Sukses

Viral Pria Turki Rela Datang ke Maluku Utara Demi Nikahi Kekasihnya, Banjir Pujian Warganet

Ada beberapa video yang merekam detik-detik kedatangan pria Turki tersebut hingga acara ijab kabul di Maluku Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini viral pria asal Turki datang jauh-jauh menyeberangi pulau demi menemui gadis pujaannya di Maluku Utara. Tak hanya menemui sang gadis, pria Turki tersebut langsung mengikat janji suci pernikahan.

Mereka menikah dan melangsungkan ijab kabul. Momen kedatangan pria Turki yang diketahui bernama Mehmet Ozan atau Ahmed ini dbagikan di akun Twitter atau X @kegblgnunfaedh. Ada beberapa unggaahan video yang merekam detik-detik kedatangan pria tersebut hingga acara ijab kabul.

"Mungkin ini yang disebut cinta sejati ya, sejauh apa pun akan didatangi, lautan pun akan disebrangi,” tulis akun tersebut pada 2 September 2024. Dalam video terlihat kedatangan Ahmed disambut antusias warga sekampung. Mereka bahkan ikut berbahagia. Di samping Ahmed terlihat pujaan hatinya yakni Salmiati, gadis asal Desa Wolio, Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Keduanya ternyata sudah menjalin hubungan selama dua tahun lewat media sosial. Setelah cukup lama berinteraksi lewat medsos, Ahmed akhirnya datang menjemput Salmiati dan menikahinya. Salah satu alasan Ahmed menyukai Wa Uta adalah karena penampilannya alami tanpa riasan berlebihan.

Sebelumnya, pria Turki itu menunjukkan niatnya untuk serius meminang Sakmiati atau biasa disapa Wa Uta di hadapan keluarganya. Niatan Ahmed untuk melamar sang kekasih diterima dengan antusias oleh keluarga kekasihnya.

"Jarak bukanlah halangan bagi ahmed untuk mencari cinta sejatinya. Pasalnya baru tiba sehari di taliabu, pihak keluar wanita lansung mengajarkan cara mengucapkan ijab kabul menggunakan bahasa Indonesia,” tulis keterangan unggahan tersebut.

Setelah ini, rencananya Ahmed akan membawa Salmiati ke Turki. Mereka akan menjalani kehidupan rumah tangga di negara tersebut. Salmiati diketahui berprofesi sebagai pegawai di Puskesmas Tabona. Dengan rencana kepindahannya ke Turki, Salmiati kemungkinan besar akan meninggalkan pekerjaannya itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Putuskan Menilkah dan Ucapkan Ijab Kabul

Tak hanya di X, kisah cinta keduanya juga viral usai diunggah akun Facebook @Mohri Umaaya.  "Saling berkomunikasi jarak jauh kurang lebih selama dua tahun, membuat gadis Desa, Salmiati deg-degan menjemput Ahmed di Bandara Syukran Amiruddin Amir, Luwuk Sulawesi Tengah,” tulis akun tersebut.

Momen saat Ahmed datang ke kampung halaman Salmiati juga dibagiikan di akun Instagram @infoternate.  "Inilah sosok Mehmet Ozcan, pengantin pria asal Turki yang menikahi gadis dari pelosok Indonesia. Mehmet rela terbang dari Turki untuk menemui kekasihnya yang bernama Salmiati/Wa Uta (nama Buton),” tulis keterangan unggahan pada 2 September 2024 itu.

"Pengantin wanita itu berasal dari Desa Wolio, Kecamatan Tabona, Pulau Taliabu Maluku Utara. Meskipun masih terbata-bata dalam pengucapan ijab kabul, Saksi disekitar telah mengucapkan Sah atas pernikahan tersebut,” sambungnya. Unggahan itu pun ramai mendapat komentar dari warganet yang sebagian besar memberi pujian dan ucapan selamat.

"Alhamdulillah, semoga menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah," komentar seorang warganet.

3 dari 4 halaman

Bikin Iri Wanita di Maluku Utara

"Inilah cinta,selamat semoga samawa, inilah cinta tanpa skincare<,” sahut warganet lain.

"Dari wa uta dan suaminya kita bisa belajar. Kalo Cinta ini bukan di lihat dari kecantikan. Melainkan hati... wa uta jago. Semoga bahagia selalu.,” tutur warganet yang lain.

"Wa uta membuat iri kaum wanita Maluku Utara😂,” kata warganet lainnya.

"Semoga cepat punya momongan harus lebih dari 3 Krn turky TDK boleh KB 😂,” ujar warganet lainnya.

Tak hanya Salmiati, sudag banyak beredar kisah-kisah orang Indonesia yang menikah dengan Warga Negara Asing (WNA), baik pria maupun wanita. Salah satu cerita datang dari seorang pria Kanada yang menikah dengan wanita Indonesia. Videonya sempat viral setelah ia mengungkapkan alasannya menikahi orang Asia.

Dalam potongan video tersebut, pria bernama Paul Dobson itu menyatakan wanita terbaik di dunia adalah wanita dari Asia. Menurutnya, jika seseorang ingin berhemat, menikahlah dengan wanita Indonesia. Alasannya, wanita Indonesia dinilai dapat merawat dan memedulikan suami dengan baik.

Berbeda dengan suaminya, istrinya yang seorang vlogger bernama Nikmatul Rosidah berpendapat bahwa tidak semua wanita Asia, termasuk Indonesia, bisa berhemat dan mengurus dirinya sediri dengan benar, semua tergantung dengan setiap orang tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Awetnya Pernikahan Wanita Indonesia dengan Pria Kanada

Wanita yang biasa disapa Bu Nik ini juga berpesan bahwa kita harus menikah dengan orang yang tepat. Pasangan yang diketahui sering membagikan cerita kehidupannya di media sosial ini menuai banyak pujian. Tidak sedikit juga yang setuju dengan apa yang dikatakan Bu Nik.

"Suami mbak Nik bilang semua wanita Indonesia, tp mbak Nik bilang gak semua....menurutku mbak Nik bener sih, pak Paul aja yg mujur dapat mbak Nik, wanita jawa kan udh terkenal nerimo nya, ky aku," kata seorang warganet.

Nik dikenal luas sebagai Youtuber sejak beberapa tahun lalu, saat masih tinggal di Hong Kong bersama suami dan anak-anaknya. Berasal dari desa kecil dekat Surabaya, Jawa Timur, ia tak pernah terbayang ada orang di jalanan Hong Kong meminta foto bersama dengannya.

Popularitas ini direngkuh setelah kanal YouTube-nya, yang sekarang sudah punya 2 juta subscribers, memproduksi video-video paling populer di wilayah administratif khusus Tiongkok tersebut.  Video-video di channel Rosidah didominasi tutorial memasak, yang tak sedikit merupakan kuliner Indonesia, dan elemen kehidupan bersama keluarga. Itu membuat Rosidah sekeluarga sangat populer, bahkan beberapa orang telah berkunjung tanpa diminta ke rumah mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini