Sukses

Cara Mengecilkan Paha yang Bergelambir, Wajib Perhatikan Gaya Hidup Sehat

Apabila kamu mulai merasa lemak di paha semakin menumpuk, maka jangan ragu untuk menggunakan cara mengecilkan paha yang bergelambir seperti berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak tips yang bisa dilakukan agar paha tidak bergelambir dan selalu ramping. Lantas, seperti apa sih cara mengecilkan paha yang bergelambir tersebut? Sebelum membahas lebih lengkap seputar tips yang dimaksud, ada baiknya bila kamu mengetahui sedikit serba-serbi permasalahan tubuh yang satu ini.

Meski paha yang bergelambir bukanlah kondisi yang berbahaya, tetapi keberadaan sangat bisa membuat siapapun jadi kurang nyaman. Ukuran paha yang besar akibat lemak yang berlebih bukan hanya bikin tubuh terasa berat, tetapi juga dapat mengganggu estetika pada tubuh. Tetapi, apa sih yang menjadi penyebab paha bergelambir?

Sejauh ini, ada beberapa faktor yang diyakini menjadi penyebab paha bergelambir. Di antaranya seperti genetik, usia, pola diet yang salah, obesitas, hingga metabolisme yang kurang baik. Adapun penyebab paha bergelambir lainnya adalah karena jarang makan makanan sehat, jarang bergerak atau berolahraga, hingga level stres yang tinggi. 

Apabila kamu mulai merasa lemak di paha semakin menumpuk, maka jangan ragu untuk menggunakan cara mengecilkan paha yang bergelambir seperti berikut ini. Selain bisa dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan paha yang besar, ragam tips ini pun juga dapat membantumu mengencangkan otot paha. Seperti apa ya kira-kira?

1. Kurangi Konsumsi Makanan Asin dan Manis

Cara mengecilkan paha yang bergelambir pertama adalah dengan mengurangi konsumsi makanan asin dan manis. Meskipun dalam sehari-harinya makanan seperti ini dapat ditemukan dengan mudah, namun kamu tetap perlu menetapkan batasan agar kesehatan dan bentuk tubuh tetap terjaga. 

Perlu diketahui bahwa makanan yang mengandung garam dan gula berlebih bisa menyebabkan retensi cairan dan penumpukan lemak di tubuh, termasuk di paha. Jika makan makanan seperti ini setiap harinya, sudah pasti ukuran lingkar paha akan semakin besar akibat lemak yang menumpuk. 

Untuk itulah, cara mengecilkan paha yang bergelambir dapat kamu mulai dengan menerapkan kebiasaan makan yang lebih sehat, seperti mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Ini juga bisa menjadi salah satu cara mengecilkan paha dalam 3 hari yang efektif, lho.

2. Jangan Banyak Konsumsi Makanan yang Digoreng

Cara mengecilkan paha yang bergelambir selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang digoreng. Siapa sih yang nggak suka dengan makanan yang digoreng? Tekstur renyah yang ramai di mulut serta rasa nikmat yang ditawarkan bikin makanan seperti ini sulit untuk ditolak. Namun, siapa sangka jika makanan yang digoreng ternyata memiliki pengaruh signifikan dalam membuat lemak di tubuh menumpuk, termasuk pada paha.

Makanan yang digoreng merupakan salah satu penyebab paha bergelambir karena mengandung lemak trans yang bisa meningkatkan penumpukan lemak di tubuh, terutama di bagian paha. Inilah mengapa, kamu wajib menghindari konsumsi makanan yang digoreng dan pilihlah metode masak lain seperti dikukus, direbus, atau dipanggang yang lebih sehat dan rendah lemak. Ini tentunya bisa menjadi cara menghilangkan lemak di paha yang praktis untuk diterapkan.

3. Perbanyak Makan Makanan yang Tinggi Protein

Cara mengecilkan paha yang bergelambir berikutnya adalah dengan memperbanyak makan makanan tinggi protein. Protein sendiri merupakan salah satu nutrisi penting dalam membantu mengurangi berat badan dan membentuk tubuh yang ideal. Selain itu, nutrisi ini juga dapat membantu pembentukan otot, sehingga tubuh jadi lebih kuat dan sehat secara keseluruhan. Di sisi lain, makanan yang dilengkapi dengan kandungan protein yang tinggi juga dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, sehingga kamu terhindar dari makan berlebihan.

Cara mengecilkan paha yang besar yang satu ini dapat kamu lakukan dengan rajin mengonsumsi sumber protein yang baik, seperti telur, ayam tanpa kulit, ikan, dan kacang-kacangan. Dengan menerapkan cara menghilangkan lemak di paha yang tepat, pastinya kamu akan bisa selangkah lebih dekat dalam mewujudkan bentuk tubuh ideal. 

4. Lakukan Latihan Angkat Beban

Penyebab paha bergelambir juga bisa berasal dari kebiasaan kamu yang jarang bergerak dan berolahraga. Oleh karena itu, cobalah untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut menjadi sesuatu yang produktif dan bermanfaat. Misalnya saja seperti rajin berolahraga, salah satunya dengan melakukan latihan angkat beban. 

Cara mengecilkan paha yang bergelambir dengan latihan angkat beban dinilai sangat efektif untuk mengencangkan otot paha dan membakar lemak di area tersebut. Kamu bisa memulai dengan olahraga mengecilkan paha sederhana seperti squat, lunges, atau menggunakan dumbbell di rumah. Selain mampu memperkuat otot paha, latihan semacam ini juga dapat membentuk postur tubuh yang lebih baik secara keseluruhan. So, jangan lupa cobain olahraga mengecilkan paha ini, ya!

5. Olahraga Kardio Juga Bisa Jadi Pilihan

Selain latihan angkat beban, kamu juga bisa mencoba olahraga kardio sebagai cara mengecilkan paha yang besar paling efektif. Olahraga mengecilkan paha yang dapat dicoba dalam tips ini antara lain, seperti berlari, bersepeda, lompat tali, hingga berenang. Menariknya, selain bermanfaat untuk membakar dan mengurangi lemak, rutin melakukan olahraga mengecilkan paha seperti ini pun diketahui dapat memberikan khasiat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Ya, cara mengecilkan paha dalam 3 hari ini memang punya dampak luar biasa dalam membuat tubuh sehat dan kuat. Salah satu di antaranya dengan menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung kamu. Bukan cuma itu, olahraga kardio yang dilakukan selama 30 menit setiap harinya juga dapat membantu mengencangkan otot paha, meningkatkan stamina dalam tubuh, bahkan bikin mood lebih terjaga.

6. Naik Turun Tangga

Jika tak sempat melakukan ragam olahraga mengecilkan paha, kamu juga bisa lho meningkatkan aktivitas fisik dalam sehari-harinya. Salah satu cara mengecilkan paha yang besar paling efektif dalam hal ini adalah dengan naik turun tangga setiap hari. Saat kamu bekerja, cobalah sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan lift atau eskalator. Sebagai alternatif, cobalah gunakan tangga yang dapat membakar kalori agar paha tidak bergelambir kembali.

Aktivitas sederhana seperti naik turun tangga bisa menjadi cara efektif untuk mengencangkan paha yang bergelambir. Ketika kamu naik tangga, otot paha depan, belakang, dan bokong bekerja lebih keras sehingga membakar lemak dan memperkuat otot. Jika di rumah kamu memiliki tangga, manfaatkan untuk melakukan latihan ini beberapa kali sehari.

7. Jangan Lupa Sarapan

Pentingnya sarapan di pagi hari kerap dilupakan oleh banyak orang. Padahal, sarapan yang sehat akan dapat membantu menjaga metabolisme tubuh agar tetap aktif sepanjang hari. Jika kamu aktif, maka otot paha pun juga ikut bekerja dan bantu membakar lemak di area tersebut.

Sebaliknya, melewatkan sarapan justru dapat membuat kamu merasa sangat lapar di momen bersantap berikutnya. Hal ini kemudian mendorong konsumsi makanan berkalori tinggi atau makan dalam porsi besar, yang mana dapat bikin lemak menumpuk dan jadi penyebab paha bergelambir. Itulah mengapa, kamu harus selalu sarapan sebagai cara menghilangkan lemak di paha yang efektif.

Sebagai pengingat, makanan yang kamu konsumsi saat sarapan sebaiknya mengandung serat dan protein, seperti oatmeal dengan buah-buahan atau telur dengan roti gandum. Sarapan yang baik akan memberi energi dan mencegah kamu mengonsumsi makanan berlebihan di siang hari, sehingga membantu program mengecilkan dan mengencangkan otot paha.

8. Minum Cukup Air Putih

Rajin minum air putih yang cukup pun bisa menjadi langkah agar paha tidak bergelambir. Tetapi, kenapa sih ini bisa dibilang sebagai cara menghilangkan lemak di paha yang wajib dicoba? Sekedar informasi, air putih sendiri dapat membantu proses detoksifikasi dan mengurangi retensi cairan dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab paha tampak lebih besar. 

Dengan minum minimal 8 gelas air putih per hari atau sesuai dengan kebutuhan tubuh, kamu akan tetap terhidrasi dengan baik dan bikin lemak yang menumpuk terhempas. Bukan cuma itu, kebiasaan baik seperti minum air putih pun juga dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, lho. 

9. Cukup Tidur di Malam Hari

Agar paha tidak bergelambir, penting buat kamu untuk mencukupi waktu tidur di malam hari. Kurang tidur nyatanya bisa menyebabkan gangguan metabolisme yang berujung pada penumpukan lemak dalam tubuh, termasuk di area paha. Maka dari itu, cara mengecilkan paha sambil tiduran yang dapat kamu tiru adalah dengan memenuhi waktu istirahat yang tepat di malam hari.

Tidurlah sekitar 7-8 jam setiap malamnya. Tips mengencangkan paha yang bergelambir ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon dan metabolisme tubuh, sehingga membantu proses pembakaran lemak lebih optimal. Selain itu, aktivitas olahraga yang dikombinasikan dengan tidur malam yang cukup pun juga dapat bermanfaat dalam mengencangkan otot paha kamu.

Tetapi sebelum tidur, pastikan kamu sudah membuat lingkungan sekitar nyaman dan tenang. Smartphone, tv, atau sumber bunyi yang mungkin saja bisa mengganggu tidur kamu sebaiknya di-off kan sementara dulu. Melakukan hal ini dapat bermanfaat untuk menciptakan kualitas tidur yang lebih baik, sehingga kamu bisa bangun di pagi hari dengan penuh semangat. 

10. Konsultasikan ke Dokter Gizi untuk Program Diet yang Tepat

Jika kamu merasa sulit dalam mengecilkan paha meskipun sudah mencoba berbagai metode yang berbeda, maka berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi dapat menjadi solusi ampuhnya. Cara mengecilkan paha dalam 3 hari dengan bantuan dokter ahli gizi bisa membuat progres kamu jadi lebih cepat. Sebab, dokter gizi akan memberikan saran dan program diet yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh kamu. 

Yup, upaya mengencangkan paha yang bergelambir memang akan menjadi lebih terarah dan efektif bila kamu mendapatkan bantuan dari para profesional. Bahkan, setiap progresnya juga akan dipantau secara berkala, untuk membantu memastikan bahwa program diet berjalan sesuai rencana. Itulah mengapa, jangan ragu untuk mengunjungi dokter ahli gizi terdekat agar paha tidak bergelambir dan kamu bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal yang diidam-idamkan.

Well, itu dia beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengecilkan paha yang bergelambir. Dengan menerapkan berbagai cara di atas, dan disertai pula dengan ketekunan dan ketelatenan, pastinya kamu akan bisa mendapatkan bentuk paha yang lebih ramping dan bebas dari lemak yang menumpuk. Selain itu, kamu pun juga bisa tampil penuh percaya diri di setiap kesempatan dengan bentuk tubuh yang ideal. Selamat mencoba, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini