Sukses

Rumah Hantu di Jatim Park 3 Kebakaran, Wahana Lain Dipastikan Masih Beroperasi

Apa dugaan penyebab kebakaran di Rumah Hantu di Jatim Park 3?

Liputan6.com, Jakarta - Wahana rumah hantu di area The Legend Stars Park di Jatim Park 3 di Kota Batu, Jawa Timur, kebakaran pada Selasa sore, 3 September 2024. Dilaporkan bahwa tak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa tersebut, bahkan wahana lain di taman bermain tersebut masih beroperasi. 

"Kebakaran terjadi kemarin sore, tapi loket tiket masih buka, masih ada yang reservasi dan pengunjung masih berdatangan," sebut Titik Ariyanto, Manager Marketing Jatim Park Group, melalui sambungan telepon pada Lifestyle Liputan6.com, Rabu (4/9/2024). 

Menurut Titik, kebakaran tersebut diduga terjadi akibat percikan listrik. Saat insiden, tidak ada pengunjung maupun pegawai Jatim Park 3 di dalamnya. "Tidak ada pengunjung, tapi tiba-tiba api naik (membesar)," jelasnya. 

Area terdampak kebakaran tercatat seluas 200 meter persegi. Kebakaran langsung dapat ditangani, dengan api padam dalam waktu 20 menit oleh petugas pemadam kebakaran setempat. 

Lokasi kebakaran disebut sudah dicek pihak kepolisian, dan manajemen Jatim Park 3 masih menunggu hasilnya. Menurut Titik, rumah hantu tersebut berada di area taman bermain bertema Jepang yang juga memiliki cafe dan restoran.

Terkait kerugian akibat insiden masih dikalkulasi, namun Titik menyebut, angkanya sekitar ratusan juta rupiah. Beruntungnya, pengunjung Jatim Park sedang tidak ramai saat kejadian, karena menurut Titik, bulan-bulan ini termasuk low season.

"Ini pelajaran buat kami juga kenapa terjadi kejadiannya cukup cepat karena di dalam (rumah hantu) dekorasinya terbuat dari sterofoam," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hanya Zona Negara Jepang dan Hollywood yang Tutup Sementara

Menilik laman Instagram resmi Jatim Park 3 @jawatimurparktiga, disebutkan bahwa hanya zona negara Jepang dan Hollywood saja yang ditutup pasca-kebakaran. Sementara The Legend Star Park, ajang Dino Night Run, dan Tanoshii No Omatsuri tetap beroperasi sesuai jadwal. 

"Hai JTP gengs, The Legend Stars Park besok tetap buka seperti biasa ya pukul 11.00-20.00 wib, untuk area colosseum, Jepang, dan Hollywood sementara ditutup," tulis akun resmi taman hiburan tersebut pada Selasa, 3 September 2024. 

Salah satu atraksi lain yang tetap bisa disaksikan pengunjung adalah Dino Park. Di theme park ini, pengunjung disambut beberapa jenis replika dinosaurus yang bisa bergerak.

Mengutip Fimela.com, di bagian tengah, fosil-fosil dinosaurus buatan yang berukuran 1:1 dipajang begitu megah dengan serangkaian informasi yang menambah pengetahuan pengunjung. Misalnya, ada peta penyebaran dinosaurus di masa lampau sampai jenis-jenis makanan yang dikonsumsi dinosaurus.

Tak cuma bisa berkeliling dengan berjalan kaki, Anda dapat menjajal naik kereta menuju Zona Lima Zaman. Di bagian ini, pengunjungi diajak melihat perubahan makhluk hidup yang menghuni Bumi dari zaman ke zaman. 

3 dari 4 halaman

Menjelajahi Mitos Dinosaurus

Area Dino Park lain memungkinkan pengunjung menjelajahi kisah-kisah mitos tentang dinosaurus. Di area ini, mereka bisa melihat bagaimana dinosaurus dikisahkan membantu transportasi para pedagang zaman dulu.

Jangan lupa berfoto ya, karena di area ini Instagrammable banget. Selain itu, Anda bisa menikmati pertunjukan belly dancer di sore hari. Dino Park sudah beroperasi sejak akhir November 2017 yang lalu.

Pada 2021, setidaknya ada enam titik lokasi banjir bandang di Kota Batu, Jawa Timur. Kanal News Liputan6.com melaporkan, keenamnya adalah Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji; Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu; Dusun Beru, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji; Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji; Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Batu; dan Dusun Gemulo, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji.

Terkait kondisi ini, Titik saat itu mengatakan, layanan wisata Jatim Park tetap buka seperti biasa. "Sesuai jam operasional masing-masing destinasi wisata," katanya melalui pesan pada Lifestyle Liputan6.com, Sabtu, 6 November 2021.

4 dari 4 halaman

Sempat Terdampak Gempa

Di tahun yang sama, gempa yang mengguncang Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu siang, 10 April 2021, dimutkahirkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) jadi 6,1. MelansirAntara, pusat gempa berada di laut dengan jarak 96 kilometer arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, dengan kedalaman 80 kilometer.

Akibat gempa yang dilaporkan terasa hingga Bali ini, patung king kong di objek wisata Batu Secret Zoo, Jawa Timur (Jatim) Park 2, Batu, Malang Raya rusak, seperti dilaporkan kanal News Liputan6.com.

Dalam sebuah foto, tampak bagian kepala patung tersebut tidak lagi berbentuk, menyisakan susunan kerangka yang terekspos. Pada tampilan primanya, patung king kong di dekat wahana spinning snail coaster ini terlihat menyeringai, sementara tangan kanannya dibentuk seolah sedang memegang sesuatu.

Berada di bawahnya adalah bangunan beraksen serupa batu lempung dengan tulisan ikonis "Batu Secret Zoo." Ya, selain punya koleksi ragam satwa, destinasi wisata populer ini juga menyediakan berbagai fasilitas lain, termasuk taman air yang juga berlokasi tak jauh dari patung king kong itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.