Sukses

Beredar Video Lama Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Ungkap Nasihat Jokowi Soal Kesederhanaan dan Jet Pribadi

Dalam video lama itu, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep tengah menjadi bintang tamu di acara televisi Mata Najwa yang dibawakan oleh Najwa Shihab.

Liputan6.com, Jakarta - Kontroversi jet pribadi yang ditumpangi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat pergi ke Amerika Serikat (AS) masih ramai dibahas publik. Beberapa video lama seputar kehidupan sederhana keluarga Joko Widodo (Jokowi) kembali bermunculan, salah satunya saat Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep diwawancarai Najwa Shihab.

Video viral itu dibagikan oleh pengguna akun Twitter atau X @JhonSitorus_18.  Dalam unggahan pada 12 September 2024 itu, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep tengah menjadi bintang tamu di acara televisi Mata Najwa yang dibawakan oleh Najwa Shihab saat masih bekerja di Metro TV.

Wawancara tersebut diduga terjadi Februari 2016 berdasarkan keterangan yang disertakan. "Gibrn Fufufafa, Februari 2016," tulis pengguna akun.

Wawancara tersebut menguak nasihat yang konon selalu ditekankan oleh Presiden Jokowi kepada kedua putranya tersebut. Baik Gibran maupun Kaesang ternyata memberikan jawaban yang berbeda tapi intinya adalah tentang hidup sederhana.

"Apa sih satu hal yang kerap ditekankan oleh ayahanda ke anak-anaknya? Nasihat yang selalu diulang-ulang?" tanya Najwa.

Gibran Rakabuming sebagai anak pertama Jokowi ternyata menyinggung soal kesederhanaan. Menariknya, kata jet pribadi turut diutarakannya pada kesempatan tersebut.

"Saya ingat banget, 'Nanti kalau udah sukses, misalnya kamu punya duit banyak, duitnya jangan dibuat beli jet pribadi," ujar suami Selvi Ananda dengan ekspresi datar yang jadi ciri khasnya.  Intinya sederhana aja, nggak usah berlebihan," lanjutnya.

"Kurang lebih sama kayak yang dibilang mas Gibran. Tapi ada lagi kalau ke saya, katanya selalu kerja keras dan jangan cepat menyerah. Kalau memang sekarang belum menghasilkan mungkin nanti baru kita bisa nikmati hasilnya, itu intinya," jawab Kaesang yang memakai kacamata.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemuda yang Cerdas dan Inspiratif

Gibran memang belum terbukti atau tidak diisukan menaiki jet pribadi apalagi membelinya. Namun, Kaesang diketahui mengenakan fasilitas tersebut bersama sang istri pada Agustus 2024.

Cuitan itu sudah dilihat lebih dari 517 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 440 komentar sampai berita ini ditulis. Unggahan itu pun mendapat beragam komentar dari warganet.

"Ternyata smw hanya DRAMA," komentar seorang warganet.

"Ngapain beli kalau bisa malakin pengusaha,” kata warganet lain.

"Makasih bang bantun up, msih nyari pernyataan kaesang gk mau terjun kepolitik pas diwawancara mbak nana," sahut pengguna yang lain.

"Cerdas dan sederhana,” sebut warganet yang lain.

"Kok saya ga kuat ya dengerin mereka ngomong ," sindir warganet lainnya.

"Ruarrr biasa, 2 pemuda yang sangat inspiratif. Terima kasih Mbak @NajwaShihab, anda beruntung sekali bisa mewawancarai mereka," timpal warganet lainnya.

Video lama wawancara Gibran dengan Najwa yang lain juga jadi viral. Dalam video itu, Gibran berbincang bersama Najwa dalam acara peresmian Pojok Baca di Kedai Markobar Makassar pada Oktober 2017. Waktu itu, Gibran Rakabuming masih berkiprah di bisnis kuliner dan belum terjun ke politik.

3 dari 4 halaman

Gibran Ungkap Tak Ada Budaya Baca di Keluarganya

Video bincang-bincang Najwa bersama Gibran diunggah akun X Mdy_Asmara yang mengutip dari akun TikTok @najwashihab. Dalam video yang dibagikan pada Jumat, 13 September 2024 itu, Najwa penasaran dengan seberapa sering Gibran membaca buku di rumah.

Pria 36 tahun ini blak-blakan mengakui tidak senang membaca buku. Kakak Kaesang Pangarep ini kemudian menyatakan dirinya lebih suka membaca komik dan bacaan ringan, dibandingkan dengan bacaan yang berat dan berbobot.  "Kalau saya sih suka baca komik. (Komik) apa aja saya baca. Kalau artikel-artikel ya paling artikel-artikel ringan lah, nggak pernah yang berat-berat," katanya.

Mendengar jawaban Gibran, jurnalis senior yang akrab disapa Mbak Nana ini terlihat gemas dan mencubit-cubit tangannya sendiri.  "Topik-topiknya apa biasanya?" tanya Najwa.

"Semacam kalimat-kalimat motivasi," jawab Gibran. "Wah berarti catatan Mata Najwa juga suka dong," sahut Najwa.  "Itu bagus tapi masih agak berat juga," jawab Gibran lagi.

Ibu satu anak ini masih tidak puas dengan jawaban Gibran. Nana penasaran apakah kebiasaan membaca juga ditularkan oleh orangtuanya, yakni Jokowi dan Iriana, kepada ketiga anaknya di rumah.

4 dari 4 halaman

Gibran Lebih Suka Baca Komik dan Main PS

Gibran lantas mengaku kedua orangtuanya tidak menularkan budaya membaca. Bahkan, tidak ada budaya membaca buku di rumahnya.  "Kalau di rumah sih terserah anak-anak ya. Sebenarnya budaya membaca buku di rumah saya nggak ada. Ya itu tadi pada lebih senang baca komik, main PS," jelas mantan Wali Kota Solo ini.

Gestur Najwa Shihab saat menyimak pengakuan Gibran yang tidak suka membaca itu menjadi sorotan publik, baik di Twitter maupun TikTok. Di Twitter (X), sampai berita ini ditulis cuitan itu viral karena saat itu sudah dilihat lebih dari 6,3 juta kali dan mendapatkan lebih dari 1.900 komentar.

Ada juga yang menyoroti kalau Nana berusaha untuk menggali sisi intelektualitas tersembunyi dari ayah dua anak itu, tapi tampaknya tak sesuai ekspektasinya. "Najwa sampe cubit cubit diri sendiri saking gemesnya," komentar seorang warganet.

"Lucu liat Najwa berusaha keras menggali dengan harapan ada permata keluar dari Gibran, tapi berakhir dengan kekecewaan. Dia kosong luar dalam)," ujar warganet lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.