Sukses

Penyelenggara Miss Universe Fiji Tersandung Skandal Korupsi, Pemenangnya Dipaksa Copot Mahkota untuk Runner-Up

Dilaporkan bahwa pemenang sebenarnya Miss Universe Fiji harus melepaskan mahkotanya demi seorang runner-up yang memiliki hubungan dekat dengan pemegang lisensi kompetisi.

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggara Miss Universe Fiji telah terlibat dalam klaim skandal korupsi. Dilaporkan bahwa pemenang sebenarnya harus melepaskan mahkotanya demi seorang runner-up yang memiliki hubungan dekat dengan pemegang lisensi kompetisi.

Mengutip dari laman New York Post, Jumat (13/9/2024), Manshika Prasad (24), dinobatkan sebagai Miss Universe Fiji di kontes tersebut, yang diadakan pada 30 Agustus 20024, setelah ia memperoleh empat suara dari tujuh juri kontes tersebut.

Namun hanya dua hari kemudian, runner-up Nadine Roberts (30), dinyatakan sebagai pemenang sebenarnya dalam pernyataan resmi yang dirilis oleh Miss Universe Fiji. Siaran pers tersebut mengklaim bahwa "prosedur yang benar" tidak diikuti oleh penyelenggara Grant Dwyer karena ia "gagal menghitung" suara kedelapan dari pemegang lisensi kontes kecantikan tersebut, Lux Projects.

"Lux Projects, sebuah perusahaan pengembang properti yang membeli lisensi untuk menjadi tuan rumah Miss Universe Fiji akan memberikan suara untuk pemenang kedua Roberts," demikian penjelasan siaran pers.

Dengan itu akan memberikan empat suara untuk Roberts dan empat suara untuk Prasad. "Pemegang lisensi kemudian harus memutuskan pemenangnya," demikian pernyataan siaran pers tersebut, yang selanjutnya mengatakan bahwa Roberts adalah juara yang sah. 

Namun, klaim korupsi segera muncul setelah BBC melaporkan bahwa Lux Projects tampaknya "berhubungan erat" dengan seorang pengusaha Australia bernama Jamie McIntyre — suami Nadine Roberts. Roberts mengatakan kepada The Post pada hari Kamis bahwa ia menjadi subjek dari "kampanye pencemaran nama baik yang putus asa." 

Ia mengklaim telah berpisah dari McIntyre selama lebih dari setahun. Jadi kesimpulannya hubungan dengan Lux Projects tidak berdampak pada hasil kontes kecantikan tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prasad Adalah Pemenang Miss Universe Fiji

Ia juga mengklaim bahwa Prasad dikelola oleh penyelenggara kontes kecantikan Grant Dwyer, yang menyiratkan bahwa itulah alasan ia dianugerahi mahkota tersebut. Terkait hal ini, The Post juga telah menghubungi Prasas dan Miss Universe Fiji untuk memberikan komentar.

Sementara itu, beberapa dari tujuh juri yang ditolak dari kontes kecantikan tersebut berbicara kepada BBC dengan mengatakan bahwa mereka tidak pernah mendengar tentang Lux Projects yang berhak untuk memberikan suara dalam kompetisi tersebut. Seorang juri menggambarkan dampak dari kontes kecantikan tersebut telah berubah menjadi sangat buruk.

Juri Jennifer Chan mengatakan Prasad adalah "pemenang yang jelas" dan "100 persen yakin" bahwa si cantik adalah kandidat terkuat untuk mewakili Fiji di ajang Miss Universe mendatang, yang akan diadakan di Meksiko pada bulan November. Chan juga menuduh bahwa runner-up Roberts "sangat marah" ketika dia gagal mengamankan mahkota pada malam kompetisi.  

3 dari 4 halaman

Manshika Prasad Kembali Diklaim Sebagai Pemenang

"Saya ingat pergi tidur sambil berpikir, bagaimana mungkin seseorang merasa begitu berhak untuk menang?" kata juri tersebut. "Anda menang kadang-kadang, Anda kalah kadang-kadang. Dia adalah kontestan kontes kecantikan yang berpengalaman — tentu saja dia tahu itu?"

Setelah dinobatkan sebagai pemenang kontes kecantikan baru dalam siaran pers, Roberts menggunakan Instagram untuk berterima kasih kepada Miss Universe Fiji atas "tindakan cepat" yang diambilnya, menurut BBC. Sementara itu, Prasad yang terpukul merilis pernyataannya sendiri yang mengatakan "Ada begitu banyak hal yang tidak diketahui publik."

Namun, pada tanggal 6 September 2024, perubahan yang mengejutkan terjadi lagi. Prasad dinobatkan kembali sebagai pemenang Miss Universe Fiji.

Tidak jelas apa yang mendorong perubahan drastis tersebut. Prasad mengumumkan berita mengejutkan tersebut dalam sebuah unggahan di Instagram.

"Sungguh perjalanan yang luar biasa! Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tn. Grant Dwyer dan tim serta @missuniverse yang luar biasa atas dukungan luar biasa Anda selama proses uji coba ini," tulis Prasad di media sosial pribadinya. 

4 dari 4 halaman

Unggahan Kemenangan Saat Menang Miss Universe Fiji

"Saya merasa sangat terhormat dinobatkan sebagai MISS UNIVERSE FIJI 2024 dan saya sangat bangga mewakili negara kita yang indah di panggung internasional untuk @missuniverse di MEKSIKO!!!" tulis Prasad.

Sebagai pengalaman yang luar biasa, ia pun mengucap syukur kepada Tuhan. Selain itu, Prasad juga berterima kasih kepada teman dan keluarganya karena telah mendukungnya agar tidak goyah.

"Kepada saudara-saudara perempuan saya yang ikut kontes kecantikan, saya sangat bersyukur atas ikatan yang telah kita bangun. Kalian telah menjadi bagian yang begitu istimewa dalam hidup saya, dan saya diberkati karena telah berbagi perjalanan ini dengan kalian," tulisnya di akhir unggahan.

Sementara itu, Instagram Roberts masih menampilkan unggahan yang menggambarkannya sebagai pemenang sebenarnya dari kontes kecantikan tersebut. Namun, pemenang kedua tersebut telah dikecam oleh para pengikutnya.

Warganet menulis, "Suamimu mencoba dan gagal membelikanmu mahkota kecantikan dan sekarang seluruh dunia mengetahuinya." "Pengungkapan Netflix tentang ini akan sangat menarik," kata warganet lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini