Sukses

Brand Kosmetik L'Occitane Minta Maaf Usai Pegawainya Sebarkan Foto Pribadi Mingyu SEVENTEEN

L'Occitane meminta maaf pada Mingyu SEVENTEEN yang jadi brand ambassador mereka untuk kawasan Asia akibat insiden penyebaran foto pribadi oleh pegawai mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Brand kosmetik mewah asal Prancis, L'Occitane, dipaksa meminta maaf gara-gara ulah seorang pegawainya. Staf yang tidak diungkap identitasnya itu mengunggah sederet foto pribadi Mingyu SEVENTEE ke akun media sosial pribadi.

Beberapa foto bahkan mengekspos tubuh Mingyu. Diketahui, foto-foto itu diambil di sela sesi pemotretan untuk kepentingan kampanye brand tersebut dengan Mingyu sebagai dutanya. 

"Mingyu, yang mengambil sebagian besar album fotoku…Aku tidak bisa menghapusnya karena aku gugup, tapi kurasa aku harus mulai mengaturnya sekarang," tulis si pengunggah, dikutip dari Koreaboo, Rabu (4/9/2024).

Tindakan pengunggah itu memicu kemarahan para penggemar karena dianggap telah menginvasi privasi sang idol Kpop. Fans pun menyebarkan tagar yang menuntut perlindungan lebih untuk idola mereka.

Menyusul desakan tersebut, pihak brand kosmetik akhirnya merilis pernyataan dalam Bahasa Korea dan Bahasa Inggris secara resmi lewat akun media sosial mereka, Selasa, 3 September 2024.

"Ini L'Occitane Korea. Kami secara tulus meminta maaf atas insiden baru-baru ini yang melibatkan penyebaran foto-foto kampanye L’Occitane Asia Ambassador tanpa izin, yang didistribusikan secara tidak patut di akun media sosial pribadi salah satu karyawan kami. Kami mengakui bahwa tidak ada alasan untuk pelanggaran ini dan sepenuhnya menerima tanggung jawab atas apa yang terjadi," demikian bunyi pernyataan mereka.

"Kami menangani masalah ini dengan sangat serius, dan kami sangat menyesalkan penderitaan yang dialami artis (Mingyu SEVENTEEN) dan semua penggemar. Kami menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya kepada mereka," sambung mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nasib Pegawai yang Sebarkan Foto Mingyu SEVENTEEN

Pihak L'Occitane juga menindak tegas pegawai yang melanggar. "Karyawan yang terlibat telah diberhentikan sepenuhnya dari semua tugasnya, dan tindakan disipliner langsung (suspensi) telah diberlakukan," sambung mereka.

Untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang, pihaknya akan menerapkan program pelatihan menyeluruh dan berkala bagi seluruh karyawan. Program itu, sambung pernyataan tersebut, akan menekankan pentingnya menghormati hak cipta, hak potret, hak publisitas, dan privasi duta merek mereka.

"Kami akan memastikan bahwa setiap karyawan benar-benar memahami dan mematuhi prinsip-prinsip ini, dan kami akan menjalani proses ini dengan rasa tanggung jawab yang kuat. Kami sangat menyesali kejadian tersebut dan menerima tanggung jawab penuh. Sekali lagi, kami dengan tulus meminta maaf kepada artis dan semua penggemar," pungkas pernyataan tersebut.

Warganet pun merespons insiden itu lewat beragam komentar. Salah satunya menilai tindakan yang dilakukan pegawai itu sebagai bentuk pelecehan seksual terhadap Mingyu. Ada pula yang membandingkan respons penggemar yang berbeda bila insiden serupa dialami idol wanita.

"Beberapa orang berpikir, apa yang salah dengan ini? Tapi setelah menyuruh mereka memikirkan hal ini terjadi pada idola wanita, mereka menutup mulut," tulisnya.

3 dari 4 halaman

Bintangi Iklan Calvin Klein

Sebelumnya, Mingyu juga tampil dalam kampanye bersama brand fesyen ternama Calvin Klein. Melansir dari media sosial resmi Calvin Klein, Mingyu terlihat menggunakan kaus monogram ikonik di jalanan Paris yang ramai. Foto tersebut diunggah pada Senin, 24 Juni 2024, dan mendapatkan banyak sorotan dari publik.

"Tiga penampilan, semuanya siap untuk dicintai. @min9yu_k menata Monogram Tee untuk jalanan Paris. Denim berwarna putih, lapisan parit, dan jahitan tipis. Kamu termasuk yang mana?" tulis @calvinklein.

Calvin Klein juga mengunggah video kampanye baru di kanal YouTube resminya yang memperlihatkan Mingyu berjalan-jalan mengenakan kaus tersebut dan bergaya di jalanan Paris. Videonya sudah disaksikan oleh lebih dari 4 ribu pengguna dan dipenuhi komentar para warganet yang memuji penampilannya.

Mingyu SEVENTEEN dipilih jadi salah satu model Calvin Klein sejak awal tahun 2024. Pria berusia 27 tahun ini juga pernah menjadi perwakilan untuk sejumlah brand mewah lainnya seperti Dior. Ia juga sering menjadi model untuk brand mewah dan terkenal dengan pesona tampan dan tubuh yang ideal.

4 dari 4 halaman

Profil Mingyu SEVENTEEN

Mengutip kanal Regional Liputan6.com, Mingyu mempunyai nama lengkap Kim Mingyu dan lahir pada 6 April 1997 di Anyang-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan. Dalam grup SEVENTEEN, ia memiliki posisi sebagai lead rapper dan face of the group.

Pria berusia 27 tahun ini memiliki badan yang ideal karena mempunyai tinggi 186 cm dengan berat 76 kg. Mingyu diketahui punya satu adik perempuan yang disebut-sebut tahun ini berusia 23 tahun.

Mingyu pernah menempuh pendidikan di Burim Middle School dan Seoul Broadcasting High School. Ia juga berkuliah di Dong-A Broadcasting Arts University dengan jurusan Broadcasting Entertainment Departement KPop.

Mingyu memulai kariernya masuk dalam dunia hiburan dengan mengikuti audisi salah satu agensi Korea. Ia bahkan dipilih oleh Pledis Entertainment ketik masih duduk di kelas 2 sekolah menengah.

Sejak bergabung dengan agensi tersebut, Mingyu berlatih sebagai trainee selama empat tahun dan berhasil debut bersama SEVENTEEN yang terdiri dari 13 personel dan masuk dalam unit hip-hop. Bersama grup tersebut, Mingyu memulai debutnya pada 26 Mei 2015 dengan mini album bertajuk "17 Carat" di bawah naungan Pledis Entertainment. Pada 25 Mei 2020, agensinya bergabung bersama HYBE.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini