Sukses

6 Fakta Menarik Gunungapi Wetar, Pulau Vulkanik yang Terisolasi di Laut Banda Maluku

Gunungapi Wetar merupakan gunung api terendah di Indonesia, tetapi total tinggi dari dasar laut ke puncaknya lebih dari 5000 mdpl atau bisa dibilang sebagai gunung tertinggi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gunungapi Wetar merupakan pulau vulkanik terisolasi di sebelah utara pulau Wetar di Laut Banda, Maluku, Indonesia. Gunungapi Wetar termasuk jenis gunung stratovulkano yang berbentuk kerucut tegak atau cembung dengan lereng yang curam.

Jenis gunung api ini terbentuk dari letusan gunung berapi yang berulang-ulang, di mana lapisan-lapisan material vulkanik seperti lava, abu, dan batuan cair terakumulasi serta membentuk bentuk kerucut yang khas. Gunungapi Wetar memiliki ketinggian 282 mdpl. 

Letusan tahun 1512 dan 1699 adalah dua letusan yang tercatat sejauh ini. Mengutip dari laman Live a Board Indonesia, Rabu, (24/9/2024), nama gunung ini mungkin tidak familiar bagi kebanyakan orang, namun bagi para penyelam sejati, Wetar merupakan sebuah pulau yang terletak di timur laut Dili, ibu kota Timor-Leste.

Selat Wetar adalah salah satu jalur perairan dalam di Indonesia, di samping Selat Ombai. Keduanya merupakan penghubung Samudra Hindia dengan Samudra Pasifik. 

Masih banyak hal mengenai Gunung Wetar di Laut Banda selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunungapi Wetar yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Perairannya Sekitarnya Penting Bagi Konservasi Laut

Perairan ini sangat penting bagi konservasi laut dan telah menjadi tempat yang populer bagi cetacea. Daya tarik ini, ditambah dengan keindahan yang ditawarkan Wetar, menjadikan pulau ini tujuan yang sempurna bagi mereka yang mencari penyelaman fantastis lainnya di Indonesia timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bagus Sebagai Destinasi Menyelam

Jangan lewatkan kesempatan untuk menyelam di sekitar Gunung Api, gunung berapi stratovolcano yang terisolasi, untuk melihat ular laut. Banyak spesies cetacea yang melewati Selat Ombi-Wetar selama periode migrasi dan tentu saja tidak boleh dilewatkan dari rencana perjalanan.

Jelajahi alam bawah laut Wetar yang masih asli, berkat lokasinya yang terpencil, dan nikmati menyelam di salah satu pulau terpencil di Indonesia. Selat Ombi-Wetar dikenal sebagai Global Hope Spot serta tercatat sebagai tempat dengan keanekaragaman hayati terumbu karang tertinggi di dunia.

3. Bagian Provinsi Maluku

Tentang Wetar Secara politis, Wetar merupakan bagian dari provinsi Maluku dan pulau terbesar di Kepulauan Barat Daya Maluku (Kepulauan Barat Daya). Damar, Liran, Wetar, Romang, dan Kisar termasuk dalam kelompok pulau-pulau kecil ini. Terletak di sisi timur Timor-Leste dan Alor, Wetar adalah pulau tropis dengan luas wilayah 3.940 kilometer persegi dan jumlah penduduk kurang dari 9.000 jiwa. Wetar secara resmi menjadi bagian dari 92 pulau terpencil di Indonesia berdasarkan keputusan Presiden.

3 dari 4 halaman

4. Seharusnya Gunung Api Tertinggi di Indonesia

Gunungapi Wetar adalah stratovolcano terisolasi yang terletak di utara pulau utama. Gunung berapi ini menjulang sekitar 5.000 meter dari dasar laut, meskipun hanya 300 meter yang terlihat di atas air. Bisa dikatakan Gunungapi Wetar adalah gunung api tertinggi di Indonesia.

Memang puncak tertinggi Indonesia adalah Puncak Jaya Wijaya (4.884 mdpl). Tapi puncak tersebut merupakan puncak tertinggi berupa Pegunungan bukan puncak Gunung Api.

Sementara Gunung api tertinggi di Indonesia untuk versi di atas permukaan laut adalah Gunung Kerinci, ketinggiannya mencapai 3.805 mdpl. Namun kaki Gunung Kerinci berada di ketinggian 1.500 mdpl.

Sementara untuk mengukur ketinggian suatu gunung api, perlu dikaitkan dengan bentang badan gunung api. Secara bentang alamnya, gunung api yang berbentuk kerucut bisa dibagi menjadi daerah puncak, lereng, kaki, dan dataran di sekelilingnya.

Jika mengukur dari puncak hingga kaki gunungnya, Gunungapi Wetar dikatakan sebagai gunungapi tertinggi di Indonesia. PVMBG pun pernah menyebutkan demikian. 

 

4 dari 4 halaman

5. Bagian Wallacea dengan Flora dan Fauna

Kawasan Gunungapi Wetar adalah bagian dari Wallacea. Wallacea merupakan kawasan biogeografis yang mencakup sekelompok pulau-pulau dan kepulauan di wilayah Indonesia bagian tengah, terpisah dari paparan benua-benua.

Karena itu Gunungapi Wetar dikenal dengan fauna yang tidak biasa, termasuk spesies burung. Wetar merupakan rumah bagi 162 spesies burung, empat di antaranya endemik (burung pemakan madu dada hitam, burung ara Wetar, burung myzomela Wetar, dan burung hantu scops Wetar). Beberapa spesies burung diklasifikasikan sebagai terancam punah.

6. Letusan Gunungapi Wetar yang Diketahui

Mengutip dari laman Gunung Bagging, Rabu (25/8/2024), kawah di tengahnya berisi kerucut kecil. Tiga tebing longsor besar, yang terbesar membentuk teluk yang menonjol di pantai timur laut, memotong sisi gunung berapi tersebut.

Aliran lava termuda menuruni sisi barat daya ke pantai. Letusan eksplosif pada tahun 1512 dan 1699 menandai satu-satunya aktivitas Gunungapi Wetar yang diketahui dalam sejarah (Smithsonian).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini