Sukses

Jungkook BTS Tulis Pesan Dukungan untuk NewJeans, Dianggap Berani dan Keren oleh Penggemarnya

Beberapa warganet berspekulasi bahwa emoji hati berwarna yang dalam unggahan Jungkook BTS merupakan simbolis NewJeans, yang menunjukkan bahwa ia secara tidak langsung mendukung grup tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, penggemar K-pop heboh ketika Jungkook BTS mengunggah foto yang mendukung NewJeans. Jungkook menulis pesan "Jangan gunakan itu," di akun Instagram anjingnya pada 14 September 2024 yang menyiratkan bahwa artis tidak boleh terseret ke dalam perselisihan dan digunakan sebagai perisai.

Mengutip dari laman Kbizoom, Minggu, 15 September 2024, sebelumnya, Jungkook juga mengunggah pesan "Artis tidak bersalah" di akun Instagram yang sama. Selain itu, Jungkook menyertakan emoji hati berwarna biru, merah muda, kuning, hijau, dan ungu, bersama dengan emoji sorak-sorai, yang menarik perhatian banyak orang.

Beberapa warganet berspekulasi bahwa emoji hati tersebut berwarna simbolis seperti NewJeans, yang menunjukkan bahwa Jungkook mungkin secara tidak langsung mendukung grup tersebut. Faktanya, Minji diwakili oleh warna biru, Hanni oleh warna merah muda, Danielle oleh warna kuning, Haerin oleh warna hijau, dan Hyein oleh warna ungu.

Beberapa orang juga berasumsi bahwa Jungkook menyusun emoji hati dalam urutan tertentu, dengan mempertimbangkan usia para anggota NewJeans. Saat Jungkook terus mengunggah konten yang tampaknya mendukung NewJeans, banyak penggemar menanggapi dengan komentar seperti "Dia pria yang sangat keren", "Jungkook benar-benar luar biasa", dan "Itu luar biasa."

Di tengah berbagai spekulasi seputar unggahan tersebut, Big Hit Music atau kini dikenal sebagai HYBE mengklarifikasi bahwa, "Unggahan itu diunggah karena keyakinan bahwa tidak ada artis muda yang boleh terseret ke dalam perselisihan atau digunakan sebagai tameng." 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapa yang Dimaksud Jungkook?

Diketahui, Jungkook telah menghapus akun Instagram pribadinya dan kemudian membuka akun baru untuk anjingnya, Bam, yang melaluinya ia membagikan kabar terbaru tentang Bam. Jungkook diperkirakan akan menyelesaikan wajib militernya pada bulan Juni tahun depan.

Lalu pertanyaan pun muncul, siapa yang dimaksud Jungkook? Ketika HYBE mengungkap upaya untuk menggulingkan perusahaan, alih-alih berfokus pada masalah hukum selama konferensi pers, Min Hee Jin (MHJ) menyeret NewJeans, ILLIT, BTS, dan Le Sserafim ke dalam percakapan untuk membenarkan tindakannya.

Sebelumnya pada konferensi pers, MHJ menyoroti kesuksesannya bersama NewJeans dengan mengatakan, "Saya meraih kesuksesan bersama NewJeans dalam dua tahun, yang tidak diraih oleh banyak grup papan atas," menggunakan "prestasinya" untuk membenarkan rencananya melawan ADOR dan menggunakan NewJeans sebagai "perisai" untuk menangkis kritik. 

Sebagai seorang direktur seni yang berbakat, MHJ dengan terampil membangun citranya sebagai "ibu NewJeans," tetapi di balik layar, ia mengkritik kelima gadis itu demi kebaikan. Tidak ada batasan profesional dengan NewJeans, MHJ bahkan menelepon dan menangis bersama para anggota di tengah malam ketika drama meletus.  

3 dari 4 halaman

NewJeans Tak Seharusnya Terlibat Perselisihan

Dalam 20 tahun K-pop, tidak ada CEO yang melampaui batas CEO-artis seperti MHJ. Demikian pula, jarang melihat keluarga idola mana pun memiliki keterlibatan orangtua sebanyak NewJeans. Penggemarnya ikut menyimak wawancara eksklusif yang mendukung MHJ dan menuduh HYBE atas berbagai tuduhan.

Pada 11 September, selama siaran langsung YouTube, NewJeans menuntut HYBE "mengembalikan jabatan CEO MHJ paling lambat tanggal 25 September." Dengan tindakan itu, banyak yang menganggap bahwa ada tim hukum yang menasihati NewJeans untuk menentang HYBE.

Sementara saat NewJeans terus menunjukkan dukungan untuk MHJ, HYBE tetap diam dan tidak pernah memaksa kelima gadis itu untuk berhenti atau memilih mendukung yang mana. Bahkan selama siaran langsung 11 September 2024, yang melanggar kontrak, HYBE tetap acuh tak acuh dan tidak menghukum gadis-gadis itu.

HYBE mengaku hanya berselisih dengan MHJ dan tidak pernah melibatkan NewJeans dalam pertempuran hukum ini. Tapi NewJeans telah menyeret diri mereka sendiri ke dalam pertarungan ini. Gadis-gadis itu disebut tidak dapat memisahkan diri dari MHJ, melihat konflik HYBE dengan MHJ sebagai serangan terhadap mereka, yang membuat mereka membela MHJ. 

4 dari 4 halaman

Siaran Langsung NewJeans yang Mengagetkan Publik

Girl group NewJeans secara mengejutkan membuat siaran langsung dengan akun @nwjns sebagai YouTube baru atau bukan akun resmi pada Rabu, 11 September 2024. Grup asal Korea Selatan yang terdiri dari Minji, Hanni, Danielle, Haerin, and Hyein mengutarakan secara terbuka ketidakadilan yang mereka hadapi.

"Ada begitu banyak hal tidak masuk akal yang tidak dapat kami pahami bahkan setelah kami debut," kata Haerin dalam siaran langsung NewJeans seperti dikutip dari laman Kbizoom.

Pernyataan ini terkait dengan video trainee NewJeans yang dirilis oleh Dispatch pada bulan Juli. "Data pribadi kami seperti klip video dan catatan medis saat kami masih trainee dirilis. Kami benar-benar terkejut saat pertama kali melihatnya," kata Haerin.

Haerin mengatakan tak dapat memahami mengapa perusahaan yang seharusnya melindungi, justru mengungkap data tersebut. "Tentu saja, kami tidak punya pilihan selain merasa khawatir bahwa data aneh dan fakta palsu dapat menyebar di masa mendatang," katanya.

Anggota NewJeans mengaku sudah mengajukan masalah dengan orangtua mereka dan CEO Min Hee Jin, tetapi HYBE belum menyelesaikannya dan tidak ada tindakan aktif. Sementara itu, NewJeans merasa bingung harus percaya dan mengandalkan siapa lagi di masa mendatang setelah CEO mereka dipecat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini