Sukses

Jokowi Pakai Batik Hijau di Makan Malam Indonesia-Africa Forum, Ikut Bergoyang Saat Eca Aura Tampil

Tak hanya Jokowi, Puan Maharani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga bergoyang menikmati lagu yang dibawakan oleh Elsa Japasal tersebut meski di tempat duduk mereka masing-masin

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir di acara makan malam dalam rangka pembukaan acara High Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) dan Indonesia-Africa Forum (IAS) 2024. Jokowi hadir dan menyambut para delegasi negara di Intercontinental Bali, pada Minggu, 1 September 2024.

Penyambutan disampaikan Presiden Jokowi dalam jamuan makam malam.  "Semuanya, saya ucapkan selamat datang di Bali, di Indonesia dan terima kasih atas kehadiran Anda di sini," kata Jokowi dalam pidato pembukanya seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Minggu.

Dalam momen itu Presiden Jokowi mengenakan kemeja batik model lengan panjang berwarna hijau dengan motif garis-garis, dipadu celana panjang hitam saat menyambut para kepala negara dan perwakilan negara yang hadir di Bali.Jokowi pun menyambut para kepala negara ini yang melintas di karpet merah.

Ketua DPR RI, Puan Maharani juga turut hadir di acara dinner atau makan malam pembukaan HLF MSP dan IAF 2024. Jokowi pun turut menyambut kedatangannya dengan hangat. Puan terlihat berjalan di karpet merah dengan setelan bernuansa peach serta outer brokat yang elegan. Keduanya pun terlihat berjabat tangan di momentum welcoming dinner ini.

Selain hanya sajian makanan, para hadirin juga dihibur dengan beberapa penampilan penyanyi Indonesia, seperti Yuni Shara, Raisa, Rinni, Rahmania Astrini, Isyana Sarasvati, hingga Elsa Japasal atau lebih dikenal dengan nama Eca Aura. Eca membawakan dua lagu dangdut berjudul Mendung Tanpo Udan dan Mau Di Bawa ke Mana.

Berkat kedua lagu itu, Jokowi terlihat berjoget atau bergoyang tipis-tipis, menganggukkan kepala sambil bernyanyi di tempat duduknya. Tak hanya Jokowi, Puan Maharani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga menikmati lagu yang dibawakan oleh Elsa Japasal tersebut meski di tempat duduk mereka masing-masing. Selain lagu Indonesia, beberapa penyanyi turut membawakan lagu berbahasa Inggris dan juga beberapa lagu dari negara Afrika seperti Ghana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Kenallkan Prabowo Sebagai Presiden Terpilih

Sebelumnya, Jokowi mengaku, sebuah kehormatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan konferensi tingkat tinggi dari Forum Indonesia Afrika. Tujuannya, untuk memajukan pembangunan global yang inklusif dan berkelanjutan bagi Indonesia dan Afrika.

"Indonesia tetap berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dan solidaritas dengan negara-negara di kawasan Afrika dan ini juga akan dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya," janji Jokowi, dilansir dari kanal News Liputan6.com.

Jokowi pun lalu mengenalkan Prabowo Subianto yang juga hadir di lokasi acara. Dia memastikan, Prabowo sebagai presiden terpilih akan dilantik bulan depan dan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan Republik Indonesia."Dalam kesempatan yang menggembirakan ini, izinkan saya untuk memperkenalkan presiden terpilih Indonesia, Bapak Prabowo Subianto yang akan dilantik bulan depan dan akan memimpin Indonesia ke depannya," kata Jokowi.

Prabowo yang dikenalkan Jokowi langsung berdiri dan memberi salam hormat kepada presiden dan para tamu yang hadir. "Terima kasih dan selamat menikmati jamuan makan malamnya," tandas Jokowi.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menyampaikan Indonesia-Africa Forum ke-2 akan secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo melalui upacara pembukaan yang akan digelar di Hotel Mulia Nusa Dua Bali Senin (2/9/2024).

 

3 dari 4 halaman

Kolaborasi Indonesia dengan Negara-negara Afrika

Presiden Jokowi juga dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bilateral di sela-sela forum tersebut. Adapun sejumlah pemimpin negara-negara Afrika telah tiba di Bali untuk menghadiri dua Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLF MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2, yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, pada 1-3 September 2024.

Berdasarkan siaran pers Tim Komunikasi dan Media HLF-MSP dan IAF 2024 pada Minggu 1 September 2024, disebutkan bahwa kedatangan para pemimpin tersebut menandai awal penting dari kolaborasi internasional yang semakin erat antara Indonesia dan negara-negara Afrika.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Bali adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, serta Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Heri Purwanto.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memberikan apresiasi kepada jurnalis yang telah mendedikasikan waktu dan tenaga untuk meliput High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF-MSP) dan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2.

"Acara internasional yang penting ini, diharapkan akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan dan perdamaian dunia, serta memperkuat posisi Indonesia dalam diplomasi global," ungkapnya dalam Konferensi Pers di Media Center HLF-MSP dan IAF ke-2 di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Minggu, melansir kanal Bisnis Liputan6.com.

 

4 dari 4 halaman

IAF 2024 Diliput 125 Media, Termasuk 26 Media Asing

Ada sebanyak 125 media dari dalam dan luar negeri telah terdaftar untuk meliput HLF-MSP dan IAF 2024, dengan jumlah total jurnalis mencapai 486 orang. "Kehadiran jurnalis dari berbagai belahan dunia ini menunjukkan betapa besar perhatian global terhadap forum yang diadakan di Indonesia,” ungkapnya.

Rinciannya 125 media terdiri dari 83 media nasional, 26 media asing, 7 official media, 7 media kementerian dan 2 media host.  "Berdasarkan jumlah individu total 393 orang jurnalis Indonesia, 41 orang jurnalis asing, dan 52 orang dari humas kementerian dan lembaga. Jadi ada 486 orang jurnalis peliput,” tuturnya.

Menteri Budi Arie pun menekankan komitmen untuk menyediakan fasilitas terbaik bagi para jurnalis dalam penyelenggaraan HLF-MSP dan IAF ke-2. Menurutnya, media center tidak sekadar tempat bekerja, namun wujud komitmen bersama dalam menyukseskan acara ini.

"Kami ingin memastikan bahwa rekan-rekan jurnalis dapat menjalankan tugasnya dengan optimal, sehingga informasi mengenai HLF-MSP dan IAF ke-2 dapat tersebar luas ke seluruh penjuru dunia," tandasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.