Sukses

Sosok Miss Universe Indonesia 2024 Clara Shafira Krebs, Pengusaha Fesyen yang Peduli Kesehatan Mental

Selain berkiprah sebagai seorang model, Miss Universe Indonesia 2024 Clara Shafira Krebs ternyata punya usaha di bidang fesyen dan sukses membangun labelnya sendiri yang bernama Lucille.

Liputan6.com, Jakarta - Gelar Miss Universe Indonesia 2024 akhirnya diraih Clara Shafira Krebs dalam keluar sebagai pemenang Miss Universe Indonesia 2024. Malam final kontes kecantikan ini diigelar di The H Club, SCBD, Jakarta, Kamis, 19 September 2024.

Clara Shafura Krebs berhasil mengungguli 13 finalis lainnya yang tidak kalah keren dan menawan. Kemenangan ini sepertinya akan membuat banyak orang penasaran untuk mengetahui sosok Clara .Dilansir dari akun Instagramnya dan berbagai sumber lainnya, Clara yang lahir pada 19 Mei 2002, merupakan seorang model dan selebgram berdarah campuran Jerman-Indonesia. Ia bahkan pernah lama tinggal di Jerman sebelum kembali ke Indonesia untuk kuliah.

Selain berkiprah sebagai seorang model, Clara ternyata punya usaha di bidang fesyen dan sukses membangun labelnya sendiri yang bernama Lucille. yang menjual pakaian wanita dan aksesorinya. Tak hanya terjun di dunia model dan bisnis, Clara juga termasuk aktif dan peduli menyuarakan isu seputar kesehatan mental.

Melalui platform yang ia dirikan, Our Safe Space, Clara memberikan ruang aman bagi wanita untuk berbagi dan mencari dukungan terkait kesehatan mental. Ia kerap membagikan pesan-pesan positif mengenai topik ini, terutama untuk perempuan yang sering menghadapi tantangan tersendiri dalam menjalani kehidupan maupun karier mereka. Clara baru saja menyelesaikan pendidikannya di Universitas Pelita Harapan jurusan Internasional Bisnis di awal bulan ini.

Di malam penobatan Miss Universe Indonesia 2024, Clara mampu menjawab pertanyaan dari juri tentang media sosial dengan lugas. Ia mengatakan memanfaatkan media sosial untuk memberikan pengaruh positif. Ia juag mengaku selektif dalam mempromosikan sebuah brand yaitu yang dinilai sejalan dengan nilai-nilai kehidupannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menolak Diskriminasi Terhadap Perempuan

"Yang jelas, aku akan menolak kerja sama jika tidak sesuai dengan value atau punya backgound yang diskriminatif terhadap perempuan," ujarnya.

Clara akhirnya dinobatkan sebagai pemenang Miss Universe Indonesiua 2024, lalu Fiza Javaid Khan sebagai runner up pertama dan Nada Inggrida Tjuatja menjadi runner up kedua.  Selain itu ada tiga gelar hiburan, seperti Miss Favorite Fan yang dimenangkan Maria Ardelia Purwaningrum, lalu Miss Best Performance yang juag diraih Nadia dan Miss Best Evening Gown yang diraih Putri Sulistiawati.

Para pemenang ditentukan oleh para juri di malam itu yang terdiri dari Sanjay Mulani (Direktur Casting), Ria Juwita (Senior Model dan Konsultan Fashion), Dr. Soraya Jasmin Haque, S.H., M.H. (Figur Publik, Akademisi), Naomi Julia Soegianto, S.Ak, MACE (Womanpreneur, Empowering Woman), Albertine Endah (Penulis Pemenang Penghargaan, Jurnalis Senior), Jay Subyakto (Produser, Fotografer, Art Director), Guruh Soekarno Putera (Seniman dan Budayawan Indonesia), Alexander Sriewijono (People Development Consultant), Harry Halim (Desainer Selebriti Internasional) dan Dr. Richard Lee, MARS, phD (Beauty Expert).

3 dari 4 halaman

Mewakili Indonesia di Miss Universe 2024

Sebeumnya, para finalis Miss Universe Indonesia 2024, yang menyusut jadi 14 finalis dari semula 16 finalis, memasuki tahap karantina sejak Sabtu, 14 September 2024. Agenda pertama mereka adalah mengikuti jumpa pers dengan media massa.

Direktur Nasional Miss Universe Indonesia 2024 Teuku Jordan Zacky menjelaskan bahwa tahap karantina berlangsung hingga malam final pada Kamis, 19 September 2024. Dalam tahap ini, para finalis dibekali sejumlah keterampilan agar bisa tampil lebih maksimal saat mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2024 di Meksiko.

Acara final itu ditayangkan di platform Vidio.com.  "Calon Miss Universe akan belajar public speaking, catwalk, dan lain-lain untuk memberi pembekalan agar lebih siap. Bahkan di luar karantina, mereka melakukan sendiri setelah jadi finalis. Masuk kelas catwalk, public speaking, dan lain-lain. Inisiatifnya luar biasa," ujar Jordan saat jumpa pers di Jakarta, Sabtu.

Berbeda dengan ajang kecantikan lain, Miss Universe Indonesia 2024 memberi kesempatan bagi publik berinteraksi langsung dengan para finalis. Mereka dibawa mengikuti car free day (CFD) di Jakarta sambil berkegiatan sosial. 

 

4 dari 4 halaman

Siap Berbicara di Tingkat Dunia

Menurut Jordan, acara tersebut bukanlah kompetisi modeling yang hanya menilai kecantikan fisik perempuan. Jordan menekankan bahwa panel juri Miss Universe Indonesia 2024 juga menilai kepribadian setiap finalis.

"Advokasi juga penting, apa sih yang sudah dilakukan selama ini. Ketika sudah jadi Miss Universe, apa sih yang bisa dilihat orang lain dari dia. Kita perlu juru bicara yang bisa suarakan pandangan Indonesia saat perlu berbicara di tingkat dunia," kata dua.

Selain berinteraksi dengan publik, para finalis Miss Universe Indonesia 2024 akan melewati sejumlah tahapan penilaian yang merujuk pada panduan Miss Universe global. Di antaranya, para finalis akan melalui sesi penilaian gaun malam dan pakaian olahraga. Mereka juga diberikan tantangan yang harus dikerjakan selama proses karantina.

Di luar itu, pihaknya kembali menegaskan bahwa ajang ini lebih inklusif untuk perempuan dari berbagai latar belakang, status pernikahan, dan profesi. Jordan menyebut, ada cukup banyak finalis terpilih yang mewakili perempuan yang sudah menikah, bahkan memiliki anak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini