Sukses

Ucapan Selamat Ulang Tahun Raja Charles III untuk Pangeran Harry Dituding Tak Tulus, Sengaja Potong Meghan Markle di Foto?

Istana Buckingham bereaksi atas tudingan bahwa pihak Kerajaan Inggris, termasuk Raja Charles III, sengaja memotong gambar Meghan Markle dari foto yang dipakai untuk mengucapkan selamat ulang tahun ke-40 bagi Pangeran Harry.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak selalu niat baik ditanggapi baik. Drama baru muncul setelah Kerajaan Inggris, khususnya Raja Charles III, mengucapkan selamat ulang tahun ke-40 untuk Pangeran Harry pada Minggu, 15 September 2024. Saat itu, akun Instagram, X, dan Facebook The Royal Family mengunggah foto Pangeran Harry yang sedang tersenyum lebar.

Foto yang sama digunakan Kate Middleton dan Pangeran William saat mengucapkan selamat ulang tahun kepada adik mereka. Mengutip People, Selasa (17/9/2024), foto itu diambil di sela tur kerajaan ke Irlandia pada 2008, tepatnya saat ia mengunjungi Dogpatch Labs di Dublin, pada Juli 2018, hanya dua bulan setelah pernikahannya dengan Meghan Markle digelar pada Mei tahun yang sama.

Dari foto berbeda terlihat sebenarnya Pangeran Harry duduk di samping Meghan Markle. Muncul tudingan bahwa Kerajaan Inggris sengaja menghilangkan sosok Meghan Markle dari foto tersebut Namun, pihak Istana Buckingham, menurut The Independent, menolak tudingan itu dengan menyatakan bahwa mereka tidak menyunting dan menggunakan foto sesuai format yang diterima.

Foto itu menampilkan Pangeran Harry dalam jas abu-abu dengan kemeja putih. Foto itu diambil oleh fotografer Jimmy Rainford yang merilis dua versi foto untuk Getty Images.

Pada versi pertama dengan angle yang lebih lebar, pasangan Sussex tertangkap kamera sedang tersenyum bersama yang lain. Dalam bidikan terpisah, jepretan itu lebih dekat memperbesar Duke of Sussex, yang merupakan gambar yang digunakan bersama pesan untuk ulang tahun Harry yang ke-40.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Nyinyiri Ucapan Selamat Ultah Kerajaan Inggris untuk Harry

 

Mengutip laman Scottish Daily Express, bantahan itu muncul setelah sejumlah warganet mempermasalahkan hilangnya sosok Meghan dari foto tersebut. Mereka menyebut ucapan tersebut tidak boleh dipandang sebagai 'gestur kerajaan yang ingin berekonsiliasi' dengan Pangeran Harry. 

"Asal tahu saja, Keluarga Kerajaan menghapus Meghan dari foto itu. Ini bukan 'ranting zaitun'," tulis salah satu pengguna X. "Charles dan William sama-sama mengucapkan selamat ulang tahun kepada Harry—tetapi gunakan foto yang Meghan di-crop," komentar yang lain.

"Unggahan ulang tahun palsu #keluargakerajaan kepada #Harry hanyalah aksi humas untuk mengalihkan perhatian dari dinamika beracun mereka. Dan #Meghan yang disingkirkan adalah tanda jelas dari kekejaman mereka yang sedang berlangsung. Saatnya untuk #AbolishTheMonarchy dan menolak nilai-nilai diskriminatif dan usang," pengguna ketiga mengompori.

 

Bukan rahasia bila hubungan keluarga Kerajaan Inggris dan pasangan Sussex tidak baik-baik saja. Ketegangan memuncak setelah Harry merilis buku memoarnya yang dianggap membocorkan aib keluarga kerajaan. Ditambah, ia selalu menuntut fasilitas keamanan dari Kerajaan Inggris meski sudah tak lagi bekerja sebagai anggota senior.

3 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Ulang Tahun Resmi Pertama dari Kerajaan Inggris Sejak 2021

Menyambut ulang tahun ke-40 sang pangeran, Kate Middleton dan Pangeran William secara mengejutkan mengucapkan selamat secara terbuka via Instagram Story pada Minggu, 15 September 2024. "Selamat ulang tahun ke-40 untuk Duke of Sussex," tulis mereka.

Pangeran dan Putri Wales mengunggah ulang konten yang diunggah akun The Royal Family yang biasa membagikan kabar terbaru seputar Raja Charles III dan para anggota kerajaan yang bekerja. Itu pertama kalinya keluarga Kerajaan Inggris kembali menyampaikan selamat ulang tahun pada Harry sejak 2021. 

Unggahan itu sontak direspons para warganet. Banyak yang ikut mengucapkan selamat dan mendoakan kebahagiaan. Ada pula yang tak menyangka langkah yang diambil keluarga kerajaan tersebut.

"Terima kasih kepada BRF karena telah memperlakukan dia seperti ini meskipun semua yang telah dia lakukan. Ini merupakan sikap kemurahan hati dari BRF (keluarga Kerajaan Inggris). Saya berharap dia tumbuh dewasa sekarang dan berhenti merengek," tulis seorang warganet di kolom komentar akun The Royal Family.

"Wow aku heran, dia tidak pantas menerima ini (ok, dia keluarga tapi itu saja) dia telah mempermalukan keluarganya," imbuh yang lain.

4 dari 4 halaman

Perayaan Ulang Tahun ke-40 Pangeran Harry

Menurut People, Pangeran Harry menandai ulang tahun ke-40nya dengan perayaan pribadi di Montecito, California, dikelilingi oleh keluarga dan teman. Pangeran Harry diperkirakan akan melanjutkan perayaan di luar negeri bersama teman-teman dekatnya.

Sebelumnya, Harry dikabarkan menyiapkan pesta ulang tahun pribadi tanpa kehadiran Meghan Markle. Menurut klaim yang beredar. Duke dilaporkan akan pergi untuk "menikmati liburan akhir pekan dengan beberapa sahabat terdekatnya."

Melansir Mirror, Kamis, 12 September 2024, The Sun mengklaim bahwa pesta ini akan dilakukan setelah acara kumpul keluarga di rumahnya di Montecito, California, Amerika Serikat (AS). Momen itu tentunya akan dihadiri Meghan Markle dan anak-anak mereka, Archie dan Lilibet.

Harry baru-baru ini mengatakan bahwa kedua anaknya adalah "hadiah terbaik" yang pernah diterimanya. Tapi, bangsawan itu diklaim semakin tidak puas dengan kehidupan barunya yang jauh dari Inggris.

Seorang sumber, yang dikatakan dekat dengan keluarga Sussex, mengatakan pada publikasi tersebut, "Harry merasa semakin terisolasi di California, itulah sebabnya ia berhubungan kembali dengan teman-teman lamanya di kampung halaman (Inggris)."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini