Sukses

Tren Minuman Kemasan, Padukan Rasa Baru dan Nostalgia sampai Promosi Lewat Aktivasi Menarik

Mengetahui waktu konsumsi pelanggan membuat perusahaan minuman kemasan, seperti FRESTEA, tahu arah perkembangan produk.

Liputan6.com, Jakarta - Produk minuman kemasan tidak terkecuali dalam aksi adaptasi, yang terkadang begitu cepat, demi memenuhi permintaan konsumen. Membuatnya tetap relevan dengan pasar, bagaimana perusahaan meneropong tren minuman kemasan?

Frontline Marketing Manager Coca-Cola Indonesia, Jessica Harsya, mengatakan bahwa pihaknya mengamati momen produk mereka dicari pelanggan. "FRESTEA, misalnya," katanya pada Lifestyle Liputan6.com seusai mengunjungi FRESTEA Zone di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa, 24 September 2024. "Kami melihat semakin ke sini, konsumen meminumnya tidak hanya untuk menghilangkan dahaga."

Melihat tren dari sisi konsumen, Jessica menyambung, produk minuman kemasan itu dikonsumsi di waktu rehat, di sela kesibukan para pelanggan. "Ini terutama di kalangan target market kami, yakni (orang berusia) 18--27 tahun," imbuhnya. Mengetahui waktu konsumsi pelanggan, menurut dia, membuat perusahaan tahu arah perkembangan produk.

Di antara sejumlah strategi, pihaknya mengaku terus melengkapi portofolio rasa produk mereka. Sebagai penggenap, merek itu memperkenalkan varian FRESTEA Lemon and Lemongrass. Mengapa memilih varian rasa tersebut?

Jessica menjawab, "Kami terus mencari rasa-rasa yang baru yang sesuai (karakteristik) konsumen FRESTEA, dan ternyata FRESTEA belum punya rasa yang citrusy." Pilihan rasa baru ini, menurut dia, akan memperkaya pilihan, alih-alih menggantikan varian yang sudah lebih dulu ada.

Selain inovasi, pihaknya menawarkan nostalgia dengan kembali menghadirkan minuman teh rasa Markisa. "Itu murni kembali karena permintaan pelanggan dan penjual juga. Populer sekali (varian Markisa)," ia menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

FRESTEA Zone

Memperkuat komunikasi tentang dua produk tersebut, pihaknya mengusung aktiviasi, yang menurut Jessica jadi strategi pemasaran. Mereka membuka FRESTEA Zone sebagai bagian dari kampanye #RasanyaTemenan di Food Society, Kota Kasablanka, Jakarta pada 23 September hingga 6 Oktober 2024.

"Kami memilih tempat dengan traffic (sesuai) target market FRESTEA," kata Jessica. "Tujuannya, kami mau mengedukasi bahwa FRESTEA ada varian baru. Makanya orang bisa cicip produk kami secara gratis, boleh bebas pilih mau yang Lemon and Lemongrass atau Markisa."

"Lalu, ada juga photobooth, karena kami tahu bahwa ini sedang tren di kalangan anak muda. Nanti kayak bisa pakai stiker-stiker. Jadi ada kenang-kenangan untuk dibawa pulang. Ada games lainnya yang membuat pelanggan berkesempatan dapet merchandise eksklusif dari FRESTEA," ungkapnya, seraya menambahkan bahwa ragam aktiviasi ini bisa diikuti secara gratis.

Ini bukan kali pertama mereka mengusung aktiviasi menarik. Tahun lalu, merek minuman kemasan itu memperkenalkan "Fresh Break Zone" di Senayan Park (Spark) Jakarta Pusat pada 6 sampai 15 Oktober 2023. 

3 dari 4 halaman

Perjalanan Imersif

Kala itu, pengunjung diajak memasuki perjalanan imersif melalui berbagai zona untuk merasakan sensasi Fresh Break yang menenangkan tanpa dipungut biaya alias gratis. Kampanye ini terinspirasi dampak positif ketika seseorang mengambil rehat sejenak dari berbagai aktivitas sehari-hari.

Acara ini menawarkan serangkaian aktivitas, termasuk akses ke #FreshBreak Zone, sampel produk, dan kesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik. Menurut Jessica, FRESTEA berusaha memahami bahwa generasi muda Indonesia menjalani kehidupan yang sibuk, sehingga penting bagi mereka untuk mengambil rehat sejenak agar tetap segar.

"Misi kami adalah menginspirasi anak muda untuk menikmati fruitful break, ditemani dengan minuman yang menyegarkan," kata dia di Senayan Park, Kamis, 5 Oktober 2023. "Sebagai bagian dari kampanye kami, FRESTEA menciptakan sebuah ruang agar anak muda, terutama mereka yang punya banyak aktivitas, bisa merasakan kebahagiaan dari fruitful break."

Mereka juga berkolaborasi dengan konten kreator muda Fuji An agar bisa lebih jauh menginspirasi anak muda dalam mengubah cara beristirahat dan menjadikannya lebih bermanfaat. Sebagai kreator konten, Fuji punya jadwal yang padat, sehingga paham betul pentingnya waktu istirahat.

 

4 dari 4 halaman

Ragam Aktivasi untuk Healing Sejenak

Di Fresh Break Zone, perjalanan pengunjung dimulai dari Tension Zone yang menggambarkan perasaan stres yang dihadapi anak muda dalam kehidupan sehari-hari. Perjalanan dilanjutkan dengan Sensorial Zone, di mana pengunjung bisa melihat, mendengar, menyentuh, dan merasakan momen healing melalui sebuah instalasi interaktif.

Berikutnya adalah Fresh Break Zone. Di tempat ini, pengunjung dapat melepas penat dengan bergerak secara bebas. Di sini, terdapat headphone untuk mendengar musik yang bisa membuat mereka bergerak secara bebas dan menari berhadapan dengan kaca besar yang dapat menangkap siluet Red, Green, Blue (RGB) pengunjung.

Selanjutnya ada Epic Immersive Zone yang membawa pengunjung ke berbagai destinasi wisata menyenangkan di beberapa negara, seperti Turki, Maroko dan Jepang. Selain, pengunjung bisa menikmati keindahan Sumba, terutama pantainya yang syahdu.

Terakhir, ada Fresh Games Zone yang mengajak pengunjung memenangkan berbagai hadiah melalui gim. Pengunjung juga berkesempatan memenangkan ribuan hadiah dengan memindai kode QR di belakang tutup botol Frestea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.