Sukses

Raisa Andriana Rilis Parfum, Kasih Bocoran Proses Risetnya

Ternyata tak berhenti pada produk lipstik maupuan perona pipi, penyanyi Raisa Andriana mengembangkan lebih jauh Raine Beauty dengan merilis parfum.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pesohor yang mendirikan brand kosmetik sendiri, salah satunya Raisa Andriana. Raine Beauty, jenama tersebut mengusung kosmetik yang lebih ramah lingkungan dan bahkan Raisa sampai pergi ke Paris untuk ikut conference demi mempelajari bisnis kecantikan.

Ternyata tak berhenti pada produk lipstik maupuan perona pipi, Raisa berencana mengembangkan lebih jauh dengan merilis parfum. "Slide sampai habis kalau mau dapet spill dari aku," tulisnya di keterangan foto di akun TikTok @raisa6690 di pada 2 September 2024.

Raisa kemudian berbagi soal riset yang dilakukannya untuk brand Raine Beauty. Menggunakan Artificial Intelegent (AI), istri Hamish Daud tersebut mengungkap bahwa hal pertama yang ia lakukan adalah meriset pasar.

Di aplikasi Gemini, Raisa menulis, "Aku mau launching parfume buat brand Raine Beauty nih dan aku perlu riset supaya produknya tepat sasaran. Tolong dong kasih data tentang audience macam apa yang antusias dengan parfum lokal dan rata-rata parfum yang laku di Indonesia."

Lalu ia pun mendapat jawaban dari aplikasi AI Gemini, disebutkan bahwa target pasar parfum lokal adalah anak muda yang berminat tentang kecantikan. Gemini juga memberi tahu soal harga parfum yang laku di Indonesia, harus terjangkau berkisar Rp50.000-Rp200.000 tapi untuk kelas menengag mulai Rp200.000-Rp500.000.

Pelantun tembang "Teristimewa" itu juga membocorkan riset soal target marketnya yang harus spesifik. Untuk produknya, Gemini memberi tahu bahwa rata-rata untuk konsumen terbesar parfum di Indonesia adalah usia 18-35 tahun dan untuk kelas menengah rata-rata usianya 26 tahun. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Raisa Riset dengan AI

Hal ketiga yang Raisa cari adalah apa yang disukai oleh konsumen. Dari jawaban yang diberikan Gemini, kebanyakan anak muda selera parfumenya adalah modern dan minimalis, memiliki kemasan unik, estetik dan Instagramable agar bisa diunggah di media sosial.

Lalu Gemini memberi contoh kemasannya dengan botol transparan berwarna pastel, bisa dibuat dengan kemasan daur ulang, serta desain yang terinspirasi alam atau seni. Ketiga insight yaitu seputar target market, kisaran umur audiens yang spesifik, hingga apa yang bakal disukai adalah poin dari bagian riset Raisa untuk merilis parfumnya.

Informasi seputar parfum yang akan dirilis Raisa sudah diunggah oleh akun resmi Raine Beauty. Disebutkan bahwa Raine Beauty Eau de Parfum tersedia dalam 3 aroma yang dapat digunakan dari siang hingga malam, untuk acara apa pun, dan untuk setiap suasana hati.

Varian pertama adalah Closer Still yang menggunakan wewangian floral dari bunga mawar. Kemudian yang kedua adalah varian She Blooms yang wanginya segar, dan ketiga yaitu About Her dengan aroma manis nan misterius. Meski sudah terungkap varian wewangiannya, namun Raisa di media sosial pribadinya menyebut perilisan baru akan dilakukan pada Senin (9/9/2024).

 

3 dari 4 halaman

Raisa ke Paris Ikut Konferensi Kosmetik Global

Raisa mengungkap kesibukannya selain menjadi seorang penyanyi. Ibu satu anak ini mengunjungi Paris untuk mengikuti konferensi kosmetik global.

Dalam video berjudul "A Day in My Life, Paris Edition", Raisa mengungkap ingin belajar lebih jauh tentang kosmetik. "Ikut conference-conference gitu, ada yang tentang sustainability, terus new tren, inovation, di bidang beauty industry," katanya dalam konten yang diunggah di akun TikTok pribadinya @raisa6690, pada 14 Mei 2024.

"Justru karena nggak ngerti harus belajar," katanya lagi sebelum menuju tempat pameran bertajuk In-Cosmetics Global yang berlangsung pada 16--18 April 2024 lalu.

Tampaknya Raisa pergi ketika cuaca Paris pasca-musim salju yang masih terbilang dingin di bulan April. Dalam percakapan di video, ia mengatakan kunjungannya saat itu sangat seru. Hampir semua booth yang ada memperlihatkan teknologi terbaru kecantikan dengan mengedepankan aspek ramah lingkungan.

"So hi-tech, di sini kayak isinya bapak-bapak yang bener-bener businessman," kata pelantun tembang "Teristimewa" itu sambil melihat-lihat pameran.

4 dari 4 halaman

Dapat Ide Segar

Ia juga bertemu dengan Gilar Tilaar dari Group Martha Tilaar yang sudah eksis puluhan tahun di bidang kosmetik dan kecantikan. Ia mengatakan hadir di acara tersebut sebagai juri dan disebutkan bahwa di pameran tersebut, semua suplier bahan-bahan kosmetik berkumpul di Paris untuk memperlihatkan teknologinya.

"Ini gede banget (acaranya), ribuan makeup dan skincare yang kita bisa coba," sambung Raisa. 

Raisa tak hanya mencoba skincare dan kosmetik, tapi ia juga mengikuti seminar. Salah satu topiknya terkait marketing yang menarik minatnya. Selain itu, istri Hamish Daud itu mendatangi hall khusus memamerkan produk parfum.

Kehadirannya di ajang tersebut, menurut Raisa, telah memberinya ide. Ia bahkan mengaku sudah memiliki jadwal bertemu supplier saat makan malam. Pelantun Could It Be itu menggeluti bisnis kecantikan dengan mendirikan brand dengan nama Raine Beauty pada 2022.

Jenama tersebut telah meluncurkan produk makeup yang terdiri dari berbagai jenis, seperti lip balm, lip oil, hingga complexion. Ia juga mengklaim Raine Beauty mengutamakan penerapan konsep ramah lingkungan dalam proses produksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini