Sukses

Sambut Kunjungan Paus Fransiskus, Pos Indonesia Luncurkan Prangko Edisi Terbatas

Terbitan Prangko Paus Fransiskus edisi terbatas bisa didapatkan di kantor pos terdekat atau dibeli secara online.

Liputan6.com, Jakarta - Paus Fransiskus kembali datang ke Indonesia untuk menggelar misa akbar. Ia tiba di Jakarta pada Selasa (3/92024). Memperingati kunjungan itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Pos Indonesia menerbitkan prangko edisi terbatas.

Prangko ini dijelaskan berdesain unik penuh makna kebersamaan dan perdamaian. "Dapatkan prangko ini di kantor pos terdekat atau online di Filateli.co.id mulai September 2024," tulis akun Instagram Pos Indonesia pada Selasa (3/9/2024).

Di unggahan tersebut, Pos Indonesia memperkenalkan sosok Paus yang memiliki nama lahir Jorge Mario Bergoglio. Ia lahir di Buenos Aires, Argentina, 17 Desember 1936. Sosoknya dikenal karena pendekatannya yang sederhana.

Paus juga fokus pada isu-isu sosial dan kemanusiaan. Maka itu, rangkaian prangko ini mengusung tema, "Iman, Persaudaraan, dan Belas Kasih." Diketahui ini merupakan kunjungan ketiga Pemimpin Gereja Katolik Dunia ke Indonesia.

Pemimpin sebelumnya, yaitu Paus Paulus ke-6 berkunjung ke Indonesia pada 1970 dan Paus Yohanes Paulus ke-2 pada 1989, yang juga diperingati dengan perilisan prangko. Tak hanya di Indonesia, prangko ini bisa dikirim ke luar negeri, mengingat pembelian bisa dilakukan secara daring.

Unggahan soal prangko Paus Fransiskus edisi khusus menuai beragam reaksi warganet. Banyak yang bertanya soal cara membeli prangko tersebut.

"Min, udah beli EMaterai tp pembubuhan gagal trs kenapa yaa?" tulis seorang warganet. "ga bisa register min," tanya yang lain. "Belinya bagaimana prosedurnya?" tanya warganet lagi. "Kenapa stock not available??? Trus belinya kemana?" tulis yang lain. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Paus Fransiskus Pakai Pesawat Komersial Alitalia

Sementara itu, meski merupakan pemimpin gereja katolik dunia, Paus Fransiskus berangkat menggunakan pesawat komersial dari maskapai Alitalia, yang kini dikelola ITA Airways. Pesawat ini disewa secara khusus oleh Paus dan rombongan.

Penerbangan ITA AZ 330 yang membawa Paus menuju Jakarta take off di Bandara Internasional Leonardo Da Vinci, Fiumicino, Senin, 2 September 2024. Rombongan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta hari ini, Selasa (3/9/2024).

Alitalia telah menerbangkan Paus dengan pesawat kepausan menggunakan nomor penerbangan AZ4000, atau lebih dikenal sebagai Shepherd One. Meski lalu lintasnya meningkat sepanjang sejarah karena Italia merupakan tujuan wisata dan rekreasi populer di Eropa, maskapai penerbangan ini tetap berjuang dengan profitabilitas.

Alitalia adalah maskapai dengan sejarah panjang. Melansir Business Insider, Selasa, perjalanan Alitalia sebagai sebuah merek dimulai pada 1946, satu tahun setelah Perang Dunia II berakhir. Penerbangannya pertama kali beroperasi pada 1947 di Italia dan dengan cepat berkembang ke negara-negara Eropa lain, bahkan membuka rute antarbenua ke Amerika Selatan.

3 dari 4 halaman

Mengulik Maskapai Penerbangan Alitalia

Nama lengkap maskapai penerbangan itu adalah Italian International Airlines, usaha patungan antara Inggris Raya melalui British European Airways, pendahulu British Airways, dan pemerintah Italia. Sesuai namanya, Alitalia menerbangkan pesawat pertamanya dengan pesawat Italia yang diproduksi produsen kedirgantaraan yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi, termasuk Fiat dan Savoia-Marchetti.

Setelah bergabung dengan maskapai penerbangan Italia lain, yang dinamai Linee Aeree Italiane, pada 1957, Alitalia - Linee Aeree Italiane jadi maskapai penerbangan utama Italia. Berbekal armada 37 pesawat, termasuk Douglas DC-6 bermesin empat dan Corvair 340, maskapai penerbangan ini menduduki peringkat ke-12 di dunia untuk maskapai internasional.

Italia dan negara-negara Eropa lain berangsur pulih pascaperang, dan 1960-an jadi dekade yang krusial bagi negara tersebut dan maskapai penerbangannya karena Olimpiade Musim Panas 1960 diadakan di Roma. Tahun itu, Alitalia mengangkut lebih dari satu juta penumpang, memperkenalkan jet ke armadanya, dan pindah ke rumah baru di Bandara Fiumicino Roma. 

4 dari 4 halaman

Jokowi Ucapkan Selamat Datang

Mengutip kanal News Liputan6.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut Paus Fransiskus yang akan berada di Indonesia sampai Jumat, 6 September 2024. Jokowi mengatakan, masyarakat Indonesia menyambut hangat kedatangan Kepala Negara Vatikan itu.

"Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat dan terima kasih atas kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke Indonesia. Selamat datang Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Jokowi mengatakan, kunjungan Paus ke Indonesia sangat bersejarah. "Kunjungan ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah. Sudah direncanakan beberapa tahun lalu, tapi tertunda karena pandemi COVID," ujarnya.

Paus akan melakukan sejumlah kegiatan selama berkunjung ke Indonesia. Di antaranya, Paus akan bertemu Jokowi di Istana Merdeka pada Rabu, 4 September 2024, serta menggelar Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada Kamis, 5 September 2024.

"Indonesia-Vatikan memiliki komitmen yang sama, memupuk perdamaian dan persaudaraan, serta menjamin kesejahteraan bagi umat manusia," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.