Sukses

Jokowi dan Jan Ethes Makan Soto di Warung Makan, Warganet Bandingkan dengan Erina Gudono dan Kaesang Pangarep

Jokowi terlihat tampil santai dengan kaus putih lengan panjang. Ia duduk di sebuah kursi kayu berdampingan dengan Jan Ethes.

Liputan6.com, Jakarta - Publik masih ramai membahas isu Erina Gudono dan Kaesang Pangarep bepergian dengan pesawat jet pribadi dan makan makanan mewah di Amerika Serikat (AS). Di sisi lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat makan di sebuah warung soto.

Presiden Jokowi tak sendirian. Selain bersama paspampres, ia juga ditemani cucu pertamanya yakni Jan Ethes Sri Narendra. Momen ini tertangkap kamera ponsel pelanggan soto Boyolali yang lokasinya di diduga di kawasan Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat.

Video itu dibagikan di media sosial, salah satunya di akun TikTok @dedioko pada 9 September 2024.  "Si akrab tuh salaman sama pak Jokowi 😅🫱🏼‍🫲🏽 kalian salaman juga gak sih kalo ketemu pak Jokowi ditempat umum?” tulis keterangan unggahan tersebut.

Dalam video itu Jokowi terlihat tampil santai dengan kaus putih lengan panjang. Ia duduk di sebuah kursi kayu berdampingan dengan Jan Ethes. Beberapa pengunjung terlihat menghampiri presiden untuk berfoto bersama. Usai makan soto Boyolali tersebut, Jokowi membawa dua kantong plastik yang sepertinya ia bawa pulang.

Momen Jokowi menampilkan kesederhanaan itu mendapat beragam respons warganet. Sejumlah warganet bahkan mengaitkannya dengan tingkah polah anak dan menantunya yang sedang disorot karena bergaya hidup mewah. Sampai berita ini ditulis, unggahan itu sudah dilihat lebih dari 1,2 juta kali dan mendapatkan lebih dari 7.200 komentar.

"Tau nggak, Pak Jokowi itu sedang mengajarkan cucunya untuk bekal di masa depan supayar tidak sombong dan bersikap sederhana meski jadi orang hebat," tulis seorang warganet.

"Kembali ke setelan awal," sahut warganet lain.

"Sudah lama kali ku tunggu lagi momen pak Jokowi makan diwarung, sehat selalu pak de🙏🙏🤲🤲,” kata warganet yang lain.

"Tambah laris manis soto seger Boyolali...pak Jokowi tau cara membuat orang lain kecipratan kebaikannya,” komentar warganet lainnya.“Keren bgt bisa foto sama presiden dan calon presiden😭,” timpal warganet yang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak dan Menantu Jokowi di Amerika

Seperti diketahui, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono, tengah menjadi bulan-bulanan publik karena ketahuan bepergian ke Amerika Serikat dengan menaiki sebuah pesawat jet pribadi mewah. Sederet unggahan Instagram Story Erina Gudono, Rabu, 21 Agustus 2024, mendapat sorotan lebih dari biasanya di tengah tuntutan #KawalPutusanMK dan demo besar-besaran di Gedung DPR/MPR di Jakarta.

Dari foto dan video yang dibagikan, publik mengetahui bahwa ia bersama suaminya, Kaesang Pangarep, tengah berada di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), dalam rangka orientasi S2 Master of Science di Fakultas Social Policy and Practice (SP2) di University of Pennsylvania (UPenn).

Namun sebelumnya, pasangan yang menikah pada Desember 2022 tersebut tampak berjalan-jalan menikmati suasana kota pesisir termahsyur tersebut. Di antaranya, mereka kedapatan belanja kebutuhan bagi calon anak mereka, seperti stroller.

Kereta bayi yang sempat muncul di Instagram Story Erina disebut sama dengan milik bayi Syahrini, yang baru saja melahirkan anak pertama buah cinta dengan suaminya, Reino Barack.

3 dari 4 halaman

Harga Makanan di Amerika

Stroller didominasi warna cokelat itu merupakan rilisan Mima seri Xari. Melansir situs web merek AS tersebut, Kamis, 22 Agustus 2024, produk ini dijelaskan sebagai kereta dorong yang unik, elegan, dan ringkas yang menawarkan pengendaraan yang nyaman dan akomodatif bagi orangtua dan bayi.

"Berkat sistem 'carrycot inside' yang dipatenkan, unit kursi berubah jadi carrycot dan sebaliknya hanya dalam 15 detik, sebuah bukti desain inovatifnya," sebut brand tersebut. Barang ini dibanderol 1.349 dolar AS (sekitar Rp21 juta).

Selain itu, Erina Gudono tampak menggoda Kaesang Pangarep terkait harga makanan di Los Angeles, AS.  Salah satunya saat putra bungsu Presiden Jokowi itu tampak memakan hot dog di Grand Central Market. "Mas Kaesang, 'Mahal banget roti Rp400 ribu,'" tulis Erina mengutip ucapan suaminya.

Konten serupa kembali dibagikan saat mereka makan di kawasan elit Beverly Hills. Kali ini, Kaeang digoda karena berkomentar soal terlu dadar dibanderol Rp500 ribu. "Telurnya dari ayam royal blood mungkin," ungkap Erina meniru perkataan suaminya.

 

4 dari 4 halaman

Fasilitas Mewah Jet Pribadi

Potret-potret tersebut memperlihatkan Erina tampil anggun dengan gaun nude dan flat shoes simpel berwarna senada. Sementara itu, Kaesang tampil kasual dengan kemeja navy dan celana chino krem.

Kini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempersilakan anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, untuk melaporkan sendiri terkait penggunaan fasilitas mewah jet pribadi dalam perjalanannya ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono. Begitu juga bagi Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Menantu Jokowi itu fotonya sempat viral setelah menaiki jet pribadi.

"Seandainya saudara K (Kaesang) maupun saudara BN (Bobby Nasution) mau memberikan datanya secara sukarela melalui website gol.kpk.go.id, dipersilakan," kata juru bicara KPK, Tessa Mahardika Sugiarto di Gedung KPK, Rabu, 11 September 2024, mengutip kanal News Liputan6.com.

Walaupun pada akhirnya Kaesang telah melampirkan bukti fasilitas jet pribadi itu bukan termasuk dalam dugaan gratifikasi, KPK melalui Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan (PLPM) akan terus mengusutnya.Pengusutan di Direktorat PLPM juga dilakukan terhadap Bobby dan sudah tidak lagi ditangani oleh Direktorat Gratifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini