Sukses

Kakak Erina Gudono Beli Smoothie Rp200 Ribuan yang Hits di AS, Apa Sih Istimewanya?

Smoothie viral itu tampak dipegang Nadya Gudono saat adiknya, Erina Gudono, tengah belanja kebutuhan bayi di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Sementara Erina Gudono dan Kaesang Pangarep belum memperbarui unggahan media sosial mereka, warganet terus mengulik sederet potret terakhir yang dibagikan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu saat berada di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Keduanya berada di sana karena Erina terjadwal mengikuti orientasi S2 Master of Science di Fakultas Social Policy and Practice (SP2) di University of Pennsylvania (UPenn).

Tidak hanya pasangan yang menikah pada Desember 2022 tersebut, kakak Erina, Nadya Gudono, diduga juga berada di sana. Ia terpotret kamera Erina ketika Puteri Indonesia DIY 2022 itu memperlihatkan momen belanja stroller untuk calon buah hatinya.

Bergaya membentuk "V" dengan kedua jarinya, Nadya terlihat menenteng minuman yang tidak asing. Itu merupakan seri smoothie viral dari Erewhon, toko bahan makanan organik, lokal, dan berkelanjutan di kampung halaman Hollywood.

Seri minuman tersebut, dengan coconut cloud smoothie yang memulai tren, sudah jadi perhatian sejak 2022. Reputasinya terus meningkat karena diminum bintang-bintang A-list, seperti Olivia Rodrigo dan Hailey Bieber, kendati harganya acap kali dikritik "terlalu mahal." Jadi, apa sih istimewanya smoothie Erewhon?

Menurut GQ, dikutip Senin (2/9/2024), editor Majalah Mold Isabel Ling menulis tahun lalu, "Sebagian besar daya tarik (Erewhon) terletak pada kemampuan memfasilitasi koneksi di antara para klien. Idenya (tidak berbeda dengan gagasan makrobiotik), jika Anda adalah apa yang Anda makan, dan kita berdua makan selai kacang almond panggang organik dari stoples kaca, kita pasti memiliki kesamaan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keistimewaan Smoothie Erehwon

Penggunaan bahan-bahan organik telah jadi keistimewaan yang tonjolkan seri smoothie Erehwon, menurut ABC News. Satu resep minuman ini umumnya terdiri dari berbagai macam bahan yang dipercaya baik untuk kesehatan, mulai dari buah-buahan, seperti pisang, sampai bubuk cokelat maupun bubuk protein.

Di resep original cloud smoothie, misalnya, minuman viral ini diklaim mengandung kolagen dan spirulina. Kolagen membantu merawat kesehatan sendi dan kulit, sedangkan spirulina membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan energi.

Perpaduan bahan-bahannya membuat smoothie itu memiliki tekstur cenderung lembut, namun "tetap enak." Karena harganya yang tidak bisa dikatakan murah, yakni berkisar antara 8--19 dolar AS (sekitar Rp124 ribu--Rp295 ribu), banyak orang membagikan "resep rumahan" smoothie Erehwon di media sosial, seperti TikTok.

Di foto Erina, smoothie hits tersebut dijepret bersama stroller mahal. Kereta bayi itu disebut sama dengan milik anak Syahrini yang baru saja lahir. Stroller didominasi warna cokelat itu merupakan rilisan Mima seri Xari.

3 dari 4 halaman

Stoller sampai Makanan di LA

Melansir situs web merek AS tersebut, Kamis, 22 Agustus 2024, produk stroller ini dijelaskan sebagai kereta dorong yang unik, elegan, dan ringkas yang menawarkan pengendaraan yang nyaman dan akomodatif bagi orangtua dan bayi. "Berkat sistem 'carrycot inside' yang dipatenkan, unit kursi berubah jadi carrycot dan sebaliknya hanya dalam 15 detik, sebuah bukti desain inovatifnya,” sebut brand tersebut. Barang ini dibanderol 1.349 dolar AS (sekitar Rp21 juta).

Selain itu, Erina tampak menggoda Kaesang terkait harga makanan di Los Angeles, AS. Salah satunya saat putra bungsu Presiden Jokowi itu tampak memakan hot dog di Grand Central Market. "Mas Kaesang, 'Mahal banget roti Rp400 ribu,'" tulis Erina mengutip ucapan suaminya.

Konten serupa kembali dibagikan saat mereka makan di kawasan elit Beverly Hills. Kali ini, Kaeang digoda karena berkomentar soal terlu dadar dibanderol Rp500 ribu. "Telurnya dari ayam royal blood mungkin," ungkap Erina meniru perkataan suaminya.

4 dari 4 halaman

Kemungkinan Erina Gudono Melahirkan di AS

Publik juga sebelumnya membahas kemungkinan Erina Gudono melahirkan di AS, mengingat kehamilan istri Kaesang Pangarep sudah memasuki trimester ketiga. "Eh, bentar. Pertanyaan serius," kata salah satu pengguna X, dulunya Twitter.

"US tu negara jus soli kan, ya? Hamil besar terus menetap di US buat sekolah (minimal durasi satu tahun), lalu melahirkan di sana, status kewarganegaraan anaknya gimana? Apakah otomatis bisa jadi warga US?" ia mempertanyakan. Memangnya apa itu jus soli?

Melansir Britannica, Jumat, 23 Agustus 2024, dalam teori hukum, jus soli merupakan aturan yang menyatakan bahwa kewarganegaraan diperoleh sejak kelahiran di wilayah negara tertentu, terlepas dari kewarganegaraan orangtua. Berasal dari hukum umum Inggris, jus soli berfungsi sebagai dasar kewarganegaraan di hampir setiap negara Barat dan sebagai dasar Amandemen Keempat Belas Konstitusi Amerika Serikat.

Layanan Pendapatan Internal AS (IRS) menjelaskan di situs webnya bahwa Amandemen XIV, Bagian 1, Klausul 1 Konstitusi AS mengamanatkan bahwa semua orang yang lahir di AS adalah warga negara AS. Badan itu mengatakan, kewarganegaraan ini berlaku tanpa memandang status pajak atau imigrasi orangtua anak yang lahir di AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.