Sukses

Tanggapan Mamat Alkatiri Soal Batalnya IShowSpeed ke Papua: Disebut Berbahaya sama Mereka yang Belum Pernah ke Papua

Mamat Alkatiri menyoroti cerita IShowSpeed soal gambaran Papua yang membuat dirinya takut berkunjung dan meminta ditemani saat hendak jalan-jalan di sana. IShowSpeed menyebut ada orang yang bilang kalau Papua tidak bagus untuk didatangi.

Liputan6.com, Jakarta YouTuber asal Amerika Serikat IShowSpeed batal mengunjungi Papua setelah sebelumnya dikabarkan akan melakukan siaran langsung di sana. Komika Mamat Alkatiri yang sebelumnya dikabarkan akan mendampingi IShowSpeed saat mengunjungi Papua, ikut angkat bicara. Ia menyoroti cerita IShowSpeed soal gambaran Papua yang membuat dirinya takut berkunjung dan meminta ditemani saat hendak jalan-jalan di sana.

IShowSpeed menyebut ada orang yang bilang kalau Papua berbahaya dan tidak bagus untuk didatangi. "Intinya, dia pengin ke Papua. Tapi dia bingung, orang-orang bilang berbahaya dan lain-lain. Terus katanya banyak yang bilang nggak usah ke sana karena buruk, nggak bagus, dan lain-lain," ungkap Mamat Alkatiri dalam sebuah unggahan di Twitter atau pada Sabtu, 21 September 2024.

Mamat pun tegas menyatakan ke IShowSpeed bahwa Papua tidak seseram yang dibayangkan. Mereka yang membagikan narasi itu, diyakini Mamat, belum pernah datang langsung ke Papua

"Saya cuma bilang, mereka semua itu berbicara terlalu banyak. Padahal mereka sendiri belum pernah ke sana," kata Mamat. Pernyataan pria asal Fakfak, Papua itu didukung para pengguna X yang lain. Mereka sepakat bahwa Papua punya nilai jual tersendiri yang bisa dinikmati IShowSpeed dalam kunjungannya di Indonesia.

"Padahal di Papua banyak tempat wisata yang indah," ujar seorang warganet. Ada juga warganet yang menjelaskan bagian Papua mana yang tidak aman karena keberadaan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Yang bahaya kan kalau ke Papua Pegunungan dan Papua Tengah, karena masih daerah rawan dan cukup banyak OPM. Kalau Jayapura, Sorong, Merauke mah aman sentosa," jelas warganet lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mamat Meyakini IShowSpeed Bahwa Papua Aman

"Benar ketua, tolong kasih paham kalau papua akan aman dan merdeka dibawah pimpinan ketua ," sahut warganet yang lain.

Mamat belum memberikan penjelasan apakah dirinya jadi menemani IShowSpeed jika berkunjung ke Papua. Ia cuma mengatakan bahwa IShowSpeed sudah cukup yakin kalau Papua tidak semenakutkan cerita sebagian orang.

"Paling nggak sekarang dia percaya dulu kalau Papua aman," kata pria 32 tahun ini sambil tertawa. Seperti diketahui, IShowSpeed memang sedang jalan-jalan di Indonesia. Sebelumnya, dia sudah mengunjungi Jakarta, Bali dan Yogyakartta.

Konten YouTuber IShowSpeed selama di Indonesia ternyata tidak hanya dipantau para penggemar di dalam negeri, namun juga warganet Malaysia. Sebelum mendarat di Jakarta, pemilik nama asli Darren Jason Watkins Jr. ini telah menghabiskan waktu selama sekitar 24 jam di Kuala Lumpur.

Di sederet komentar online, sejumlah pengguna media sosial asal Negeri Jiran mengaku iri mendapati konten Speed di Indonesia. Menurut mereka, Malaysia "gagal" mempromosikan pariwisata lokal melalui siaran langsung kanal YouTube Speed, yang punya 31,5 juta pengikut.

3 dari 4 halaman

IShowSpeed Disambut Heboh di Indonesia

"Saya pikir, Malaysia Tourism bisa memanfaatkan momen semacam ini di masa mendatang. Sayang sekali kita tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan negara dan budaya kita. Ditambah lagi, dia mungkin saja hanya datang ke sini sekali seumur hidup. Maka itu, kita setidaknya membiarkan dia merasakan budaya dan membuat kenangan tidak terlupakan di Malaysia," kata seorang pengguna X, dulunya Twitter.

Antusiasme sejumlah masyarakat atas kedatangan YouTuber Amerika Serikat IShowSpeed ke Indonesia, rupanya mendapat sambutan hangat dari pihak pemerintah. Hal itu terlihat dari unggahan di akun media sosial Menparekraf Sandiaga Uno.

Seolah mewakili Menparekraf Sandiaga Uno, admin akun X (Twitter) @sandiuno langsung menanggapi sosok dengan IShowSpeed secara positif. Sandiaga Uno menyebut kedatangan pemilik nama Darren Jason Watkins Jr bisa membawa Indonesia lebih mendunia.

Namun, tanggapan positif dari salah satu pihak pemerintah tersebut ditanggapi secara dingin oleh Reza Arap. Personel grup musik Weird Genius itu mengklaim sebagai salah satu pihak yang bersusah payah sendiri untuk mengundang IShowSpeed ke Indonesia. 

4 dari 4 halaman

Reza Arap Singgung Peran Kemenparekraf Soal IShowSpeed

Melansir kanal Showbiz Liputan6.com, Minggu, 22 September 2024, Reza juga merespons dengan kalimat yang seolah menyayangkan pihak Kemenparekraf yang baru menanggapi positif kedatangan IShowSpeed setelah sang YouTuber sukses merekam momen jalan-jalan menjadi tontonan seru yang sarat dengan keragaman budaya lokal di Indonesia.

Reza mengaku selama mendatangkan IShowSpeed ke Indonesia, pihaknya sama sekali tak mendapatkan bantuan pemerintah dalam hal ini. Tak cukup sampai di situ, Reza Arap juga melempar uneg-uneg kepada Sandiaga Uno melalui balasan terhadap cuitan pihak Menparekraf. Salah satu hal lain yang disorot Arap adalah batalnya Speed berkunjung ke Papua.

"Kemana aja waktu speed day 1 harusnya dibantu, dia promosiin negara kita sektor pariwisata tapi pengawalan dan koneksi nya kurang, skrg speed back to next country. pdhl kesempatan emas tadi dijogja buat kenalin candi borobudur dan kalo tadi kondusif next papua, but cancelled," tulis Reza.

Hingga cuitan Reza Arap tersebut muncul, Sandiaga Uno maupun pihak Menparekraf belum menanggapinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.