Sukses

7 Cara Merawat Kacamata Biar Tetap Berfungsi Optimal dan Berumur Panjang

Mengetahui cara merawat kacamata yang baik meningkatkan kualitas penglihatan dan membuat kacamata berumur Panjang.

Liputan6.com, Jakarta Kacamata jadi alat bantu penglihatan yang sangat penting bagi mereka yang memiliki masalah mata minus, plus, hingga silinder. Tak hanya hanya memperbaiki penglihatan, kacamata juga melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet dan debu.

Selain memakai kacamata yang tepat, mengetahui cara merawat kacamata yang benar juga sangat penting untuk memastikan kacamata berfungsi secara optimal dan memperpanjang umur kacamata. Kacamata yang kotor tidak hanya terlihat dan terasa tidak enak, tetapi minyak dan kotoran dapat berbahaya bagi lensa, frame, dan bahkan mungkin bagi kulit kamu.

Perawatan kacamata yang tepat juga bisa menghemat pengeluaran. Pasalnya harga frame dan lensa kacamata sekarang semakin kompetitif, bukan barang yang tergolong murah. Apalagi kalau pilihan kacamata kamu merek brand-brand global, so pasti akan lebih harganya bisa lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa cara merawat kacamata biar berfungsi optimal dan berumur panjang.

1. Simpan Kacamata dengan Aman

Cara merawat kacamata pertama adalah simpan kacamata di dalam kotak bawaan atau yang sesuai ukuran saat tidak digunakan. Hal ini akan melindungi kacamata dari debu dan goresan yang tidak diinginkan. Segera ubah kebiasaan bila kamu seringkali meletakkan kacamata di luar kotak dalam waktu yang lama.

2. Hindari Menempatkan Kacamata di Kepala

Siapa nih yang punya kebiasaan meletakkan kacamata di kepala? Segera hindari, karena ini dapat merusak kacamata atau lensanya, selain itu juga berisiko kacamata mudah tergelincir dan jatuh. Cara terbaik adalah menggunakan tali penyangga jika kamu perlu sering melepas kacamata.

3. Pakai Kain Microfiber

Perawatan kacamata yang baik berkaitan erat dengan jenis kain yang dipakai untuk membersihkan lensa. Kain microfiber tergolong aman untuk membersihkan lensa kacamata, dapat membantu menghilangkan debu, noda, dan sidik jari yang mungkin menempel pada lensa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Hindari Bahan yang Kasar

Jangan pernah membersihkan kacamata dengan bahan yang kasar seperti tisu biasa atau kain kasar. Hal ini dapat menimbulkan goresan pada lensa. Jadi, selalu gunakan kain microfiber atau kain khusus kacamata.

5. Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Selain kain khusus, gunakan juga cairan pembersih khusus kacamata. Cairan ini dirancang untuk membersihkan lensa tanpa merusak lapisan anti-reflektif atau lapisan lensa. Semprotkan cairan ini pada lensa lalu seka dengan kain microfiber.

6. Bersihkan Lapisan Anti-Reflektif dengan lembut

Jika kacamata memiliki lapisan anti-reflektif, berhati-hatilah saat membersihkannya. Gunakan cairan pembersih yang direkomendasikan dan seka dengan lembut.

7. Rutin Memeriksa dan Menyesuaikan Kacamata

Pastikan untuk memeriksa dan menyesuaikan kacamata secara rutin sesuai dengan kebutuhan. Jika terasa longgar atau terlalu ketat, bawalah kacamata ke ahlinya atau toko kacamata supaya bisa  disesuaikan dengan benar. Saat memeriksa kacamata, periksa juga kesehatan mata secara rutin untuk mengetahui tingkat minus maupun plusnya apakah berkurang atau malah bertambah, minimal cek setiap 6 bulan sekali.

Setelah tujuh cara merawat kacamata di atas sudah kamu lakukan, pastikan juga untuk melakukan perawatan rutin dengan membersihkan kacamata setiap hari. Supaya kacamata tetap terlihat mengkilap dan membantu kamu melihat dunia dengan jelas.

So, merawat kacamata adalah langkah sederhana yang dapat membantu penglihatan tetap optimal, membuat kacamata jadi lebih awet, terlihat kinclong dan bergaya. Dengan perawatan yang baik, kacamata jadi selalu siap menemani aktivitas sehari-hari. Rawatlah kacamata dan jangan lupa untuk teruslah tampil percaya diri.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.