran, Wury sempat berkeliling menyambangi beberapa gerai Kriyanusa dengan didampingi Yanti Airlangga. Wury mengenakan baju adat Dayak Kalimantan Timur dengan warna dasar hitam dan putih, dilengkapi beragam manik-manik berwarna-warni di bagian atas baju dan memakai selempang warna oranye. Ia melengkapi penampilannya dengan hijab merah muda dan mahkota kain khas Kalimantan Timur warna kiuning serta mani-manik dan bulu burung.

Wury, Yanti dan rombongan juga sempat berbincang singkat dengan beberapa penjaga booth dan bahkan sempat membeli beberapa camilan di gerai Judal Jadul yang menjual camilan dan mainan tahun 80an dan 90an. Wury terlihat memilih Gulali Spesial Kacang dan Gambang Sari setelah melihat-lihat dan bernostalgia dengan beragam mainan dan makanan di booth tersebut. 

"Dulu waktu kecil suka banget permen karet Yosan karena warna-warni,” kata Yanti Airlannga sambil memegang permen karet jadul itu.

3 dari 4 halaman

420 Booth Kriya dan 24 Stan Kuliner

Di Kriyanusa 2024, ada 420 booth kriya, di mana sekitar 30 persennya merupakan perajin muda, serta 24 stan kuliner. Pameran ini memberikan peluang bagi produk-produk industri kreatif Indonesia untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Dekranas sebagai organisasi yang memayungi perajin Indonesia selalu berupaya memberikan dukungan dan ruang bagi para perajin, khususnya generasi muda untuk berkarya dan berinovasi.

Melalui pameran tersebut, Wury berharap dapat memberikan wadah bagi para perajin muda untuk menampilkan karya-karya, saling belajar, serta menjalin hubungan yang saling menguntungkan. Selain itu, ia menekankan tentang tanggung jawab untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pameran.

Menurut dia, Pameran Kriyanusa menjadi salah satu ajang yang dinantikan setiap tahun oleh para perajin dan masyarakat luas. Untuk itu Wury menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Dekranas Pusat dan Daerah atas dedikasi serta pembinaan sehingga memberikan dampak positif kepada para perajin di seluruh Indonesia.

4 dari 4 halaman

Pameran Terakhir Pengurus Dekranas 2024

"Penting bagi kita untuk memastikan bahwa setiap edisi pameran ini membawa dampak yang lebih besar, mendorong peningkatan kualitas produk, dan memperluas pasar," katanya.

Wury Ma’ruf Amin juga mengatakan bahwa Kriyanusa 2024 merupakan pameran terakhir yang diselenggarakannya bersama anggota Dekranas lainnya di akhir masa kepengurusan masa bakti 2019-2024. Dia berharap, pameran ini nantinya akan bisa diteruskan oleh kepengurusan yang akan datang.

"Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya jika masa bakti kami masih banyak kekurangan. Sebagai pengurus yang akan datang bisa melaksanakan Kriyanusa lebih baik lagi dan mampu menjadikan Kriyanusa sebagai ikon kerajinan yg selalu dinantikan masyarakat Indonesia,” tutup Wury Ma’ruf Amin.

Acara puncak Kriyanusa 2024 akan menampilkan berbagai kekayaan budaya Kalimantan Timur, termasuk tarian dari Sanggar Seni Gubang yang menggambarkan sejarah daerah tersebut. Lalu ada Fashion Show Sarung Samarinda yang dijadwalkan menjadi acara utama. Pengunjung juga akan disuguhi pertunjukan musik daerah tingkilan yang akan memperkaya pengalaman budaya mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini