Sukses

Jejak Karier Kakak Erina Gudono Nadya, Ipar Kaesang Pangarep Ikut Disorot

Kakak Erina Gudono, Nadya Sofia Gudono, sebelumnya jadi sorotan saat adiknya menikah dengan Kaesang Pangarep, karena ia dilangkapi.

Liputan6.com, Jakarta - Sorotan khalayak masih terus dihadapkan pada Erina Gudono sejak keriuhan penolakan revisi UU Pilkada. Narasinya kian berkembang, membuat nama kakak ipar Kaesang Pangarep, Nadya Gudono, ikut terseret ke tengah lampu sorot atensi publik.

Latar belakang dan jejak digital perempuan berusia 29 tahun itu pun dirangkum warganet yang penasaran. Sementara akun Instagram Nadya Gudono diatur privat, laman LinkedIn-nya masih bisa diakses. Informasi yang tertera di sana termasuk riwayat pendidikan dan jejak karier Nadya.

Menurut profil-nya, anak kedua dari empat bersaudara itu merupakan alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) yang menempuh pendidikan pada 2012--2016 dan lulus secara cum laude. Ia mulai bekerja di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebagai Assistant Manager of Commercial Banking Group pada Oktober 2017--Agustus 2018.

Setelahnya, masih di perusahaan yang sama, ia menjabat sebagai Assistant Manager of Special Asset Management Group selama dua tahun dan tiga bulan. Nadya kemudian jadi Recovery Manager pada November 2020--November 2022, dan kini menjabat sebagai First Senior Manager di bank yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Pemilik nama lengkap Nadya Sofia Gudono ini sebelumnya jadi sorotan saat Erina dinikahi Kaesang pada Desember 2022. Saat itu, ia mendoakan kelancaran pernikahan adiknya.

"Adikku, Erina yang Mbak sayangi. Mbak Nadya ikhlas lahir batin, semua itu sudah jadi suratan bahwa kamu mendapatkan jodoh terlebih dahulu. Doaku, semoga pernikahanmu yang akan dilaksanakan besok dapat berjalan lancar sesuai harapan kita bersama," urainya, rangkum kanal Showbiz Liputan6.com, 10 Desember 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Adik Erina Gudono

Sebelum Nadya, warganet sudah lebih dulu "silaturahmi" ke akun Instagram adik Erina, Shania Gudono. Mereka meninggalkan banyak komentar, terutama di unggahan terakhir Shania. Ini membuat ipar Kaesang Pangarep tersebut membatasi komentar di seluruh unggahan akun pribadinya, menurut pantauan Lifestyle Liputan6.com pada Sabtu, 24 Agustus 2024, namun kini sudah tidak demikian.

Unggahan yang dimaksud dibagikan pada Minggu, 18 Agustus 2024, memperlihatkannya ikut merayakan momen HUT ke-79 RI. Di sederet foto yang dibagikan, lulusan Universitas Gadjah Mada jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan itu terlihat memakai kebaya marun panjang penuh bordir di bagian depan.

Ia mamadankannya dengan rok batik klasik, hijab segi empat merah muda, dan pointed toe block heel berwarna krem. Tidak ketinggalan, perempuan yang kini bekerja sebagai Corporate Communications di InJourney PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), menurut laman LinkedIn-nya, tersebut menenteng tas berwarna serasi dengan kebayanya.

Tas tangan itu merupakan Saint Laurent Burgundy Croc Embossed Leather Baby Classic Sac De Jour Tote. Melansir laman The Luxury Closet, Sabtu, tas jinjing Sac De Jour dari Saint Laurent Paris ini disebut memiliki struktur yang menunjukkan kecanggihan. Tas tangan Shania Gudono dibanderol 5.196 dirham (sekitar Rp22 juta).

3 dari 4 halaman

Cuma Ikuti Akun Erina Gudono

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono termasuk aktif dan kerap mengumbar kemesraan di media sosial. Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu terlihat meratukan sang istri, membuatnya sering disebut bucin pada Erina.

Sikap bucin itu ditunjukkan Kaesang bukan hanya lewat berbagai unggahan, tapi juga jumlah following Instagram. Ia ternyata hanya mengikuti akun sang istri di Instagram. Sikap Kaesang itu berbanding terbalik dengan Erina yang mengikuti ribuan orang di platform media sosial tersebut.

Dipantau pada Kamis, 29 Agustus 2024, jumlah following Kaesang hanya satu orang, yaitu Erina. Ia bahkan tidak mengikuti balik kedua kakaknya, Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu, dan kedua kakak iparnya Bobby Nasution. Kaesang juga tidak mengikuti akun Instagram ayahnya.

Fakta Kaesang yang hanya mengikuti akun Instagram sang istri ternyata serupa dengan aktor Vino G Bastian yang melakukan hal sama. Pemain film Kang Mak from Pee Mak ini diketahui hanya mengikuti istrinya, Marsha Timothy, di Instagram.

4 dari 4 halaman

Tidak Hanya Kaesang Pangarep

Sebelum Kaesang, Gibran Rakabuming juga sempat hanya mengikuti satu akun, namun bukan di Instagram, tapi di Twitter, sekarang X. Hal itu pernah ramai dibahas pada 2021 lalu.

Awalnya, Gibran memutuskan berenti mengikuti akun Amien Rais dan beralih ke Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, putra mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). "Mas, sampeyan bisa-bisanya enggak follow anak presiden (Kak Kaesang). Ya ampun sekeluarga favoritku banget. Sehat-sehat nggih Mas, sekeluarga," cuit seorang warganet.

Gibran menyahut,  "Aku follow Mas @edhie_baskoro aja kalau gitu." Setelah ditelusuri kembali, hingga kini, ia hanya mengikuti satu akun di Twitter, yakni Ibas Yudhoyono.

Sementara itu, video diduga Kaesang dan Erina turun dari jet pribadi langsung dijemput mobil, tidak jauh dari tempat parkir pesawat, masih jadi buah bibir. Di video tersebut, keduanya terlihat turun dari pesawat jet jenis Gulfstream G650ER di Bandara Adi Soemarmo, Solo. Publik pun mempertanyakan prosedur imigrasi yang seharusnya mereka lalui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.