Sukses

Turis Sering Parkir Sembarangan, Warga Lokal Spanyol Protes dengan Memblokir Zebra Cross

Di Spanyol barat, penduduk desa O Hío memblokir zebra cross untuk memprotes overtourism yang melanda ke desa mereka karena para turis parkir sembarangan dan membuat kekacauan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sekali lagi, overtourism membuat penduduk lokal naik pitam. Kemarahan akibat turis yang membludak bahkan membuat penduduk desa O Hío di Spanyol Barat memblokir zebra cross.

Mengutip laman Euro News, Rabu (4/9/2024), sayangnya aksi yang berlangsung selama 37 menit malah menyebabkan lalu lintas macet total. Hal ini memperburuk masalah yang sebenarnya ingin mereka soroti.

Mercedes Villar, seorang penduduk setempat, mengatakan kepada surat kabar La Voz de Galicia bahwa masalah lalu lintas telah meningkat tiga kali lipat tahun ini. "Ini adalah longsoran mobil yang tidak hanya mencemari tetapi juga memengaruhi kehidupan setiap orang karena mereka parkir di mana pun mereka mau. Kami juga punya hak untuk hidup," ujarnya.

Penduduk desa pesisir kecil tersebut menegaskan bahwa mereka tidak menentang pariwisata. Tetapi mereka ingin pihak berwenang menemukan solusi yang saling menguntungkan agar penduduk dan pengunjung dapat hidup berdampingan dengan bahagia.

Warga lokalmengeluhkan bahwa jalan masuk rumah mereka sering diblokir, kecelakaan lalu lintas semakin sering terjadi, dan garis kuning untuk mengatur parkir diabaikan. "Protes itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan membunyikan alarm," kata seorang penduduk desa lainnya kepada La Voz.

"Kami ingin orang-orang bersikap sopan dan pengertian, dan jika mereka melihat tidak ada tempat parkir, mereka harus pergi, seperti yang harus kita lakukan di kota mana pun," pintanya lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turis yang Parkir Sembarangan Menimbulkan Bahaya

Villar, yang merupakan juru bicara asosiasi penduduk, menambahkan bahwa meskipun penduduk setempat cenderung memarkir mobil mereka dengan benar. Tetapi turis yang tidak melakukannya menciptakan situasi yang tidak aman dan berbahaya.

Warga desa menyampaikan kekhawatiran bahwa situasi tersebut menyebabkan masalah akses bagi kendaraan darurat. Mereka mengutip warga sampai perlu dijemput dengan ambulans tetapi mendapati pintu keluar dari rumah mereka terhalang atau transportasi mereka tertunda karena banyaknya kendaraan di jalan.

Berbicara kepada La Voz, Villar menambahkan bahwa lalu lintas yang padat telah menyebabkan perilaku tidak sopan, termasuk pengunjung yang mengotori jalan dan area parkir. Ia juga mengatakan bahwa lalu lintas yang terlalu padat telah menyebabkan kerusakan pada beberapa jalan.

"Kami menginginkan pariwisata yang tertib dan sopan yang menghargai lingkungan. Ini adalah surga, tetapi surga juga bisa hancur," katanya lagi. 

Seperti banyak orang Spanyol yang memprotes pariwisata yang berlebihan, Villar percaya bahwa semakin populernya daerah setempat ada hubungannya dengan dampak media sosial. "Ini dijual sebagai tempat yang indah tanpa orang, tetapi sekarang itu tidak benar," jelasnya, seraya menambahkan bahwa penduduk cenderung menghindari pantai selama musim turis karena terlalu ramai.

3 dari 4 halaman

Warga Diajak Berunding dengan Pemerintah Setempat

Dia berharap protes di zebra cross akan mengungkap betapa jengkelnya penduduk setempat dengan situasi tersebut. Tampak berhasil, sebagai tanggapan dewan setempat telah mengundang penduduk setempat yang tidak puas ke sebuah pertemuan untuk membahas keluhan mereka pada akhir September.

Dari Cantabria di utara hingga Málaga di selatan, semakin banyak orang Spanyol yang menuntut pemerintah untuk mengubah wajah pariwisata massal, yang menurut mereka sudah tidak terkendali. Mereka mengatakan dampaknya berdampak negatif pada harga dan sewa properti serta standar hidup penduduk.

Sementara itu, banyak wilayah lainnya di Spanyol yang mengalami overtourism. Barcelona, salah satunya hingga membuat aturan pajak bagi wisatawan.

Diketahui sejak 2012, kota ini telah memberlakukan berbagai biaya tambahan selain pajak turis di seluruh wilayahnya. Mengutip laman Euronews, Selasa, 2 Juli 2024, pada 2022 pemerintah kota mengumumkan rencana untuk menaikkan pajak kota selama dua tahun ke depan. 

Kebijakan ini bertujuan untuk mengatur jumlah wisatawan yang datang dan memastikan bahwa infrastruktur kota dapat menampung lonjakan pengunjung. Disebutkan bahwa biaya tambahan kota bervariasi tergantung pada jenis akomodasi pengunjung dan hanya dikenakan pada penginapan wisata resmi. 

4 dari 4 halaman

Barcelona Atasi Overtourism dengan Pajak

Pada April tahun ini, pajak kota naik dari 2,75 Euro (sekitar Rp55 ribu) menjadi 3,25 Euro (sekitar Rp60 ribu). Kenaikan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mengelola dampak pariwisata terhadap kota.

Pada Oktober 2024, Barcelona memberlakukan kenaikan pajak turis hingga 4 Euro (sekitar Rp70 ribu) per orang. Ini berarti pengunjung harus membayar pajak turis regional dan pajak kota.

Pajak regional bervariasi tergantung pada jenis akomodasi tempat pengunjung menginap. Untuk hotel bintang empat, biayanya 1,70 Euro (sekitar Rp30 ribu), sementara untuk akomodasi sewa seperti Airbnb, biayanya 2,25 Euro (sekitar Rp38 ribu). Untuk hotel bintang lima dan mewah, biayanya mencapai 3,50 Euro (sekitar Rp68 ribu). 

Disebutkan bahwa penumpang kapal pesiar yang menghabiskan waktu kurang dari 12 jam di kota akan diharuskan membayar 3 Euro (sekitar Rp52 ribu) ke wilayah tersebut. Sementara, mereka yang menghabiskan lebih dari 12 jam membayar 2 Euro (sekitar Rp35 ribu).

Pajak kota terpisah, yang berlaku untuk masa menginap maksimal tujuh malam, terus meningkat. Sekarang ini, pajak kota ditetapkan sebesar 3,25 Euro (setara Rp60 ribu) per malam untuk sebagian besar pengunjung dan 4 Euro (setara Rp70 ribu) untuk mereka yang tinggal di apartemen sewaan atau singgah dengan kapal pesiar kurang dari 12 jam.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.