Sukses

Ricky Harun Bagikan Cara Merawat Kulit Wajahnya yang Sensitif dan Pernah Kena Eksim

Ricky Harun Bagikan Cara Merawat Kulit Wajahnya yang Sensitif dan Pernah Kena Eksim

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Ricky Harun termasuk pria yang peduli pada kesehatan dan kebersihan kulit terutama kulit wajah. Menurut dia, pria tidak perlu ragu merawat diri dengan skincare karena faktor kesehatan jadi hal yang utama.

Selain harus menjaga penampilan karena usia makin bertambah dan berkiprah di dunia hiburan, alasan lain Ricky Harun rajin merawat kulitnya termasuk sensitif dan ternyata karena punya riwayat penyakit eksim.  Eksim atau dermatitis atopik merupakan salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, gatal, dan bersisik. Eksim tersebut terjadi pada saat Ricky masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

"Oh iya dulu aku waktu kecil eksim itu (waktu) SD. Di sini kulit kering," kata Ricky saat konferensi pers Kahforwad #LangkahBerdampak, di sebuah mal di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, beberapa hari llalu.  Saat masih sering syuting, kulit Ricky bisa langsung kering ketika memakai micellar water yang mengandung alkohol untuk memberikan makeup.

"Kalau sedikit kena (langsung kering) Kalau dulu syuting makeup dibersihinnya yang ada alkoholnya," tutur pria 37 tahun ini. Permasalahan eksim ini pun menurun kepada anak-anaknya. Dikarenakan punya permasalahan kulit, Ricky mulai peduli untuk merawat kulit wajahnya.

"Jadi daily, moisturizer itu udah harus pake dan itu dari semua skincare atau bodycare yang dipake adalah moisturizer untuk kulit kering itu," jelas suami Herfiza Novianti ini. Pemain sinetron Ganteng Ganteng Serigala itu kini menghindari double washing, dengan memakai micellar water.

Dia lebih memilih untuk mencuci wajahnya dengan sabun cuci muka saja. "Jadi setelah (pernah muncul lagi kulit keringnya karena), sekarang cukup cuci muka biasa pakai sabun,” ujarnya.

Ricky Harun juga enggan mencampurkan produk satu dengan produk lainnya. Alasannya, dia khawatir bahan-bahan dalam skincare tersebut bila digabung malah tidak cocok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ricky Selalu Pakai Brand Perawatan yang Sama

"Jadi dari dulu itu kalau saya pakai produk dari brand yang sama karena runtutan dia dari sabunnya, dan semua produknya punya formula yang nyambung," ungkap ayah empat anak ini.

"Jadi saya enggak pakai brand lain untuk dicampur dengan brand lainnya karena formulanya enggak berkesinambungan dan itu bisa bikin kulit kita rusak," tambahnya.

Selain merawat kesehatan kulit, Ricky ternyata baru saja pulih dari peradangan sinus. Ia sempat mengalami penurunan kesehatan. Melalui akun Instagram pribadinya, ia mengunggah foto dirinya saat sedang menjalani masa perawatan di rumah sakit.

Ricky Harun menceritakan kronologi sakit yang dialaminya. Sebenarnya, dia memang punya riwayat penyakit sinusitis.“Dari mulai minggu lalu, udah ngga enak badan. Mulai kambuh sinus nya tapi yang kali ini beda rasanya disekitar mata sama pipi sakit ngilu bangeD.. akhirnya timbul demam batuk pilek,” tutur Ricky Harun di media sosial pribadinya, pada Selasa, 10 September 2024.

"5 januari 2024 ronsen sinus dinyatakan kronis. 7 September 2024 ronsen sinus udah ngga ada lagi ruang kosong, jadi udh penuh sama lender. Alhasil sinus nya meradang,” sambungnya. Setelah menjalani perawatan dan mendapat perawatan yang baik di rumah sakit, keadaannya pun sudah beranagsur membaik. Ini hal yang sangat dia syukuri.

3 dari 4 halaman

Ricky Baru Sembuh dari Sakit Sinus

Di akhir kalimatnya, dia berterima kasih kepada pihak keluarga yang membantu merawatnya selama jatuh sakit. Tak lupa dia juga berterima kasih kepada semua pihak yang mendoakan.

"Terima kasih istriku tercinta, orangtuaku tercinta sudah merawatku dan terima kasih buat temen2 semua yg menyemangati dan mendoakan," tutupnya.

Ricky Harun kini sidah menjalani aktivitas seperti biasa. Salah satu kegiatannya adalah mengisi acara Kahforward yang juga akan menghadirkan sejumlah sosok inspiratif seperti Santo Suruh dan Pandawara. Tahun ini, gerakan inklusif ini bertemakan Langkah Berdampak, yang bertujuan untuk mengangkat solusi inovatif dan positif, tidak hanya di Indonesia namun juga dunia.

Kahforward 2024 akan digelar di Indonesia Arena pada 28--29 September 2024 di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta Pusat. Program ini ingin menunjukan bahwa anak muda Indonesia dapat menginspirasi masyarakat untuk berani mengambil langkah nyata dengan tagar #LangkahBerdampak.

"Kami mendorong generasi muda untuk mengambil langkah berani dan efek positif yang berdampak tidak hanya untuk dirinya, tapi untuk komunitasnya dan Indonesia," kata Billy Dharmawan selaku Brand Manager Kahf dalam jumpa pers di Jakarta Pusat, beberapa hari lalu.

4 dari 4 halaman

Ricky Harun di Acara Kahforward

"Melalui inisiatif ini, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak Kahf Bro dan individu pada umumnya untuk menciptakan kontribusi yang berarti dan berkelanjutan," lanjutnya.

Selama dua hari, Kahforward akan menghadirkan pembicara internasional dan nasional, community class and workshop, community networking, art & immersive installation, sampai teknologi perawatan diri pria terbaru seperti robot perfume maker dan skin-check analyzer.

Ada lebih dari 50 pembicara dan 40 kelas akan digelar, memberikan kesempatan untuk berkumpul dan berdiskusi hangat dengan para Kahf bro. Ada juga bazar terkurasi yang menyediakan berbagai produk makanan dan minuman serta fesyen dari banyak pengusaha lokal.

Ricky Harun yang termasuk salah seorang Kahf bro merasa bertanggung jawab untuk memberikan contoh kepada orang lain secara positif dengan melakukan hal-hal kecil yang juga bermanfaat untuk orang ataupun lingkungan sekitar.  "Saya percaya inisiatif dari Kahf ini bisa mendorong aksi nyata dan kolaborasi untuk menciptakan dampak positif di semua komunitas," ucapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini