Sukses

Sosok Mantan Istri Bung Karno, Dewi Sukarno yang Lebih Pilih Lelaki Kaya Walau Jelek

Menurut Dewi Sukarno, cinta memang perlu, tapi jika harus memilih, uang jauh lebih penting untuk membangun rumah tangga

Liputan6.com, Jakarta - Istri presiden pertama Indonesia, Sukarno, Ratna Sari Dewi atau lebih dikenal dengan nama Dewi Sukarno masih banyak menarik perhatian di usianya yang sudah 84 tahun. Seperti baru-baru ini, Dewi menyampaikan pandangannya soal mana yang lebih penting antara uang atau cinta dalam pernikahan, jika harus memilih salah satunya.

Sebelum memberi jawaban, Dewi lebih dulu bertanya pada sejumlah perempuan muda, mana yang akan mereka pilih, mencintai lelaki berpenghasilan kecil, atau pria yang tidak dicintai namun punya gaji besar. Hal itu dilontarkan Dewi dalam sebuah acara di Nippon TV bertajuk "The Adventures of Ah Q”.

"Jika ada pria yang sangat Anda cintai, tetapi penghasilan tahunannya misalnya hanya 2 juta yen. Dan ada pria lain yang tidak Anda cintai, tapi penghasilan tahunannya 20 miliar yen. Anda pilih yang mana?” tanya Dewi Sukarno kepada para perempuan muda di hadapannya, dilihat dari akun Instagram @fyifact, Minggu, 1 September 2024.

Para perempuan muda itu kompak memilih pria yang dicintai. Mereka berpandangan, meski berpenghasilan sedikit, cinta bisa menghadirkan kebahagiaan, daripada harus hidup bersama pria yang tidak dicintai. Tanggapan Dewi terhadap jawaban itu ternyata cukup mengejutkan. "Bodoh kalian semua,” ucap pemilik nama asli Naoko Nemoto itu sambil tertawa

Ia kemudian menjelaskan, cinta memang perlu, tapi jika harus memilih, uang jauh lebih penting untuk membangun rumah tangga. "Sebesar apa pun rasa cinta, ketika melihat kehidupan orang lain lebih baik, melihat rumah orang lebih bagus, melihat baju orang lebih mahal, secara perlahan rasa cinta akan menghilang,” terangya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Dukung Pendapat Dewi Sukarno

Salah satu dari perempuan muda kemudian bertanya, apa gunanya banyak uang tapi pernikahan tidak dilandasi rasa cinta. Dewi menjelaskan lagi, meski awalnya tidak ada cinta, uang yang banyak lebih bisa menjamin kehidupan. Dalam sudut pandang perempuan, jika seorang pria mampu memenuhi segala kebutuhannya, maka cinta perlahan tumbuh.

"Walaupun tidak ada rasa cinta, ada rasa hormat dan rasa percaya. Dari situ lah perlahan-lahan rasa cinta tumbuh,” pungkas wanita kelahiran Tokyo, 6 Februari 1940 ini. Unggahan itu mendapat beragam komentar dari warganet. Banyak yang sependapat dengan Dewi tapi ada juga yang salah fokus (salfok) dengan penampilan Dewi Sukarno yang tetap awet muda dan cantik di usia 84 tahun.

"Jawaban perempuan di bawah 25 cinta, Jawaban wanita di atas 25 pasti uang .. krn tertampar realita cinta pun hilang.. percayalah kawan 😂"komemtar seorang warganet.

"Realistis 🔥🔥👏👏 makan aja butuh uang,, cinta doang laper ya laper lama2 kurang gizi🤣🤣," sahut warganet lain.

"Diucapkan oleh ISTRI KESEKIAN dari presiden. Sama halnya kalimat ini akan diucapkan mayangsari, jedun, dll. Jadi sdh tau kan kualitas kalian yg setuju?" ujar warganet yang lain.

"Ya ampun usia segitu, anggunnya gak luntur ❤️ duit gak boong," timpal warganet lainnya mengomentari penampilan Dewi. 

 

3 dari 4 halaman

Dewi Sukarno Kunjungi Jakarta

Naoko Nemoto diketahui menikah dengan Sukarno pada Maret 1962. Setelah menikah dengan sang proklamator, wanita asal Jepang itu diberi nama Indonesia, Ratna Sari Dewi tapi kemudian lebih dikenal sebagai Dewi Sukarno.  Setelah Sukarno meninggal dunia pada 1970, Dewi diketahui tidak menikah lagi sampai saat ini.,

Dari pernikahannya dengan Sukarno, ia dikaruniai satu orang putribernama Kartika Sari Dewi Soekarno yang lahir pada 11 Maret 1967 di Tokyo, Jepang. Kartika kemudian menikah dengan pria asal Prancis, Frits Frederik Seegers dan memiliki satu orang anak laki-laki bernama Frederik Kiran Soekarno Seegers.

Belum lama ini Dewi diketahui berada di Indonesia setelah mengunggah potret tengah bercengkrama dengan sejumlah orang dan makan malam di sebuah restoran yang menyajikan makanan China di Plaza Indonesia. Menurut akun @dewisukarnoofficial, pada Ranu, 26 Juli 2024, Dewi Sukarno menyebut dirinya menginap di hotel bintang lima The Grand Hyatt. Ia ditemani oleh seorang entrepreneur bernama Go Mugino, Herman dan Eva Iskandar, Lilla Karsay Duta Besar Hungaria untuk Indonesia, Mika Tanaka dan Mitsushige Mugino. 

 

 

4 dari 4 halaman

Dewi Sukarno Rayakan Ultah di Bali

Saat itu, di sela-sela kunjungannya ke Indonesia ia juga menyempatkan diri mengunjungi Pameran Tetap Arsip Statis Presiden Sukarno yang dibangun Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Gedung ANRI, jalan Gajah Mada nomor 111, Jakarta Barat.

Sebelumnya, pada 2021 lalu ia merayakan ulang tahun yang ke-81 di Bali pada Sabtu, 6 Februari 2021. Momen tersebut dibagikan melalui akun Instagram pribadinya. Dalam unggahan itu, terlihat Dewi Sukarno duduk di kursi dan tersenyum manis ke arah kamera. Ia tampil dalam balutan dress panjang berlengan pendek yang berwarna putih.

Rambut sebahu Dewi Sukarno dibiarkan tergerai indah dan sedikit pulasan makeup. Dewi juga mengenakan ragam aksesori, mulai dari anting-anting, cincin, hingga gelang tangan. Di hadapannya, terdapat wadah bulat dengan kue ulang tahun di tengahnya. Di sisi terluar, kue tersebut juga dikelilingi oleh bunga-bunga penuh warna dan tampak pula lilin yang masih menyala.

Dewi merayakan ulang tahunnya yang ke-81 di Bali bersama anaknya, Karina Kartika Soekarno dan cucunya, Frederik Kiran Soekarno Seeger. Putri dan cucunya berada di belakang Dewi saat berfoto bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.