Sukses

Hotel Terbaik di Dunia 2024 Jatuh pada Capella Bangkok, 2 Hotel di Indonesia Masuk 50 Besar

Ada 50 besar hotel terbaik di dunia 2024 diumumkan pada 17 September 2024. Dua hotel dari Indonesia masuk daftar tersebut, salah satunya sudah langganan.

Liputan6.com, Jakarta - Publikasi Travel+Leisure kembali merilis daftar 50 hotel terbaik di dunia. Daftar itu menempatkan Capella Bangkok sebagai hotel terbaik di dunia 2024, disusul pemenang tahun lalu, Passalacqua di Moltrasio, Italia, yang diumumkan di acara penghargaan di London pada Selasa malam, 17 September 2024.

Mengutip laman CNN, Kamis (19/9/2024), hotel yang berlokasi di tepi Sungai Chao Phraya itu memulai operasional dengan berat. Dibuka pada 2020, situasi tidak menguntungkan bagi Capella Bangkok karena pandemi Covid-19 menerjang dan seketika mobilitas global terhenti.

Capella Bangkok adalah salah satu dari empat hotel di ibu kota Thailand yang masuk dalam Top 50. Tiga lainnya adalah Mandarin Oriental Bangkok dan Four Seasons Bangkok di Sungai Chao Phraya yang masing-masing di urutan 12 dan 14 dalam daftar, sementara The Siam berada di urutan ke-26.

Asia mendominasi posisi 10 besar. Ada Hong Kong yang diwakili Rosewood di urutan 3 dan The Upper House di nomor 5. Selanjutnya, Raffles Singapura yang menempati bangunan bekas kantor pos itu berada di urutan ke-6.

Di tempat kedelapan adalah Soneva Fushi di Maladewa yang juga merupakan pemenang Lost Explorer Best Beach Hotel Award 2024. Resor mewah itu menerapkan peraturan unik, yakni meminta para tamu menyerahkan sepatu mereka saat tiba di hotel dan baru dikembalikan setelah mereka akan pulang.

Daftar itu juga menempatkan dua hotel dari Indonesia dalam daftar 50 hotel terbaik di dunia. Ada Hotel Nihiwatu di Sumba, NTT, yang kembali masuk daftar. Hotel yang sempat menyabet gelar hotel terbaik dunia pada 2017 itu kini menempati posisi 10 besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wakil Asia, Eropa dan Amerika

Satu lagi adalah Desa Potato Head yang berlokasi di Seminyak, Bali. Hotel resor yang didesain terinspirasi oleh suasana desa di Bali itu sudah dua tahun berturut-turut masuk dalam daftar tersebut.

Tahun ini, properti itu berada di urutan ke-21 yang diikuti oleh hotel pencakar langit setinggi 45 lantai, Bulgari Tokyo. Hotel di Jepang itu juga memenangkan Nikka Best New Hotel Award 2024.

Paris, Prancis juga memiliki perwakilan dengan performa ciamil. Cheval Blanc di Paris yang harga kamarnya USD 3.000 per malam naik signifikan ke urutan keempat dalam daftar tersebut. Kota Cahaya juga diwakili oleh Hôtel de Crillon yang megah di No. 15 dan Le Bristol di nomor 40.

Tuan rumah London juga memiliki perwakilan dalam daftar tersebut. Hotel klasik Claridge’s dan The Connaught masing-masing berada di nomor 11 dan nomor 46 dan Raffles London di The OWO (No. 13) meraih Lavazza Highest New Entry Award.

Raksasa Dubai Atlantis The Royal melonjak ke posisi kesembilan tahun ini, meraih Penghargaan Pendaki Tertinggi, dan The Lana, di No. 23 adalah kisah sukses lainnya dari emirat tersebut. Sedangkan, Chablé Yucatán, Meksiko, yang dibangun di sekitar kolam suci Maya, menempati urutan ke-16 dan dinobatkan sebagai Hotel Terbaik di Amerika Utara.

 

3 dari 4 halaman

Wakil Australia dan Afrika

The Calile, sebuah resor perkotaan yang penuh gaya dan lapang di kawasan James Street yang ramai di Brisbane, Australia, dinobatkan sebagai Hotel Terbaik di Oseania. Hotel itu menempati urutan ke-25 di dalam daftar tersebut. Tahun lalu, hotel ini merupakan satu-satunya perwakilan Australia, namun pada 2024, hotel ini diikuti oleh Tasman di Hobart di No. 49.

Dua entri Afrika tertinggi berasal dari Marrakesh: La Mamounia di No. 31 dan Royal Mansour di No. 38. Meskipun daftar lengkap 50 hotel teratas diumumkan secara resmi pada 17 September 2024, Royal Mansour telah diumumkan sebagai “hotel paling ramah di dunia” bulan lalu sebagai teaser menjelang upacara penghargaan besar. The Peninsula Istanbul, yang dibuka di tepi Selat Bosphorus tahun lalu, memenangkan American Express One to Watch Award.

Berikut adalah daftar lengkap 50 hotel terbaik di dunia 2024 versi Travel+Leisur:

1. Capella Bangkok

2. Passalacqua (Moltrasio, Italia)

3. Rosewood Hong Kong

4. Cheval Blanc Paris

5. The Upper House (Hong Kong)

6. Raffles Singapore

7. Aman Tokyo

8. Soneva Fushi (Maladewa)

9. Atlantis The Royal (Dubai)

10. Nihi Sumba (Wanokaka, Indonesia)

4 dari 4 halaman

Daftar 50 Hotel Terbaik di Dunia 2024

11. Claridge’s (London)

12. Mandarin Oriental Bangkok

13. Raffles London at The OWO

14. Four Seasons Bangkok at Chao Phraya River

15. Hôtel de Crillon (Paris)

16. Chablé Yucatán (Chocholá, Meksiko)

17. Hotel Du Cap-Eden-Roc (Antibes, Prancis)

18. Maroma, A Belmond Hotel (Riviera Maya, Meksiko)

19. Four Seasons Firenze (Florence, Italia)

20. Borgo Santandrea (Amalfi, Italia)

21. Desa Potato Head (Seminyak, Bali)

22. Bulgari Tokyo

23. The Lana (Dubai)

24. Rosewood São Paulo (São Paulo, Brasil)

25. The Calile (Brisbane, Australia)

26. The Siam (Bangkok)

27. Park Hyatt Kyoto (Kyoto, Jepang)

28. Mount Nelson, A Belmond Hotel (Cape Town, Afrika Selatan)

29, One&Only Mandarina (Puerto Vallarta, Meksiko)

30. The Carlyle, A Rosewood Hotel (New York)

31. La Mamounia (Marrakesh, Maroko)

32. Four Seasons Madrid

33. Capella Singapore

34. Four Seasons at the Surf Club (Surfside, Miami)

35. Hotel Bel-Air (Los Angeles)

36. Eden Rock (St. Barths)

37. Aman New York

38. Royal Mansour (Marrakesh)

39. Amangalla (Sri Lanka)

40. Le Bristol Paris

41. Gleneagles (Auchterarder, Skotlandia)

42. Castello di Reschio (Umbria, Italia)

43. Suján Jawai (Rajasthan, India)

44. Singita Lodges (Kruger National Park, Afrika Selatan)

45. Six Senses Zighy Bay (Oman)

46. The Connaught (London)

47. The Brando (Polinesia Prancis)

48. Hotel Esencia (Tulum, Meksiko)

49. The Tasman (Hobart, Australia)

50. Kokomo Private Island (Fiji)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.