Sukses

Sewa Motor di Turki untuk Keliling Cappadocia Lebih Hemat Dibanding Pakai Jasa Tur, Berapa Tarifnya?

Sewa motor di Turki bisa didapat dengan harga mulai 30-40 Euro per hari atau sekitar Rp679 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Turki terkenal sebagai destinasi mahal, meski lokasinya termasuk dekat dari Asia. Inflasi yang sempat terjadi di negara itu juga membuat bujet harian seperti transportasi, sewa hotel dan makan ikut membengkak.

Namun ada seorang traveler yang memberikan tips hemat dengan menyewa motor saat keliling Turki dan menyambangi Cappadocia. "Sewa motor di Cappadocia bisa explore lebih puas dan bonus view cantik," tulis akun @gesgoesplaces pada 9 September 2024.

Sebelumnya ia mengungkap beberapa cara mengeksplore Cappadocia yaitu ikut jasa tur, sewa taksi, menyewa mobil maupun motor lepas kunci. Tapi menurutnya yang paling umum dipilih wisatawan adalah red tour dan green tour, yang beda isi itinerary atau rundown perjalanan ke tempat tujuan.

"Durasinya sekitar 6-8 jam dengan harga mulai 45-65 Euro (setara Rp765 ribu hingga jutaan)," ungkapnya.

Jika menggunakan jasa tur, wisatawan akan dijemput menggunakan mobil van dan diajak keliling beberapa destinasi. Lalu untuk tur menggunakan taksi atau sewa mobil tentunya harganya akan lebih mahal dibanding ikut tur.

Nah, pilihan terhemat adalah sewa motor yang bisa didapat dengan harga mulai 30-40 Euro per hari (sekitar Rp679 ribu). Ia mengatakan bahwa tempat sewa motor cukup banyak di sekitaran Goreme.

"Tapi gue udah bandingin beberapa dan yang paling murah di Fairyland Travel," bebernya. 

Harga sewa di tempat sewa motor tersebut hanya 30 Euro atau setara Rp500 ribu per hari. Harga ini sudah termasuk dua helm, penyewa nantinya akan meminta SIM untuk memastikan bahwa bisa mengendarai motor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deposit atau Menitipkan Paspor

Penyewa juga akan dimintai uang deposit yang akan dikembalikan setelah selesai. "Harus deposit berapa jutaan gitu, gue lupa lumayan banyak pokoknya. Kalau nggak mau deposit, bisa ninggalin paspor aja kok," tambahnya.

Sebelum serah terima, biasanya motor akan dicek terlebih dahulu dan divideokan terlebih dulu. Sementara untuk bensin sistemnya diisi penuh dan dikembalikan dalam kondisi penuh.

"Kita cuma sewa dua hari dan cuma nambahin Rp60 ribu," katanya lagi.

Total untuk sewa motor dan beli bensin saat menyambangi Cappadocia adalah Rp1.060.000 untuk berdua. Di video, traveler tersebut membagikan suasana saat keliling Cappadocia dengan pemandangan matahari tenggelam yang bagus.

Menurutnya ia merasa lebih puas dengan menyewa motor karena bisa bebas mengeksplore bagian Cappadocia. Apalagi jika memiliki waktu dan itinerary yang terbatas.

Dibandingkan menyewa tur yang biasanya pergi dengan wisatawan lain, menyewa motor juga terbilang lebih nyaman. Di akhir unggahan ia juga menuliskan kontak sewa motornya.

3 dari 4 halaman

Kunjungi Istanbul yang Ikonik

Turki merupakan negara yang berada di kawasan Eurasia. Negara tersebut disebut kawasan Eurasia, karena Turki membentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya hingga Balkan di Eropa Tenggara. 

Turki selalu memiliki tempat-tempat unik dan destinasi wisata menarik bagi wisatawan yang datang.  Jadi tak mengherankan ada banyak orang dari luar negeri yang datang ke Turki hanya untuk menghabiskan waktu liburannya. 

Tempat wisata di Turki yang banyak didatangi oleh wisatawan adalah Cappadocia. Menguutip kanal Hot Liputan6.com, 7 Juni 2024, banyak ikon wisata di Turki yang sangat menarik seperti Istanbul dan Cappadocia.

Istanbul

Tempat wisata di Turki pertama yang wajib dikunjungi adalah Istanbul. Istanbul termasuk kota terbesar di Turki yang membentang dari kedua sisi Bosphorus, selat sempit yang menghubungkan Asia dan Eropa. Di kota ini, turis bisa melihat bangunan dengan arsitektur yang mengesankan, berbagai situs bersejarah, tempat makan, pusat belanja, dan pemandangan kota yang eksotis.

Jika mau berkunjung ke situs bersejarah, Anda bisa menemukan Hagia Sophia dan Istana Topkapi di kota ini. Selain itu, pemandangan istana indah, rumah mewah di tepi laut dan taman kota bisa ditemukan di area Bosphorus. Jika ingin berbelanja, Grand Bazaar menjadi salah satu pusat tertua dan terbesar di dunia yang bisa menjadi destinasi.

4 dari 4 halaman

Cappadocia di Anatolia Tengah

Terletak di Anatolia Tengah Turki, Cappadocia terkenal karena lanskap dongeng yang tidak biasa menyerupai cerobong asap, kerucut, jamur dan puncak. Proses alami seperti letusan gunung berapi purba dan erosi membentuk formasi unik selama berabad-abad, dengan beberapa di antaranya menjulang setinggi 130 kaki (40 meter).

Namun, ribuan tahun yang lalu, umat manusia menambahkan sentuhan luar biasa pada lanskap dengan mengukir rumah, gereja, dan kota bawah tanah dari batu lunak, sehingga daerah ini dikenal sebagai pahatan batu yang indah.

Di sini, Anda bisa menemukan wisata seperti museum, istana batu, cerobong peri, terowongan bawah tanah, hingga beberapa gua. EphesusTempat wisata di Turki yang tak kalah menarik adalah Ephesus. Ephesus adalah situs kuno yang terletak di Aegean Turki.

Pada abad ke-1 SM, Efesus adalah salah satu kota terbesar di seluruh Kekaisaran Romawi. Reruntuhan Efesus terpelihara dengan baik dan terdapat dalam situs arkeologi besar, menjadikannya salah satu tempat wisata paling populer di Turki. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini