Sukses

Pos Bloc Jakarta Kebakaran, Umumkan Tutup Sementara

Kejadian kebakaran di Pos Bloc Jakarta tak menimbulkan korban jiwa, tapi taksiran kerugian mencapai Rp2 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Pos Bloc Pasar Baru, Jakarta Pusat mengalami kebakaran pada Selasa dini hari (10/9/2024), tepatnya pukul 00.50 WIB. Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal, mengatakan, kebakaran ruang kreatif publik di Jalan Pos, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat tersebut diduga akibat korsleting listrik.

"Kebakaran diduga dipicu korsleting listrik dari salah satu kedai kopi di area Pos Bloc. Segera kami kerahkan petugas untuk melakukan penanganan. Total kami kerahkan sebanyak 14 unit mobil pemadam dengan kekuatan sebanyak 56 personel," kata Asril, mengutip Antara, Selasa. 

Asril menyebut, pihaknya menerima informasi kejadian kebakaran pada Selasa sekitar 00.43 WIB. Informasi tersebut berasal dari laporan warga yang datang ke pos pemadam kebakaran di Pasar Baru.

Pengerahan awal melibatkan sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Pos Pasar Baru dan Masjid Istiqlal. Begitu mobil damkar sampai di lokasi sekitar pukul 00.50 WIB, kondisi api sudah membesar.

Usai tiba di lokasi, petugas segera melakukan proses pemadaman untuk mengatasi kobaran api. Usai penanganan selama lebih dari 30 menit, api baru bisa dipadamkan dan proses pemadaman memasuki tahap pendinginan sekitar pukul 01.33 WIB.

"Kejadian (kebakaran di Pos Bloc) tidak sampai mengakibatkan korban jiwa maupun luka berat. Area yang terbakar mencapai sekitar seribu meter persegi dengan taksiran kerugian sekitar Rp2 miliar," kata Asril.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Pemadaman Api

Sementara itu, perwira piket hari ini, Selasa (10/9/2024), Mulandono, menjelaskan kejadian kebakaran diketahui berasal dari salah satu bangunan kedai kopi di Pos Bloc atau tepatnya di area dapur kedai. Api tersebut diketahui petugas keamanan berawal dari korsleting listrik di ruangan.

Petugas di lokasi berupaya melakukan penanganan dini menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) dan menghubungi petugas Gulkarmat. Namun, api terus membesar hingga menghanguskan Masjid Al Abror yang terletak tepat bersebelahan dengan bangunan Gedung Pos Bloc.

"Hingga pagi ini (Selasa), petugas kami masih disiagakan dan melakukan penyiraman mengantisipasi penyalaan kembali. Saat ini, tinggal pembongkaran di langit-langit untuk peredam panas karena susah kalau sudah kebakaran, harus dipotong, kita targetkan pukul 09.00 WIB selesai," kata Mulandono.

Sementara itu, PT Pos Indonesia menegaskan layanan operasional pengiriman tidak terganggu imbas kebakaran di belakang area Pos Bloc. "Operasional kiriman tidak terganggu karena terpisah dari gedung processing," ungkap Corporate Secretary dan ESG PT Pos Indonesia Tata Sugiarta saat dihubungi Antara, Selasa pagi.

3 dari 4 halaman

Pos Bloc Jakarta Tutup Sementara

Di Instagram Story-nya, Selasa, Pos Bloc mengumumkan penutupan sementara operasional mereka. "Sehubungan dengan perbaikan di beberapa area Pos Bloc, maka untuk sementara, Pos Bloc Jakarta ditutup sementara untuk kunjungan publik," tulis pihaknya.

"Kegiatan nobar yang sebelumnya dijadwalkan pada Selasa, 10 September 2024, pukul 17.00 WIB dibatalkan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan terima kasih atas pengertiannya," tandas Pos Bloc.

Pos Bloc dijelaskan menempati gedung bekas Kantor Pos zaman Hindia Belanda. Tepatnya berada di Jalan Pos No. 2, Pasar Baru. Tempat nongkrong itu berlokasi cukup strategis. Bagi pengguna kendaraan umum, bisa dicapai dengan menumpang TransJakarta dan turun di shelter Juanda. 

Pada Kamis, 4 November 2021, Liputan6.com mengunjungi Pos Bloc Jakarta yang diresmikan 10 Oktober 2021. Di gedung seluas 7.000 meter persegi tersebut, baru 2.400 meter persegi yang ditempati. Dari pintu masuk bagian depan, pengunjung dapat melihat berbagai kios yang menjajakan produk lokal, antara lain Sovlo yang menjual tas ber desain unik dan CMMN yang menjual sepatu lokal. 

4 dari 4 halaman

Punya Area Kuliner

Di area tengah gedung (Great Hall) terdapat tribun yang jadi area dudu-duduk. Pada bagian bawah tribun, terdapat photobox. Banyak spot di ruang tengah yang bisa jadi latar berswafoto karena menonjolkan keindahan gedung untuk tempat berswafoto karena keindahan gedung aslinya.

Jangan khawatir kelaparan di tempat ini. Pengunjung dapat menuju area sayap kanan dan kiri yang berisi deretan kios makanan. Salah satunya kedai Jamune yang menjual aneka jamu yang dikemas modern.

Ada pula Roti Bakar Kemang, Gyujin Teppan, dan Picknick Yuk with Nona Manis di sayap kiri gedung. Sementara, di sayap kanan terdapat Huma Ide yang menjual gelato, Esteboo yang menjual minuman tebu, dan Bakmi Sedjuk.

Pengunjung bisa menikmati makanan dengan duduk di area outdoor. Terdapat beberapa kursi rotan berukuran kecil untuk diduduki. Ada pula taman kecil yang bikin suasana lebih asri. 

Masih belum puas, wisata kuliner bisa dilanjutkan ke bagian depan Pos Bloc Jakarta? Di area itu terdapat beberapa gerai, antara lain Nastar by Ritz, Filosofi Kopi, dan Canggu Bakehouse. Tersedia juga sejumlah kursi untuk bersantai sambil mengamati bangunan bergaya art deco yang populer di awal abad 20 itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini