Sukses

Moo Deng Si Bayi Kuda Nil Kerdil Viral Asal Thailand Bakal Punya Saluran Livestreaming

Berkat kehadiran Moo Deng si bayi kuda nil kerdil, kebun binatang di Thailand dikunjungi hingga 10 ribu orang pada akhir pekan. Namun, tak semua pengunjung tahu diri.

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas Moo Deng si bayi kuda nil kerdil melintas batas. Banyak yang penasaran hingga jumlah kunjungan ke Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow Thailand membludak. Pengeloa sampai-sampai harus membatasi waktu kunjungan agar tidak mengganggu kesejahteraan Moo Deng.

Namun untuk mengobati rasa penasaran manusia, pihak kebun binatang akan membuat tayangan livestreaming. Mereka menyiapkan kamera yang bersiaga 24 jam untuk menangkap semua kejenakaannya yang menggemaskan. Siaran langsung itu diperkirakan akan dimulai pada minggu terakhir September 2024.

Mengutip People, Minggu (22/9/2024), Moo Deng lahir pada Juli 2024 dan memulai debutnya di Instagram pada 6 September 2024. Sejak itu, sosok dan wajahnya beredar di seluruh dunia secara online. 

Penggemar menganggapnya sebagai "ikon gaya hidup" dan "gadis itu" di X (sebelumnya Twitter), saat videonya dibersihkan dengan selang dan menyelinap di sekitar kandangnya menjadi viral. Gambar lain yang menunjukkan bayi kuda nil kerdil itu menggigit lutut penjaga kebun binatang dengan bercanda dan video dia meniru ibunya yang sedang mengunyah makanan juga memenangkan hati banyak orang.

Saat ini, jadwal Moo Deng termasuk bermain dengan penjaga kebun binatang pada jam 8 pagi, diikuti dengan tidur siang, dan sesi menonton sore selama satu jam dimulai pada jam 2 siang. Penjaga kebun binatang Atthapon Nundee mengatakan kepada Associated Press bahwa dia tidak menyangka si kuda nil menjadi begitu populer.

"Itu di luar dugaan," kata Atthapon. "Saya ingin orang-orang mengenalnya. Saya ingin banyak orang mengunjunginya, menontonnya secara online, atau meninggalkan komentar menyenangkan. Saya tidak akan pernah memikirkan hal ini."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebun Binatang Daftarkan Hak Paten untuk Moo Deng

AP melaporkan bahwa kebun binatang ini telah menarik lebih dari 4.000 pengunjung setiap hari selama seminggu dan lebih dari 10.000 pengunjung pada akhir pekan. Semuanya berkerumun untuk melihat Moo Deng. Pengunjung akhir pekan dibatasi hanya lima menit di kandangnya karena banyaknya permintaan.

Faktanya, Moo Deng menjadi sangat terkenal hingga dia mendapatkan hak patennya sendiri. Kebun binatang akan memperoleh merek dagang "Moo Deng si kuda nil", yang dapat mencegah pihak lain mengambil keuntungan darinya.

Atthapon mengatakan kepada AP bahwa paten tersebut dapat memberikan 'pendapatan lebih banyak kepada kebun binatang untuk mendukung kegiatan yang akan membuat kehidupan hewan lebih baik'. Toko suvenir kebun binatang saat ini menjual kemeja dan celana bergambar Moo Deng.

Kuda nil kerdil adalah spesies yang terancam punah dan hanya tersisa kurang dari 3.000 ekor di alam liar. Menurut Pygmy Hippo Foundation, mamalia ini dapat hidup antara 30 hingga 50 tahun. Sementara itu, penggemar yang menginginkan lebih banyak konten Moo Deng cukup masuk ke media sosial dan mulai menelusuri.

3 dari 4 halaman

Pengunjung Usili Moo Deng

Menurut direktur kebun binatang Narongwit Chodchoy, melansir Says, Kamis, 19 September 2024, jumlah pengunjung kebun binatang meningkat setidaknya 30 persen sejak Moo Deng jadi sensasi online. Namun, ketenaran dan popularitasnya mendatangkan perhatian tidak diinginkan.

Sederet video di TikTok memperlihatkan pengunjung "mengganggu" Moo Deng, termasuk melemparkan benda-benda seperti kerang ke si bayi kuda nil saat ia tidur. Bahkan. ada video orang menyiram air ke kuda nil itu, hingga membuatnya terbangun.

Sebuah cuitan yang mengecam tindakan tidak berperasaan ini telah jadi viral di X, dulunya Twitter. "Seseorang melemparkan batu (ke Moo Deng). Orang lain menyiramnya dengan air karena mereka ingin dia pindah. Bagaimana kalian dibesarkan? Apakah kalian tidak punya sopan santun?" keluh pengguna X @iioimioii.

"Apakah kalian tidak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan? Berpikirlah terlebih dahulu sebelum bertindak. Saya merasa kasihan pada Moo Deng. Saya tidak tahu sudah berapa kali bayi kuda nil itu diganggu," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Kunjungi Kandang Moo Deng

Menyusul insiden tersebut, kebun binatang Thailand mengumumkan kebijakan ini di akun X-nya dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Pihaknya juga telah memasang CCTV di dekat kandang Moo Deng untuk memastikan keselamatannya.

Mereka menghimbau para wisatawan bersikap hormat saat mengunjungi hewan-hewan tersebut dan berjanji akan mengambil tindakan hukum terhadap pengunjung yang mengganggu bayi kuda nil ini. Popularitasnya tidak hanya terjadi secara luring.

Sementara ia terus menarik pengunjung yang langsung datang ke kebun binatang, Moo Deng telah menemukan ketenaran terbesarnya secara daring. Per Kamis pagi, 19 September 2024, akun Instagram-nya telah mencatat 300 ribuan pengikut.

Dilansir kanal Global Liputan6.com dari CNN, Senin, 16 September 2024, Direktur kebun binatang Narongwit Chodchoy merekomendasikan waktu terbaik untuk melihat Moo Deng beraksi di kebun binatang adalah di pagi hari antara pukul 8 pagi dan 9 pagi. Di waktu itu, penjaga membersihkan kandangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini