Sukses

Sebelum Meninggal Dunia, Puput Novel Berjuang Melawan Kanker Payudara Sejak 2021

Hal itu dibenarkan oleh adik dari mendiang Puput Novel yaitu Baginda, iIa mengatakan kakaknya mengidap kanker payudara sejak 2021 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Artis sekaligus politisi, Puput Novel dikabarkan meninggal dunia pada Minggu, 8 September 2024 pukul 18.24 WIB di RS MMC, Kuningan, Jakarta Selatan. Beredar kabar kalau wanita berusia 50 tahun itu terkena penyakit kanker. Hal itu dibenarkan oleh adik dari mendiang Puput Novel yaitu Baginda, iIa mengatakan kakaknya mengidap kanker payudara sejak 2021 lalu.

"Beliau berjuang menghadapi kanker payudaranya, memang akhirnya seperti itu," ungkapnya saat ditemui di rumah duka, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu malam, dikutip dari kapanlagi.com. "Beliau sudah berjuang menghadapi penyakitnya kurang lebih dari 2021, kami sudah mencoba sebaik mungkin berobat tapi memang nasib berkata lain," sambung Baginda.

Sejak mengetahui mengidap kanker payudara, mantan artis cilik ini sudah mencoba mengobati penyakitnya. "Sudah tiga tahun perawatannya, kita ambil tindakan medis," terang Baginda. Sayangnya, kondisi Puput belakangan menurun hingga akhirnya pihak keluarga memutuskan untuk melarikannya ke rumah sakit, terlebih, penyakit yang diderita sudah mengalami komplikasi.

"Jadi gini ada komplikasi di jantung dan paru-parunya/ Terakhir pun kondisi sudah menurun, sudah menurun banget," kata Baginda.Pihak keluarga mengaku sudah ikhlas dengan kepergian Puput. Mereka sudah berusaha semaksimal mungkin untuk kesembuhan orang yang mereka sayang, walau takdir berkata lain.

"Emang sudah waktunya kakak saya untuk berpulang," pungkasnya. Sementara itu, Alblen Fabe yang merupakan sepupu Puput Novel tak mau banyak berkomentar soal sakit yang diderita almarhumah.

"Sebenarnya Allah memberikan kelebihan itu bukan hanya kekayaan atau kepintaran tapi penyakit pun itu adalah kelebihan," ucapnya.

""adi di sini saya tidak mau mengklasifikasikan atau mempublikasikan apa penyakitnya yang pasti Puput diberikan kelebihan sama Allah dan Allah sayang sama dia. Yang pasti sakit, iya dia ada sakit," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Puput Novel Kemungkinan Dimakamkan di Jakarta

Alblen mengatakan kalau memang saat berkomunikasi dengan mendiang Puput, kondisinya terlihat sudah sedikit menurun. Bahkan, Puput sudah tak lagi mengenali dirinya.  "Saya kan di Australia, terakhir bertemu mungkin tahun ini saya pulang umrah dua hari lalu saya masih video call ya kondisinya sudah, bisa dibilang sudah kurang sehat, bahkan mungkin sudah gak sadar kalau saya yang video call," terangnya.

Alblen menduga kondisi itu terjadi lantaran pekerjaan mendiang Puput yang padat. Namun Alblen tak mau menduga-duga lebih jauh. "Dan kondisinya semakin lama semakin drop mungkin kecapekan karena dia banyak kegiatan atau apa saya kurang paham tapi yang pasti dia sangat dekat sekali dengan saya," sambungnya.

Alblen sendiri mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak keluarga soal pemakaman yang rencananya bakal dilaksanakan pada hari ini, Senin (9/9/2024). Namun ia tak tahu tempat pastinya, karenamasih didiskusikan pihak keluarga.

"Kemungkinan dimakaminnya di Jakarta, sebetulnya keluarga besar kami di Sukabumi tapi kemungkinan pemakamannya di Jakarta," tutupnya.

Puput Novel merupakan artis kelahir Jakarta, 31 Agustus 1974 yang mulai meniti karier di dunia musik sejak kecil. Puput Novel sempat dikenal sebagai penyanyi cilik era 1970an hingga 80an.

3 dari 4 halaman

Kiprah Puput Sebagai Penyanyi, Aktris dan Model Iklan

Pada era 1990an, nama Puput Novel dikenal luas sebagai penyanyi dan kerap tampil di televisi. Ia juga terjun sebagai aktris serta presenter. Melansir kanal Showbiz Liputan6.com dan berbagai sumber, pemilik nama asli Putri Zizi Novianti ini telah merilis 36 album rekaman sepanjang kiprahnya di dunia musik Tanah Air. Selama itu juga Puput menyabut berbagai penghargaan.

Selain itu, Puput juga bermain di beberapa film dan sinetron salah satunya sinetron striping yang ditayangkan di Indosiar yaitu Keluargaku Sorgaku di mana ia berperan sebagai Sarah. Beberapa iklan pun telah dibintanginya, terakhir iklan sampo dan iklan obat maag bersama Deddy Mizwar. 

Empat buah Golden Record telah diraihnya dengan kriteria penjualan album terbanyak dan album terbaik pada saat itu. Puput juga pernah mengeluarkan beberapa album religi dan album religi kompilasi bersama artis-artis lainnya seperti: Dwiki Dharmawan, Novia Kolopaking, Ita Purnamasari, Deny Malik, Betharia Sonata, Yani Libels dan lain-lain.

Puput tercatat sebagai mahasiswa UKI Angkatan 1994 jurusan Sastra Inggris dan pada 2012 melanjutkan S2 di Universitas Indonesia jurusan Sospol. Selain itu, Puput juga aktif dalam beberapa organisasi dan kemudian terjun ke dunia politik. Sejak itu, Puput mulai menepi dari dunia hiburan.

4 dari 4 halaman

Kiprah Puput di Dunia Politik

Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum KPPG (Kesatuan Perempuan Partai Golkar), aktif di MKGR, dan menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP Golkar pada 2020. Selain itu, Puput menjadi Sekretaris Jenderal PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia) dari tahun 2017 hingga 2023.

Puput bergabung dengan Partai Golkar pada 2000 dan kemudian pindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan kemudian Partai Amanat Nasioanl (PAN) pada 2023. Dalam Pemilihan Legislatif terbaru, Puput mencalonkan diri sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dari Daerah Pemilihan Jakarta 8.

Meskipun memperoleh 2.867 suara, ia gagal terpilih untuk periode 2024-2029. Setelah sempat vakum selama beberapa tahun, pada 2014 lalu Puput sempat muncul kembali ke dunia tarik suara dengan mengeluarkan album rekaman yang bertemakan religi dengan format band yang diberi nama TopGan Band.

Grup dengan empat personel itu terdiri dari empat personel yaitu, Puput (vokalis), Agi (gitaris), Reza (bassis) dan Barkah (drummer). Namun setellah itu kiprahnya di dunia hiburan tidak terdengar lagi dan kembali lebih fokus di dunia politik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini