Sukses

Indonesia Jadi Negara Penyumbang Sampah Plastik Terbanyak Ketiga di Dunia

Indonesia tercatat menghasilkan 3,4 juta ton sampah plastik, menurut penelitian University of Leeds, Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi baru dari University of Leeds, Inggris, menyoroti skala besar sampah yang tidak diangkut dan pembakaran sampah plastik secara terbuka dalam inventarisasi polusi plastik global. Berdasarkan penelitian tersebut, Indonesia ditetapkan sebagai negara penyumbang sampah plastik terbanyak ketiga di dunia.

Melansir situs web kampus tersebut, Selasa (10/9/2024), para peneliti menggunakan AI untuk memodelkan pengelolaan sampah di lebih dari 50 ribu kotamadya di seluruh dunia. Model ini memungkinkan tim memprediksi berapa banyak sampah yang dihasilkan secara global dan apa yang terjadi pada limbah tersebut.

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature, terhitung 52 juta ton produk plastik mencemari lingkungan pada 2020, yang jika dideretkan dalam satu garis, akan membentang mengelilingi dunia lebih dari 1.500 kali. Studi tersebut juga mengungkap bahwa lebih dari dua pertiga polusi plastik di planet ini berasal dari sampah yang tidak diangkut.

Hampir 1,2 miliar orang, yang merupakan 15 persen dari populasi global, hidup tanpa akses ke layanan pengangkutan sampah. Temuan tersebut mencatat bahwa pada 2020, sekitar 30 juta ton plastik dibakar di rumah-rumah, di jalan-jalan, dan di tempat pembuangan sampah, tanpa adanya kontrol lingkungan.

Pembakaran plastik menimbulkan ancaman "substansial" terhadap kesehatan manusia, termasuk cacat perkembangan saraf, reproduksi, dan kelahiran. Para peneliti juga mengidentifikasi "titik panas baru" penghasil polusi plastik, yang mengungkap India sebagai penyumbang terbesar, diikuti Nigeria dan Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Negara-Negara Penghasil Sampah Plastik Terbanyak

Menurut perkiraan data global pada 2020 dalam studi tersebut, negara-negara penghasil sampah plastik terbanyak adalah India dengan 9,3 juta ton, Nigeria dengan 3,5 juta ton, dan Indonesia dengan 3,4 juta ton. China, yang sebelumnya dilaporkan sebagai negara penghasil polusi plastik terbanyak, kini berada di peringkat keempat, dengan 2,8 juta ton.

Negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah memiliki produksi limbah plastik yang jauh lebih rendah, tapi sebagian besar tidak dikumpulkan atau dibuang di tempat pembuangan sampah. India muncul sebagai kontributor terbesar karena memiliki populasi yang besar, sekitar 1,4 miliar orang, dan sebagian besar limbahnya tidak dikumpulkan.

Kontras antara emisi limbah plastik dari belahan Bumi Utara dan Selatan sangat mencolok, menurut penelitian tersebut. Meski konsumsi plastik tinggi, polusi makroplastik merupakan masalah yang relatif kecil di belahan Bumi Utara karena sistem pengelolaan limbah berfungsi secara komprehensif.

Meski banyak negara di Afrika Sub-Sahara pada umumnya memiliki tingkat polusi plastik yang rendah, negara-negara tersebut jadi "titik panas" penghasil polusi sampah jika dilihat berdasarkan per kapita dengan rata-rata polusi plastik sebesar 12 kg per orang per tahun. Jumlah itu setara dengan lebih dari 400 botol plastik.

 

3 dari 4 halaman

Potensi Titik Panas Baru Sampah Plastik

Sebagai perbandingan, Inggris saat ini memiliki tingkat polusi plastik per kapita kurang dari tiga botol plastik per orang per tahun. Para peneliti khawatir, hal ini mengindikasikan bahwa Afrika Sub-Sahara dapat jadi sumber polusi plastik terbesar di dunia dalam beberapa dekade mendatang, karena banyak negara memiliki pengelolaan limbah yang buruk dan populasinya diperkirakan akan tumbuh dengan cepat.

Para peneliti percaya, penelitian ini menunjukkan bahwa akses terhadap pengumpulan sampah harus dilihat sebagai kebutuhan dasar dan aspek vital sanitasi, di samping layanan air dan pembuangan limbah. Pembakaran plastik jadi masalah yang sama besarnya dengan sampah yang dibuang ke lingkungan.

Dr Costas Velis, akademisi Sistem Efisiensi Sumber Daya dari School of Civil Engineering, yang memimpin penelitian tersebut, berkata, "Kita perlu mulai lebih fokus pada penanganan pembakaran terbuka dan sampah yang tidak dikumpulkan sebelum lebih banyak nyawa terdampak polusi plastik. Hal itu tidak boleh 'dilupakan, diabaikan.'"

 

4 dari 4 halaman

Risiko Kesehatan Akibat Polusi Plastik

Penulis lain studi tersebut, Dr Josh Cottom, yang merupakan Peneliti Polusi Plastik dari School of Civil Engineering, menyebut, "Sampah yang tidak diangkut merupakan sumber polusi plastik terbesar, dengan sedikitnya 1,2 miliar orang yang hidup tanpa layanan pengangkutan sampah terpaksa 'mengelola sendiri' sampah, sering kali dengan membuangnya di darat, di sungai, atau membakarnya."

Dr Cottom menambahkan, "Risiko kesehatan akibat polusi plastik memengaruhi sebagian masyarakat termiskin di dunia, yang tidak berdaya untuk melakukan apapun terhadapnya. Dengan meningkatkan pengelolaan sampah dasar, kita dapat mengurangi polusi plastik secara besar-besaran dan meningkatkan (kualitas) hidup miliaran orang."

Para peneliti mengatakan, inventarisasi global pertama mengenai polusi plastik ini menyediakan dasar pemahaman yang dapat digunakan para pembuat kebijakan dalam mengatasi bencana lingkungan yang mengancam ini. Mereka ingin, penelitian ini membantu para pembuat kebijakan menyusun rencana pengelolaan limbah, pemulihan sumber daya, dan ekonomi sirkular yang lebih luas.

Para ilmuwan juga ingin melihat 'Perjanjian Plastik' global yang baru, ambisius, dan mengikat secara hukum. Seluruh faktor itu diharapkan bisa mengatasi sumber-sumber polusi plastik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.