Sukses

Kaesang Pangarep Pamer Meja Kerja di Kantor PSI, Mengaku Baru Dipakai Sekali Padahal Hampir Setahun Jabat Ketum PSI

Kaesang Pangarep mengaku bahwa ia baru pertama kali memakai meja kerja di PSI tersebut. Di meja terlihat hanya ada ponsel milik Kaesang, satu boks bakpia dan rantang makanan.

Liputan6.com, Jakarta - Kaesang Pangarep kembali menampakkan diri ke publik usai kontroversi soal naik pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat. Meski begitu, suami Erina Gudono itu menolak mengonfirmasi soal dugaan menerima gratifikasi karena menaiki pesawat jet pribadi.

Sebaliknya, dia asyik melakukan live di kantor Partai Solidaritas Indonesia (PSI) setelah tampil di podcast miliknya beberapa hari lalu. Ketua Umum PSI ini juga lebih memilih membahas tentang meja kerjanya, daripada dugaan memanfaatkan posisinya sebagai anak kepala negara untuk kepentingan pribadi.

Cuplikan video Kaesang melakukan live video itu beredar luas di media sosial, termasuk di akun Twitter atau X lewat akun @gustavssondhelapada Senin, 9 Seotember 2024. Video itu menunjukkan Kaesang yang mengenakan kemeja kotak-kotak warna hitam, merah dan putih itu sedang berkantor di PSI di Jakarta Pusat.

Putra bungsu Presiden Jokowi itu mengaku bahwa ia baru pertama kali memakai meja kerja di PSI tersebut. Di meja berwarna hitam terlihat hanya ada ponsel milik Kaesang, satu boks bakpia dan rantang makanan.

"Ini adalah pertama kalinya saya memakai meja ini selama menjadi Ketua Umum (PSI)," kata Kaesang dalam cuplikan video tersebut. Pengakuan itu cukup mengejutkan mengingat Kaesang sudah menjabat sebagai Ketum PSI hampir selama satu tahun lamanya.

Selain membicarakan meja, Kaesang juga membahas mengenai cedera tangan yang dialaminya. Lengan kanan Kaesang di bagian atas memang tampak dibebat.

"Ini ban kapten timnas PSI. Nggak sih. Ini lagi luka aja, lagi luka. Kita kan biasa olahraga. Olahraga untuk gedein tangan kan biasa kita pakai 30 kg, 40 kg, biasanya kuat," terang Kaesang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fokus Utama PSI

"Ya alhamdulilah bisa 40 atau 30 kg. Eh terus kemarin nyoba lah sekali-kali dimainin dengan pakai 3 kg, eh malah gini (cedera). Emang ini otot dipersiapkan untuk beban berat, bukan beban ringan," lanjut Kaesang sambil tertawa.

Terakhir, Kaesang baru berbicara mengenai politik. Ia menegaskan fokus utama PSI sekarang adalah bertarung di Pilkada 2024. "Kita persiapan buat Pilkada di tahun 2024 ini. Semoga banyak kader PSI yang bisa menjadi kepala daerah dan bisa memajukan kota maupun provinsi," harap adik Gibran Rakabuming Raka itu.

Beberapa hari lalu, adik kakak, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming, kompak merumput di lapangan futsal di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat sore, 6 September 2024. Mereka difoto terlibat permainan dengan jajaran Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indoensia (DPP PSI).

Di Instagram-nya, Jumat, partai politik itu berbagi sederet potret momen di lapangan futsal tersebut. Pihaknya menulis keterangan, "Jumat sore, saatnya buang keringat lagi di lapangan mini soccer🤙🏻🔥 Mas Ketum Kaesang dan jajaran pengurus DPP gocek-gocek bola di Cikini, Jakarta Pusat. Badan sehat, hati gembira🤗🥅 Eh, ada bintang tamu special😍🥳."

 

3 dari 4 halaman

Kaesang dan Gibran Main Futsal Bareng

Di sederet gambar, tampak Kaesang tampil serba hitam, dengan padanan setelan jersey, kaus kaki panjang hampir selutut, dan sepatu futsal. Sementara kakaknya, Gibran, memilih berkaus abu, bercelana pendek hitam yang serasi dengan kasus kakinya, dan menutup penampilan dengan sepatu oranye mencolok.

Di foto-foto yang dimaksud, keduanya tampak antusias terlibat dalam permainan futsal tersebut. Konten ini jadi "kabar lanjutan" setelah publik heboh mempertanyakan keberadaan Kaesang.

Minggu ini, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sudah lebh dulu muncul saat memimpin rapat di Kantor PSI, partai politik yang diketuainya, di bilangan Jakarta Pusat, Rabu, 4 September 2024 kemarin.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kaesang Pangarep, untuk melaporkan sendiri terkait penggunaan fasilitas mewah jet pribadi dalam perjalanannya ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono. Begitu juga bagi Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Menantu Jokowi itu fotonya sempat viral setelah menaiki jet pribadi.

 

4 dari 4 halaman

KPK Tunggu Itikad Baik Kaesang dan Bobby

"Seandainya saudara K (Kaesang) maupun saudara BN (Bobby Nasution) mau memberikan datanya secara sukarela melalui website gol.kpk.go.id, dipersilakan," kata juru bicara KPK, Tessa Mahardika Sugiarto di Gedung KPK, Rabu, 11 September 2024, mengutip kanal News Liputan6.com.

Walaupun Kaesang telah melampirkan bukti fasilitas jet pribadi itu bukan termasuk dalam dugaan gratifikasi, KPK melalui Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan (PLPM) akan terus mengusutnya. Pengusutan di Direktorat PLPM juga dilakukan terhadap Bobby dan sudah tidak lagi ditangani oleh Direktorat Gratifikasi.

"Direktorat Gratifikasi hanya mendukung dengan bahan-bahan yang sudah pernah dikumpulkan ke Direktorat PLPM," jelas Tessa.

Kaesang pertama kali dilaporkan oleh Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidilah Badrun ke KPK pada Rabu, 28 Agustus 2024. Mereka melaporkan adanya dugaan gratifikasi yang diterima oleh Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut.

Sementara untuk menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, yang fotonya viral pasca-menggunakan jet pribadi itu telah angkat bicara. Suami dari Kahiyang Ayu itu mengklaim jet pribadi yang digunakannya itu disewa, bukan dipinjamkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini