Sukses

Ayahnya Kabur dan Tak Menafkahi Lagi, Baim Cilik Kini Jualan Parfum untuk Bayar Sekolah

Menurut Baim, kedua orangtuanya sudah cerai sejak lama. Sejak dua tahun lalu, Baim tak lagi dinafkahi sang ayah yang masih punya kewajiban kepadanya sebagai anak. Ia bahkan putus kontak.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah dikenal luas sebagai artis sinetron terlaris saat masih anak-anak, artis Baim Cilik atau Baim Alkatiri ini kembali jadi perhatian warganet usai membawa kabar menyedihkan terkait sang ayah yang tak lagi menjalankan kewajiban untuk menafkahinya. Baru-baru ini, Baim muncul di podcast dan menceritakan soal sikap sang ayah.

"Sumpah demi Allah aku sekarang sekolah bayar sendiri," kata Baim dalam podcast Kasisolusi Close the Door dikutip Senin, 9 September 2024.

"Ayahku enggak ada, aku enggak tahu di mana orangnya. Dengar-dengar dia di Australia tapi aku juga enggak tahu, aku enggak dengar dari dianya langsung, dengar dari orang, karena udah lama lost contact," tambah pemilik nama asli Ibrahim Khalil Alkatiri itu.

Mantan artis cilik yang mewarnai layar kaca Indonesia pada era 2000an itu pun mengatakan dia tak pernah menerima uang sepeser pun dari ayahnya, Halil Fuad Alkatiri sejak 2022. "Aku udah enggak ada nerima uang sepeser pun sama sekali dari ayahku sejak 2022. Aku masih ingat bulan Agustus 2022 itu terakhir duitku masuk dari ayahku," ungkap binatang sinetron “Tarzan Cilik” itu.

Menurut Baim, kedua orangtuanya sudah cerai sejak lama dan tak terpenuhinya nafkah bagi Baim dimulai sejak dua tahun lalu. Padahal, Baim yakin betul bahwa ayahnya masih memiliki kewajiban untuk memberi nafkah.

Pira kelahiran 7 Juni 2005 itu pun terang-terangan mengungkap aset yang dimilikinya. Itu hanya berupa dua unit rumah di bilangan Jakarta Selatan. Salah satunya kini bahkan sudah dijual ayahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalani Bisnis Parfum

"Aku terakhir hartaku depan mata yang aku lihat, aset depan mata punyaku yang aku tahu, itu cuma ada dua rumah. Yang satunya sudah dijual sama ayahku Rp1,5 M, dan satu masih ada sampai sekarang belum dijual, dan itu suratnya… jujur aku nggak tahu surat rumah itu di mana," ungkapnya.

Rumah yang tersisa itu memiliki nilai jual Rp3 miliar. Baim pun harus berjuang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dengan menjalankan berbagai bisnis, salah satunya bisnis parfum yang diberi nama X-Perfumery.

Bisnis parfum milik pria berusia 19 tahun itu dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp50 ribu sampai Rp225 ribu saja. Varian bisnis parfum milik Baim pun beragam, mulai dari untuk remaja sampai dewasa.

Dengan harga yang cukup terjangkau dan jangkauan yang luas, tak heran jika bisnis ini cukup laris. Hal lain yang menarik dari bisnis ini adalah bagaimana Baim sudah memiliki toko atau offline store di Sidoarjo, Jawa Timur yang mendapatkan BPOM untuk pertama kali.

3 dari 4 halaman

Jualan Kambing dan Usaha Kuliner

Baim juga mengaku bahwa bisnis parfum bukanlah hal yang mudah, terlebih ia harus mengurus perjanjian. "Aku punya toko offline store-nya di Sidoarjo dan ini parfum pertama di Sidoarjo yang sudah BPOM. Enggak segampang itu loh ngurus BPOM dan tanpa calo ya," terangnya.

Baim ternyata juga punya berbagai usaha lainnya. Ia menekuni usaha ternak kambing di Malang, Jawa Timur. Melansir dari berbagai sumber dan Instagram pribadinya, diketahui bintang sinetron Buku Harian Baim itu pun punya bisnis kuliner di kampung halamannya di Malang.

Baim menjual nasi babat yang diberi nama Sego Sambel Babat Cokro. Mengantongi 97 ribu pengikut di Instagram, mantan artis cilik yang kini berusia 19 tahun ini tentunya sering menerima endorse. Tak hanya aktif di Instagram, lawan main Raffi Ahmad di sinetron lawas Doo Bee Doo ini juga aktif di TikTok.

Baim dulu bermain di beberapa judul sinetron stripping sebagai pemeran utama. Dia juga membintangi banyak iklan. "Bayaran pertamaku 1 juta per episode, terus naik sampai dulu aku jadi artis cilik dengan bayaran terbesar, aku dulu per episode hampir Rp 15 (juta), stripping," kata Baim Cilik di YouTube yang dipandu oleh Deryansha Azhary, Rabu, 11 September 2024.

 

4 dari 4 halaman

Jumlah Penghasilan Baim

"Hitungannya sebulan 30 karena sehari satu episode. Harusnya mah tabungannya ada, mobilnya ada, hidup makmur, punya tanah di Kemang, itu kan tabungannya luar biasa. Sebulan itu berarti Rp450 juta, itu 2008 loh,” ujar Deryansha di YouTube Kasisolusi dikutip pada Sabtu, 7 September 2024.

Deryansha Azhary pun menghitung penghasilan kotor Baim selama 6 tahun berkarier di industri hiburan. Nominalnya fantastis. "Terus 450 juta dikali 12 berarti Rp 5,4 miliar setahun, dikali 6 (tahun lama berkarier) berarti Rp 32,4 miliar. Ini penghasilan kotor kalau ditabung," terangnya.

"Itu aku sempat berhenti stripping, tapi ada iklan, aku iklannya berapa ratus juta," jelas Baim Cilik.

Deryansha lantas membantu menghitung penghasilan kotor Baim setelah dipotong. Cara menghitungnya adalah dipangkas untuk biaya hidupnya sebagai anak. Hasilnya pun masih terbilang sangat besar.

"Anggap manusia separahnya gaya hidup (menghabiskan) 50 persen, harusnya lo punya tabungan Rp 16,2 miliar, sekarang. Itu sudah penghasilan dengan pengeluaran setengahnya. Mau dipangkas lagi, ya sudah 10 miliar," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini