Sukses

Boneka Labubu yang Viral Jadi Gantungan oleh Lisa BLACKPINK Dipakaikan Baju Desainer Ternama Indonesia

Popularitas boneka Labubu ternyata juga menjangkit di Indonesia, bahkan sederet desainer diajak berkolaborasi untuk mendesain busana yang dipakai boneka lucu tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Boneka Labubu tengah mencuri perhatian publik belakangan ini dan viral dijadikan gantungan. Gantungan boneka Labubu ini dijual oleh perusahaan mainan PopMart.

Boneka ini digambarkan sebagai monster berbulu warna-warni menggemaskan. Mengutip dari laman Nation Thailand, Rabu (11/9/2024), meski menggemaskan, tapi boneka ini adalah makhluk berbulu halus bertelinga panjang, bergigi tajam, dan suka tersenyum lebar.

Boneka Labubu menjadi salah satu karakter dalam Monster Kingdom dan diciptakan pada tahun 2015 oleh seniman Hong Kong Kasing Lung. Lung menciptakan dunia peri dalam tiga buku cerita bergambarnya yang terinspirasi oleh mitologi Nordik.

Sejauh ini, sudah ada lebih dari 10 koleksi boneka Labubu, dengan salah satu yang paling populer adalah "Labubu – The Monsters Exciting Macarons". Nah, popularitas boneka Labubu ternyata juga menjangkit di Indonesia, bahkan sederet desainer Tanah Air diajak berkolaborasi untuk mendesain busana yang dipakai boneka lucu tersebut.

"Deretan boneka viral Labubu koleksi @fonnynurhadi mengenakan karya designer papan atas tanah air @sebastiansposaofficial @sebastianredofficial @mryogiepratama @andreasodangofficial," tulis akun Instagram @mood.jakarta pada Rabu (11/9/2024).

Perancang Sebastian Gunawan misalnya, membawa desain busana pengantin putih untuk boneka Labubu. Akun @sebastianredofficial bahkan mengungkap desain busana ketika dipakaikan oleh modelnya secara nyata yang sangat mirip dengan gaun untuk boneka Labubu. 

Kemudian ada desainer Yogi Pratama yang memakaikan pakaian berbulu untuk boneka tersebut. Lalu Andreas Odang cukup unik karena membawa nuansa kain khas Indonesia yang sekilas seperti tenun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Heran Harganya Mahal

Terkait dengan kolaborasi boneka Labubu dengan desainer Indonesia, warganet pun berkomentar. Dengan pro dan kontra harganya yang mahal, tren tersebut dianggap sebagai FOMO semata.

"Tau labibu dari anak. Anak saya minta beliin kirain 50-100k. Pas cek shopee 700k ++ ... *langsung hela napas 😂," tulis seorang warganet.

"Yg bikin mahal apanya," tanya yang lain. "Gak tau lucunya dmn, sampe orang pada fomo," tulis yang lain.

"Labubu versi JD gembel gk ada kah? Baju sobek2 cemong2 megang kantong kresek," sambung warganet lain.

"Ini viral udah 2-3bulan yg lalu di bkk,, gw jastip soalnya pas liat harganya tekejottt mak 😂 awal2 gw ky bilang dlm hati "apaan sih gini doank" Tapi lama2 gw heran kok si cece (owner jastip) getol bgt promoin terus ampe sepatu perintilan si labubu ini pun dijual kalo gk salah sepatunya 100-150 😂makin heran gw tapi tetep gw gk berani promo karena daerah gw menengah kebawah dan orang2nya rasionalis 😂," warganet lainnya mengungkap pengalamannya.

3 dari 4 halaman

Populer karena Lisa Blackpink

Melansir dari laman resmi Pop Mart, mulanya Kasing Lung menciptakan dunia peri dalam tiga buku bergambar dongeng Nordik miliknya, The Monsters. Terdapat karakter yang ‘baik’ dan ‘jahat’ yakni Zimomo, Tycoco, Spooky, dan Pato.

Di antara itu, karakter yang paling terkenal adalah Labubu, monster kecil dengan telinga tinggi runcing dan gigi bergerigi. Walau memiliki kesan pertama yang ‘nakal’, karakter Labubu sangat baik hati dan kerap membantu orang lain.

Selain itu boneka Labubu juga semakin populer setelah Lalisa mengunggah fotonya di Instagram. Diketahui set boneka ini hadir dalam tujuh warna populer seperti Lychee Berry, Green Grape, Soymilk, Sea Salt Coconut, Sesame Bean, Toffee, dan Chestnut Cocoa.

Satu boneka Labubu dari koleksi ini dijual seharga 550 baht atau setara Rp250 ribu, sementara satu set berisi enam boneka dapat dijual seharga 3.300 baht atau setara Rp1,5 juta. Namun, koleksi ini saat ini kebanyakan sudah habis terjual, karenanya para kolektor harus memburunya di pasar penjualan lagi yang harganya terus naik.

4 dari 4 halaman

Dijual Secara Online

Diketahui pada 2019 Kasing Lung menandatangani perjanjian lisensi eksklusif dengan perusahaan mainan Pop Mart asal Tiongkok. Perusahaan tersebut terkenal dengan rilisan koleksi mainan yang seringkali hadir dalam bentuk ‘blind box’.

Artinya, para konsumen tidak mengetahui tipe seperti apa yang akan didapatkan sampai membuka kotak untuk mengeluarkan isinya, Beauties.

Semenjak itu, Labubu telah dirilis dalam berbagai warna, bentuk dan ukuran, menarik minat penggemarnya. Labubu juga dijual dalam berbagai format termasuk plush toys dan vinyl figure. 

Memiliki banyak koleksi, kehadiran boneka Labubu mampu menarik perhatian banyak orang. Berapa ya harganya di pasaran? Dilansir dari platform penjualan online seperti Tokopedia maupun Shopee harga boneka Labubu terbilang beragam, mulai dari Rp450 ribu hingga Rp3 jutaan.

Adapun harga yang lebih mahal adalah untuk koleksi langka dari Labubu. Jika tertarik Anda juga bisa membeli langsung di PopMart Indonesia atau situs penjualan online lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini