Sukses

Rekam Jejak Poppy Capella yang Punya Jabatan Baru di Miss Universe, Sempat Disorot karena Kasus Pelecehan Seksual di Miss Universe Indonesia

Poppy Capella kini didapuk sebagai Direktur Nasional Miss Universe Uni Emirat Arab (UEA) dan Siprus.

Liputan6.com, Jakarta - Poppy Capella bergaya ala girl boss saat mengumumkan jabatan barunya di Miss Universe. Perempuan kelahiran Surabaya ini mengaku ditunjuk jadi Direktur Nasional Miss Universe Uni Emirat Arab (UEA) dan Siprus.

Di akun Instagram-nya, Minggu, 8 September 2024, ia menulis keterangan dalam Bahasa Inggris yang artinya, "Peran ini memicu hasrat saya untuk berdampak positif dan memberdayakan perempuan untuk mencapai potensi penuh mereka. Saya percaya, Miss Universe adalah platform yang ampuh untuk mendorong perubahan positif, dan impian saya adalah membawa harmoni di mana-mana."

"Memimpin dengan cinta, memberi dengan murah hati, dan mendorong lingkungan yang bebas dari penghakiman, kita dapat mengangkat dan menginspirasi perempuan di seluruh dunia. Mari kita jalani perjalanan ini dengan keberanian dan persatuan 🌟," tandasnya.

Kembalinya Poppy ke kontes kecantikan terjadi setelah kontroversi kasus pelecehan seksual di Miss Universe Indonesia, di mana ia sempat menjabat sebagai direktur nasional ajang tersebut. Kejadian itu membuat Chief Operating Officer (COO) Miss Universe Indonesia, Andaria Sarah Dewia, jadi pesakitan.

Pada Kamis, 7 Maret 2024, lapor kanal Showbiz Liputan6.com, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat telah menjatuhkan vonis 16 bulan penjara dan denda Rp100 juta subsider tiga bulan kurungan pada Andaria. Vonis tersebut dianggap "terlalu ringan" oleh pengacara korban, Mellisa Anggraini.

Poppy juga sempat menjalani pemeriksaan terkait tuntutan hukum tersebut. Sebagaimana diketahui, tindakan pelecehan disebut dialami para finalis Miss Universe Indonesia saat body checking.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok Poppy Capella

Kanal Regional Liputan6.com merangkum per 7 Agustus 2023, Poppy Capella sebelumnya dikenal sebagai penyanyi dangdut Indonesia kelahiran 22 Oktober 1991. Ia mengawali kariernya sebagai penyanyi dan dikenal sebagai keponakan penyanyi dangdut legendaris, Inul Daratista.

Tidak hanya bernyanyi dangdut, ia juga bisa bernyanyi dalam genre-genre lain, seperti pop dan pop R&B. Hingga tahun lalu, PT Capella Swastika Karya resmi jadi pemegang lisensi Miss Universe Indonesia yang baru, menggantikan Yayasan Puteri Indonesia (YPI).

CEO-nya, Poppy Capella, mengatakan bahwa penyerahannya dilakukan melalui surat resmi penunjukkan dari JKN Global Group, pemilik lisensi Organisasi Miss Universe, pada Rabu, 8 Februari 2023. Namun setelah kasus kekerasan seksual jadi sorotan, Organisasi Miss Universe mencabut lisensi Miss Universe Indonesia.

Pihaknya juga menghentikan kerja sama dengan Poppy Capella saat itu. Kabar ini dibagikan organisasi kontes kecantikan tersebut melalui Instagram resmi mereka pada Sabtu, 12 Agustus 2023. "Miss Universe Organization telah memutuskan mengakhiri hubungan dengan pemegang lisensi saat ini di Indonesia, PT Capella Swastika Karya, dan Direktur Nasionalnya, Poppy Capella."

 

3 dari 4 halaman

Pernyataan Organisasi Miss Universe

Pihak Miss Universe Organization melanjutkan, "Melihat apa yang kami pelajari di Miss Universe Indonesia, sangat jelas waralaba ini tidak memenuhi standar merek, etika, atau harapan kami sebagaimana diuraikan dalam buku panduan franchise dan kode etik kami."

Organisasi Miss Universe mengklaim menyediakan tempat aman bagi perempuan di setiap penyelenggaraan kontes Miss Universe. "Apa yang terjadi di kontes khusus ini (Miss Universe Indonesia) sangat bertentangan dengan semua yang kami perjuangkan sebagai sebuah organisasi," jelas mereka.

Pihaknya pun memastikan tidak lagi melanjutkan kerja sama dengan PT Capella Swastika Karya untuk penyelenggaraan Miss Universe Malaysia. "PT Capella Swastika Karya juga pimpinannya tidak akan memegang lisensi Miss Universe Malaysia 2023 dan tidak akan diperpanjang kontrak tambahan dari organisasi kami," tulis pihaknya.

"Kami akan membatalkan Miss Universe Malaysia 2023 dan akan mengatur pemegang gelar (Miss Universe) Indonesia 2023 untuk bersaing di kontes Miss Universe tahun ini (2023)."

Menggantikan Poppy, Teuku Jordan Zacky telah diumumkan sebagai Direktur Nasional Miss Universe Indonesia. Menyandang jabatan baru, pria yang lebih dikenal sebagai Teuku Zacky itu kini mendapat julukan baru: Daddy Universe. Bahkan, nama panggilannya juga berubah dari Zacky jadi Jordan.

4 dari 4 halaman

Nasib Miss Universe Indonesia Kini

Tanpa mendetailkan alasan perubahan tersebut, Jordan menjelaskan, ia butuh sekitar dua bulan untuk mempertimbangkan tawaran menggantikan Poppy Capella. Salah satunya karena ia memiliki tugas lain yang juga menuntut perhatiannya. Namun setelah diyakinkan bahwa ada tim yang membantunya, Jordan bersedia menerima tugas tersebut.

"Ada satu kalimat (yang bikin saya yakin) untuk Indonesia. Saya banyak idealisme-idealisme kenegaraan yang ingin saya sisipkan ke program Miss Universe," ucapnya saat jumpa pers di Jakarta, Kamis, 18 Juli 2024.

Setelah terpilih, prioritas utamanya saat ini adalah menggelar pemilihan Miss Universe Indonesia 2024. Pihaknya tidak punya banyak waktu menyiapkan hal itu, mengingat pada November 2024, ajang Miss Universe sudah digelar di Meksiko. Bila Indonesia ingin mengirim perwakilannya, itu berarti hanya ada sekitar empat bulan untuk menyelesaikan semua tahapan berdasarkan pedoman global Organisasi Miss Universe.

Belum lagi pihaknya juga harus menyiapkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk terlibat dalam kepanitiaan. Pihaknya tidak ingin mengulang skandal pelecehan seksual yang dialami sejumlah kontestan Miss Universe Indonesia pada tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini