Sukses

Lift Kaca di Kelingking Beach Nusa Penida Bali Mulai Dibangun, Warganet Khawatir Potensi Overtourism

Proyek lift kaca Kelingking Beach akan memiliki ketinggian 182 meter. Lift tersebut akan disebut Glass Viewing Platform, menjadi akses wisatawan untuk langsung ke laut.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir Nusa Penida di Bali menjadi destinasi yang selalu ramai oleh wisatawan. Banyak spot berpemandangan cantik, salah satunya Kelingking Beach yang unik dengan bentuk seperti kelingking kaki manusia.

Pantainya terbilang masih bersih dan pemandangan itu sering jadi latar foto para turis, terutama bule yang mencari keindahan tersembunyi. Melihat potensinya, kawasan itu kini tengah dibangun lift kaca agar wisatawan bisa naik dan turun ke pantainya dengan mudah.

Menurut unggahan TikTok akun @anaberkelana pada 27 Juli 2014, proyek lift kaca Kelingking Beach akan memiliki ketinggian 182 meter. Lift tersebut akan disebut Glass Viewing Platform, menjadi akses wisatawan untuk langsung ke laut.

Sebelumnya untuk mencapai Kelingking Beach turis harus menuruni anak tangga yang terbilang curam dan berbahaya. Bahkan banyak yang merasa kakinya seperti mau copot saat harus menaiki kembali tangga tersebut.

Tapi proyek lift kaca tersebut ternyata tak serta-merta dianggap baik, bahkan warganet merasa akan berdampak pada overtourism. Wisatawan akan mudah turun ke pantai sehingga ada potensi pantai menjadi kotor.

"Ga bakal natural lagi," tulis warganet. "Sad banget, nggak setuju ntr makin rame makin kotor, jadi jelek pemandangannya. Mending sekarang kejaga alamnya," komentar warganet.

"Gue ke sana kemarin masih aman, naik berasa mau mati," balas warganet.

"Butek dah pantai bawah," warganet lain ikut khawatir.

"Ingat suatu saat nanti semakin banyak jalur hijau yang dijadikan bangunan rusak. Di saat itulah para turis akan mencari tempat lain yang lebih alami karena mereka ingin lihat sawah dan kelapa di tepi pantai," komentar warganet.

"Sekarang bikin lift naik turun, besok resort di bawah. Udah ketebak, kalian yang belum ke Kelingking cepat-cepat nanti keburu mahal bayarnya," seru yang lain.

"Aduh w kudu ke sini sebelum tuh jembatan (lift) jadi," balas warganet. "Tanggung jawab atas kebersihan dan keamanan harus ditanggung sama PT yang bikin itu lift," cetus warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesona Kelingking Beach di Bali

Salah satu pantai populer di Bali adalah Pantai Kelingking atau Kelingking Beach. Mengutip dari laman Wonderful Indonesia, Kelingking Beach merupakan pantai yang istimewa dengan pemandangan indah yang menakjubkan. Sekarang ini Kelingking Beach dijuluki sebagai salah satu pantai paling instagramable di dunia.

Kelingking Beach berada di pesisir barat daya Nusa Penida dengan pasir putih lembut yang terhampar di sepanjang pantainya. Selain itu pantai ini menyajikan pemandangan laut biru yang jernih yang memanjakan mata.

Pantai ini termasuk dalam pantai eksotis yang mempunyai surga tersembunyi lantaran keindahannya. Selain itu pantai ini juga berada di bawah tebing dan jalur pintu masuknya ada di atas tebing.

Destinasi wisata ini begitu populer di media sosial terutama dengan pemandangan tebing ikoniknya. Sejumlah foto yang beredar di media sosial kerap menampilkan keindahan alam Kelingking Beach dan menjadi alasan banyak wisatawan mengunjungi tempat tersebut.

Sementara, para pengunjung bisa mendatangi Pantai Kelingking menggunakan mobil atau sepeda motor. Biasanya penduduk lokal atau agen perjalanan menawarkan jasa sewa mobil atau sepeda motor di Nusa penida.

 

3 dari 4 halaman

Aktivitas di Kelingking Beach

Berikut adalah aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika mengunjungi Kelingking Beach:

1. Melihat Tebing T-Rex

Pengunjung tentunya sangat tertarik dengan Kelingking Beach karena pemandangan tebingnya yang mempesona. Salah satu spot menarik di tebing ini adalah tebing bernama T-Rex.

Nama tersebut ternyata berasal dari bentuk tebingnya yang condong ke arah laut sehingga mirip dengan T-Rex atau Tyrannosaurus Rex. Tebing tersebut biasanya ditutupi tanaman hijau yang berpadu dengan laut biru nan cantik di Kelingking Beach.

2. Diving

Wisatawan juga bisa menikmati Kelingking Beach dengan melakukan aktivitas diving atau menyelam. Pasalnya di sekitar Pantai Kelingking para pengunjung bisa melihat jernihnya air laut dengan aneka terumbu karang.

Terumbu karang tersebut juga ditinggali oleh sejumlah spesies ikan cantik sehingga menjadi spot favorit untuk melakukan aktivitas diving.

3. Menikmati pasir putih

Selain berenang para wisatawan bisa menikmati Kelingking Beach dengan menyusuri pantai yang memiliki pasir putih yang lembut. Selain itu pengunjung bisa bermain-main di atas hamparan pasir putih dan melihat betapa jernihnya air pantai tersebut.

4 dari 4 halaman

Nusa Penida Tawarkan Atraksi Budaya

Nusa Penida semakin menonjol dengan kekayaan budaya yang memikat hati. Desa Adat Dalem Setra Batununggul baru-baru ini menggelar pementasan Barong Dance di areal Pura Batununggul pada Sabtu, 29 Juni 2024, yang sukses menarik perhatian wisatawan yang tengah berlibur di Nusa Penida.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung, Ni Made Sulistiawati, saat membuka acara tersebut, menyampaikan pentingnya atraksi budaya dalam memperkaya dan memperkuat daya tarik wisata Nusa Penida.

"Atraksi seni budaya seperti Barong Dance ini memberikan warna tersendiri bagi destinasi wisata kita. Wisatawan kini tidak hanya bisa menikmati keindahan alam dan wisata bahari, tetapi juga menyaksikan kekayaan budaya yang unik dan memukau," ujarnya.

Sulistiawati menambahkan bahwa keberadaan atraksi budaya seperti ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi sektor pariwisata Nusa Penida. "Jika atraksi ini diadakan secara berkelanjutan, kita dapat melihat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, yang tentunya akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat," sambungnya.

Ia pun menegaskan bahwa pemerintah Kabupaten Klungkung akan terus mendukung kegiatan budaya seperti ini sebagai bagian dari strategi agar meningkatkan lama tinggal wisatawan di Nusa Penida.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini