Sukses

Saat 13 Executive Chef Keroyokan Garap 250 Menu Berbahan Utama Makanan Laut di Archipelago Food Festival ke-34

Sebagian bahan makanan yang digunakan di festival kuliner Archipelago Food Festival ke-34 itu didapat dari tambak lokal, seperti udang dan oyster.

Liputan6.com, Jakarta - Apa jadinya jika 13 executive chef dari beragam hotel yang bernaung di bawah Archipelago International saling adu keterampilan? Hasilnya adalah Archipelago Food Festival: Pamanukan Culinary Feast yang sukses digelar pada Jumat, 30 Agustus 2024, di Favehotel Pamanukan.

Acara yang juga dikenal sebagai Archipelago Food Festival ke-34 itu mengangkat tema Ocean Odyssey Sea Fest - A Celebration of Seafood Delights. Sesuai namanya, ke-13 executive chef keroyokan menyajikan 250 hidangan istimewa yang mayoritas berbahan makanan laut, di antaranya Japanese octopus salad, sashimi, tenggiri pan seared, swordfish, prawn scampi with butter chives sauce, pan seared lobster, dan lainnya. 

Mereka menyajikan beberapa menu yang bahannya berasal dari tambak lokal, seperti oyster dan udang. Para chef juga menyediakan berbagai pilihan hidangan dari bahan daging ayam, daging sapi, dan daging kambing. Untuk hidangan penutup, tersedia pilihan pastry terbaik seperti Watermelon Granita, Fave Sunset, dan Lemongrass Tart.

Ke-13 executive chef yang terlibat dalam festival kuliner itu terdiri dari Santoso Windoe - Corporate Executive Chef; Risman Sukmawan- Corporate Pastry Chef; Riswan Pramudia- favehotel Pamanukan; Sukma Nuryadinata - Grand Aston Puncak Hotel & Resort; Faiz Firmansyah Ma’ruf- Aston Cilegon Boutique Hotel; Ujang Rahmat - favehotel Hypersquare; Febrian Sjarif - Aston Pasteur; Moh Nurus - favehotel Karawang; Sigit Hendrawan - Harper Cikarang; Ari Gusti  - favehotel Gatot Subroto; Riyan Syaban Pamungkas - Aston Pasteur Bandung; Husni Thamrin - Aston Imperial Bekasi Hotel & Conference Center; dan Bayu Sidiq Tresna - Grand Aston Puncak Hotel & Resort.

"Archipelago Food Festival diselenggarakan sebagai wadah para pecinta kuliner. Kali ini kami mengangkat menu olahan laut yang ada banyak sekali variannya. Ini juga sebagai bukti makanan produk lokal juga bisa diolah dengan cita rasa international," kata Chef Windoe dalam rilis yang diterima tim Lifestyle Liputan6.com, Selasa, 3 September 2024.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cita Rasa Pesisir Laut Jawa

Archipelago Food Festival menargetkan warga di Pantura Jawa Barat, terutama dari Subang, Indramayu, dan Pamanukan. Lewat acara tersebut, pihak hotel ingin memberikan kesan dan pengalaman menarik yang jarang digelar.

"Festival makanan ini merayakan cita rasa otentik dari pesisir pantai, khususnya di Pamanukan. Kami turut mengundang para tamu untuk merasakan semangat para chef dalam mengubah hasil tangkapan laut lokal yang segar menjadi hidangan yang luar biasa," ucap Winston Hanes, Vice President Operations Archipelago International.

Selama acara berlangsung, para tamu menikmati suasana yang penuh hiburan, dengan pertunjukan magician night dari Rudy Sulap dan penampilan modern dance dari UBC Dance Cirebon. Acara ini ditutup dengan serangkaian kembang api dan berhasil menarik perhatian banyak pengunjung serta memberikan pengalaman kuliner yang unik dan memuaskan.

"Kami sangat bangga dapat kembali dipercaya menyelenggarakan acara Archipelago Food Festival pada tahun ini. Ini merupakan salah satu komitmen kami kepada seluruh pelanggan setia favehotel Pamanukan untuk terus memberikan pengalaman kuliner yang tidak terlupakan, yaitu dengan terus menyelenggarakan acara festival kuliner setidaknya dua kali dalam satu tahun," ujar General Manager favehotel Pamanukan Bintang Adhipradipta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini